Sebanyak 61 item atau buku ditemukan

Konsep Algoritma dan Pemrograman : Mengenal Konsep Dasar dan Praktis dalam Bahasa Pascal dan C

1. PENGENALAN KOMPUTER DAN BAHASA PEMROGRAMAN Yeyi Gusla Nengsih, S.Kom., M.Kom 2. VARIABEL, TIPE DATA DAN OPERATOR Jamaludin, M.Kom., CBPA 3. PEMROGRAMAN DAN IMPLEMENTASI STRUKTUR PROSES BERURUT (SEQUENCE) Nani Krisnawaty Tachjar, S.Kom., M.T. 4. STRUKTUR KENDALI IF DAN CASE (SELECTION) Bella Hardiyana, S.Kom., M.Kom 5. PERULANGAN Yulizar Widiatama, M.Eng 6. LARIK (ARRAY) Mohammad Ridwan, S.Kom., M.Kom; Sitti Aisa, S.Kom., M.T Nurul Aini, S.Kom., M.T; 7. RECORD (STRUCT) Sitti Aisa, S.Kom., M.T 8. PROSEDUR DAN FUNGSI Nurul Aini, S.Kom., M.T 9. ALGORITMA PENGURUTAN (SORTING) Sukisno, S.Kom., M.Kom 10. ALGORITMA PENCARIAN (SEARCHING) Nurlindasari Tamsir, S.Kom.,M.T 11. REKURSIF DAN IMPLEMENTASI Taufik Hidayat, S.Kom., M.Kom Editor: Seliwati, S.Kom., M.Kom

, M.Kom 5. PERULANGAN Yulizar Widiatama, M.Eng 6. LARIK (ARRAY) Mohammad Ridwan, S.Kom., M.Kom; Sitti Aisa, S.Kom., M.T Nurul Aini, S.Kom., M.T; 7. RECORD (STRUCT) Sitti Aisa, S.Kom., M.T 8. PROSEDUR DAN FUNGSI Nurul Aini, S.Kom., M.T 9.

STUDI KASUS PROTOTYPE

MEMBANGUN APLIKASI STORE MANAGEMENT TOKO AKHTAR GALAXY MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA DAN DATABASE MYSQL

Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang awalnya dikembangkan oleh Sun Microsystems dan dirilis pada tahun 1995. Java berjalan pada berbagai platform, seperti Windows, Mac OS, dan berbagai versi UNIX. Tutorial ini memberikan pemahaman yang lengkap tentang Java. Referensi ini akan membawa Anda melalui pendekatan sederhana dan praktis saat belajar bahasa Pemrograman Java.

Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang awalnya dikembangkan oleh Sun Microsystems dan dirilis pada tahun 1995.

Dasar Pemrograman Dalam Bahasa C

Buku ini ditulis berdasarkan keinginan penulis yang mengampu mata kuliah Algoritma dan Pemrograman. Tujuan disusunnya buku ini yaitu untuk memudahkan mahasiswa belajar algoritma dan pemrograman. Tersusunnya buku ini tentu bukan dari usaha penulis saja. Dukungan moral dan material dari berbagai pihak sangatlah membantu tersusunnya buku ini. Penulis mengucapkan terima kasih kepada Institut Teknologi Telkom Surabaya, Fakultas Teknologi Informasi dan Industri, serta Program Studi Teknologi Informasi. Dasar Pemrograman Dalam Bahasa C ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Dasar Pemrograman Dalam Bahasa C ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Konsep Algoritme dan Aplikasinya dalam Bahasa Pemrograman C++

Algoritme merupakan fondasi yang harus dipahami atau dikuasai oleh seorang pemrogram (Sitorus, 2015). Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) algoritme adalah prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas. KBBI juga menyatakan bahwa algoritme adalah urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Algoritme juga dapat dinyatakan sebagai suatu urutan atau langkah-langkah untuk penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan. Program komputer dibuat sebagai alat bantu yang dapat membantu menyelesaikan suatu permasalahan tertentu. Dalam membuat sebuah program perlu memperhatikan tiga tahapan pokok sebagai berikut. 1. Memahami permasalahan apa yang akan dibuatkan solusi dalam bentuk program dan menentukan tujuan dari program itu dibuat. Pada tahap ini jenis, bentuk, dan karakteristik dari input serta output yang diharapkan harus dapat diidentifikasi. Untuk permasalahan yang lebih besar, diperlukan juga secara pasti asal, frekuensi, dan volume data input serta tujuan, frekuensi, dan volume output data yang diharapkan. 2. Menyusun konsep/rancangan/desain penyelesaian masalah dari masalah yang diangkat. Berdasarkan pemahaman terhadap permasalahan tersebut, dihasilkan rancangan sebuah alur proses untuk mengolah data input untuk dapat menghasilkan data output yang sesuai dengan jenis, bentuk, dan karakteristik yang diharapkan. 3. Mengimplementasikan hasil rancangan ke dalam bentuk program terstruktur. Program dapat dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman apa pun. Algoritme pemrograman adalah suatu urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer. Penyajian algoritme dapat dilakukan dalam dua jenis, jenis pertama adalah penyajian algoritme dalam bentuk tulisan (pseudocode) dan jenis yang kedua adalah dengan penyajian algoritme dalam bentuk gambar (flowchart). Dalam menulis program dengan menggunakan suatu bahasa komputer, ada kemungkinan terjadi kesalahan baik itu pada sintaksis, semantik atau kebenaran logika. Kesalahan sintaksis akan langsung terlihat karena komputer akan langsung menampilkan pesan kesalahan. Sedangkan untuk kesalahan semantik biasanya terjadi karena kekurangpahaman terhadap setiap pernyataan yang dituliskan pada program, sehingga walaupun program bisa berjalan tetapi tidak seperti yang dikehendaki. Untuk kesalahan dalam pengimplementasian masalah yang dihadapi, sehingga program yang ditulis tidak benar secara logika. Adapun contoh dari bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah Pascal dan C.

Algoritme merupakan fondasi yang harus dipahami atau dikuasai oleh seorang pemrogram (Sitorus, 2015).

Bahasa Pemrograman Pascal

Buku ini cocok untuk mahasiswa yang baru ataupun yang sedang mempelajari bahasa Pemrograman dasar di bidang ilmu komputer. Materi buku ini dikemas tahap demi tahap yang saling berhubungan serta disertai dengan contoh program sehingga mahasiswa mampu memahami dan menerapkan dalam praktek bahasa Pemrograman dasar.

Buku ini cocok untuk mahasiswa yang baru ataupun yang sedang mempelajari bahasa Pemrograman dasar di bidang ilmu komputer.

ICT Dan Perkembangan Media Pendidikan Islam

Istilah pendidikan dalam konteks Islam sering dikenal dengan istilah at-tarbiyah, al-ta’lim dan al-ta’dib. Dari ketiga istilah tersebut term yang populer digunakan dalam praktik pendidikan Islam ialah term al-tarbiyah. Sedangkan term al-ta’dib dan al-ta’lim jarang sekali digunakan. Padahal kedua istilah tersebut telah digunakan sejak awal pertumbuhan pendidikan Islam. Ada beberapa definisi pendidikan Islam secara terminologi, seperti yang dikemukakan oleh beberapa ahli, yakni: Pertama, Oemar Muhammad al-Toumy al-Syaibany mendefinisikan pendidikan Islam adalah: Proses mengubah tingkah laku individu pada kehidupan pribadi, masyarakat dan alam sekitarnya, dengan cara pengajaran sebagai suatu aktivitas asasi dalam masyarakat. Kedua, Ahmad Tafsir mendefinisikan pendidikan Islam adalah: berbagai usaha yang dilakukan oleh seseorang (pendidik) terhadap seseorang (peserta didik) agar tercapai perkembangan maksimal yang positif atau dalam makna lain bahwa pendidikan adalah usaha mengembangkan seseorang agar terbentuk perkembangan yang maksimal dan positif. ICT Dan Perkembangan Media Pendidikan Islam ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

ICT Dan Perkembangan Media Pendidikan Islam ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

DINAMIKA PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM

Buku ini merupakan bagian – ringkasan - dari beberapa disertasi bidang Psikologi Pendidikan Islam (PPI) yang ditulis di Program Doktor UMY. Hingga April 2020, Program Doktor PPI UMY sudah melahirkan 91 Doktor bidang PPI. Sudah banyak tema riset disertasi yang ditulis oleh mahasiswa PPI, baik yang menempuh studi dengan biaya sendiri, maupun melalui pro-gram beasiswa Kemenag 5000 Doktor. Sungguh baik jika semua hasil disertasi tersebut dipublikasikan dalam bentuk jurnal dalam dan luar negeri. Terlebih lagi bila dipublikasikan dalam bentuk ringkasan disertasi seperti dalam buku ini. Ke depan akan lebih baik lagi jika semua disertasi diterbitkan dalam bentuk penulisan utuh disertasi berwujud buku. Sejauh ini, sudah banyak tema riset yang ditulis yang jika diklasifikasikan diantarnya sebagai berikut: Pertama, terkait tema psikologi dalam bentuk prilaku, diantaranya tentang topik: Model pendidikan pranikah pengan-tin remaja; Hubungan sexual pranikah mahasiswi anak TKI; Prilaku kenakalan remaja; Kecurangan akademik (academic fraud) dan Motivasi belajar santri. Kedua, tema tentang metode pengajaran, diantaranya tentang topik: Psikologi dan metodologi pengajaran bahasa Arab; Fun card sebagai media pembelajaran; Model quantum learning. Ketiga, terkait tentang studi teks, seperti: Konseling spiritual Tunjuk Ajar Melayu; Nilai pendidikan karakter Serat Sasana Sunu. Keempat, tentang tema pendidikan, kecerdasan dan karakter, diantaranya tentang topik: Multiple intelligence; Pen-didikan karakter di pesantren Pabelan, Boarding school, SLB dan SDIT; Pendidikan Keluarga muslim minoritas; Pendidikan di kalangan masyarakat miskin; Pola asuh orangtua anak vi berprestasi; Pendidikan karakter dalam AIK; Haji berulangkali dan kematangan emosi; Parenting, dan lain-lain. Keempat, tema yang terkait kepemimpinan dan komunitas yakni tentang: Kepemimpinan kepala sekolah dan profesio-nalitas guru; Muslimah karir; Psikologi PKL; Kecemasan aparatur negara (bureaucratic anxiety); Kohesivitas muslim Pangestu; EQ dan SQ dosen; Pendidikan anak dalam keluarga muslim kontemporer; Pola asuh kiyai dan kemandirian santri; Model pendidikan entrepreneurship; Psikologi pensiun; Model kepemimpinan Unggah-ungguh Basa dan Basa Semu. Masih ada beberapa topik disertasi lainnya yang belum dituliskan di pengantar ini. Kelima, penulisan disertasi secara konseptual dalam Quran maupun Hadis, seperti: Pendidikan karakter dalam Islam; Konsep ‘ibadurrahman dalam Quran; Konsep syukur; Konsep akal sehat; Ruhiologi; Pengendalian emosi. Mengakhiri pengantar ini, ke depan menarik pula untuk dijadikan topik disertasi tentang warisan psikologi pendidikan ulama klasik serta kontekstualisasinya di zaman kini. Demikian pula kajian epistemologis ranah psikologi pendidikan Islam klasik dan kontemporer, serta integrasinya dengan wilayah Islamic studies kontemporer, selain juga riset lanjutan aplikatif psikologi pendidikan Islam seperti yang tertera diatas. Semoga buku kedua PPI UMY ini akan disusul dengan terbitan yang ketiga dan seterusnya.

Model Pendidikan Karakter pada Usia Anak-anak Data model pendidikan karakter pada usia anakanak diperoleh dari enam judul penelitian. Penelitian pengembangan model pendidikan karakter pernah dilakukan oleh Umi Faizah, Zidniyati, ...

Mahir Catur Dengan Program Komputer Deep Fritz

Catur adalah permainan yang sudah lama sekali dimainkan orang sejak zaman Islam awal (sekitar abad 5 masehi) dan sampai sekarangpun tetap dimainkan oleh berbagai kalangan masyarakat. Kalau dahulu catur adalah permainan dari para raja dan bangsawan, sekarang siapapun bisa memainkannya. Dengan semakin banyaknya populasi insan catur, orang yang gemar catur, orang yang terlibat catur, orang yang menekuni bahkan sampai gila catur, maka persaingan untuk menjadi yang terbaik menjadi semakin keras dan sengit. Salah satu sarana penunjang untuk kesuksesan bermain catur adalah komputer. Teknologi komputer telah merambah ke segala sendi-sendi kehidupan manusia, termasuk dalam permainan catur ini. Dengan software catur yang canggih, pelajar catur mendapatkan bantuan yang sangat berharga demi kemajuan caturnya Buku ini adalah buku panduan yang lengkap tentang bagaimana memanfaatkan komputer program catur Deep Fritz 12 untuk membantu pembelajaran catur agar dapat lebih cepat daripada belajar secara biasa. Paparan dan petunjuk dalam buku ini lengkap dengan menggunakan software catur Deep Fritz 12. Selamat berlatih dengan bantuan buku ini, semoga catur kita semakin maju dan bahkan berprestasi baik tingkat daerah, provinsi, nasional bahkan internasional.

Kondisi ini sama persis dengan saat kita bermain / bertanding catur dalam praktek nyata! 4. Langkahkan terus sampai sebanyak mungkin langkah, semampu anda. 5. Untuk melakukan cek apakah langkah anda sah atau tidak, bisa meng-klik icon ...

PANDUAN LENGKAP KLASIFIKASI DOKUMEN ARSIP PROGRAM STUDI MENGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE

PANDUAN LENGKAP KLASIFIKASI DOKUMEN ARSIP PROGRAM STUDI MENGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE

Source Code kode program yang merangkaian suatu pernyataan atau deklarasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman komputer. Internship proses untuk menuangkan ilmu yang telah dipelajari sebagai praktek untuk memiliki pengalaman kerja guna ...

Basis Data

Book chapter ini disusun oleh sejumlah akademisi dan praktisi sesuai dengan kepakarannya masing-masing. Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Basis Data. Sistematika buku Basis Data ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Buku ini terdiri atas 14 bab yang dibahas secara rinci, diantaranya: Pengantar basis data, Lingkungan basis data, Model basis data relational, Relational key, Bahasa model relational, Pengenalan SQL berseta contohnya, Advanced SQL, RDBMS, Pengenalan database, Oracle, Konsep dasar ER, Transformasi ER ke model data relational, Normalisasi, Studi kasus ERD ke model data relational.

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Basis Data. Sistematika buku Basis Data ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan.