Sebanyak 862 item atau buku ditemukan

Cara Efektif Mengenalkan Rukun Iman Pada Anak Usia Dini

Mengenal konsep Ilahiah atau Akidah Islamiyah merupakan fondasi utama bagi seorang muslim. Untuk itu, fondasi akidah ini perlu ditanamkan sejak usia dini atau kanak-kanak. Mengapa demikian? Karena masa kanak-kanak adalah masa yang paling jernih pemikirannya. Pada usia tersebut, hati, akal, maupun pemikirannya masih terbuka luas untuk memahami agamanya. Selain itu, anak merupakan titipan Allah Swt.. Sebagai generasi penerus maka orang tua, pendidik, keluarga, dan lingkungan masyarakat di sekitar adalah pihak yang mendapat amanah untuk membentuk anak menjadi seorang hamba yang bertaqwa. Buku ini merupakan pedoman bagi para orang tua maupun pendidik dalam mengenalkan konsep rukun iman kepada anak usia dini. Buku ini juga memberikan contoh-contoh metode yang dilakukan oleh Rasulullah Muhammad Saw. dalarn mengajarkan keimanan kepada anak-anak. Pada bab terakhir, pembaca akan diberikan metode-metode menanamkan rukun iman kepada anak usia dini dalam berbagai bentuk lembaran kegiatan. Aktivitas tersebut untuk dilakukan di rumah maupun di sekolah, seperti kisah-kisah yang berhubungan dengan rukun iman atau lembar aktivitas pada setiap akhir pembahasannya. Penyusunan buku ini dibuat secara jelas dan praktis, dengan bahasa yang ringan dan mudah dicerna. Selain itu, dilengkapi juga dengan gambar atau foto sehingga memudahkan pembaca untuk cepat memahaminya.

Kedua, iman kepada malaikat. Allah Swt., menciptakan malaikat sebagai tentara bagi-Nya. Malaikat senantiasa patuh melaksanakan segala perintah-Nya dan tidak pernah berbuat maksiat kepadaNya. Sampaikan kepada anak, bahwa sesungguhnya ...

Naskah Ijazah dan Silsilah Tarekat

Kajian Terhadap Transmisi Tarekat Naqsyabadiyah Khalidiyah di Minangkabau

Buku ini membahas tentang silsilah dan sanad tarekat Naqsyabandiyah di Minangkabau. Menurut penulis, Tarekat Naqsyabadiyah di Minangkabau telah masuk dan berkembang sejak awal abad 19. Tokoh utama pengembangan tarekat ini adalah Syekh Ibrahim Kumpulan. Setelah itu dilanjutkan oleh Syekh Ismail Simabur pada tahun-tahun berikutnya.

Sedangkan kami diberi kabar oleh hati yang diterima dari Tuhan 1299 Kenyataan dalam ungkapan di atas dapat dilihat pada silsilah Tarekat Naqsyabandiyah dari Nabi Muhammad saw hingga sampai kepada Abū Hasan ' Ali ibn Jaʼfar al - Kharqāni ...

Kitb Al-Raw Al-Fiq F Al-Mawi Wa-Al-Raqiq - Primary Source Edition

This is a reproduction of a book published before 1923. This book may have occasional imperfections such as missing or blurred pages, poor pictures, errant marks, etc. that were either part of the original artifact, or were introduced by the scanning process. We believe this work is culturally important, and despite the imperfections, have elected to bring it back into print as part of our continuing commitment to the preservation of printed works worldwide. We appreciate your understanding of the imperfections in the preservation process, and hope you enjoy this valuable book.

This is a reproduction of a book published before 1923.

Metodologi Penelitian Kualitatif

Segala puja dan puji penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan petunjuk, bimbingan dan kekuatan lahir dan batin kepada diri penulis, sehingga buku ini dapat tersusun dan terbit sebagaimana mestinya. Shalawat dan salam semoga dilimpahkan oleh-Nya kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW, para sahabat dan semua pengikutnya yang setia di sepanjang zaman. Amien ! Dalam rangka mendukung kegiatan proses belajar mengajar di lingkungan STAIN Kudus, maka penulis berkeinginan untuk menyusun materi pembelajaran yang berjudul “Metodologi Penelitian Kualitatif”, untuk pegangan para mahasiswa, baik di PTAIN atau PTAIS. Hal ini sangatlah penting (urgen) bagi penulis. Dimana pada saat ini, memberikan bekal pengetahuan metodologi penelitian sangat bermanfaat bagi mahasiswa, ketika menjadi guru dan peneliti untuk meningkatkan profesionalitas dibidangnya. Buku ini berisi metodologi penelitian pendidikan kualitatif dengan berbagai macam jenis metode yang ditawarkan untuk membanntu pelaksanaan kegiatan penelitian oleh praktisi pendidikan, peneliti, dosen dan mahasiswa. Dengan terbitnya buku ini diharapkan pembaca dapat lebih mudah dan cepat dalam mendalami konsep dasar Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, prosedur metodologi penelitian kualitatif dan aplikasi metodologi penelitian kualitatif dalam kegiatan penelitian. Disadari bahwa buku ini masih terdapat kekurangan dan kekhilafan. Oleh karena itu saran dan kritik yang bersifat membangun sangat diharapkan demi kesempatan buku ini di masa mendatang. Untuk itu disampaikan ucapan terima kasih yang sebesarbesarnya. Semoga buku ini benar-benar bermanfaat bagi mahasiswa dimana saja berada. Amin.

Kerjasama atau kolaborasi dalam penelitian tindakan dapat berjalan secara terpadu atau secara sendiri-sendiri, dalam arti bahwa sasaran masing-masing kelompok dapat berbeda-beda. Dalam hal demikian terasa seolah-olah ada penyimpangan ...

ILMU PENDIDIKAN ISLAM (IPI)

Buku ini ditulis, untuk menambah literatur tentang Ilmu Pendidikan Islam (IPI), walaupun sudah begitu banyak literatur mengenai bidang kajian ini, namun penulis tetap berharap semoga kehadiran buku ini dapat turut berperan serta dalam memperkaya sumber bacaan yang diperlukan sebagai bahan perbandingan ataupun dukungan terhadap bahan kajian yang sudah ada. Buku ini terdiri dari delapan bab, yaitu pertama, membahas pengertian, ruanglingkup dan kegunaan Ilmu pendidikan Islam; kedua, dasar-dasar pendidikan Islam; ketiga, tujuan dan fungsi pendidikan Islam; keempat, pendidik dan peserta didik dalam pendidikan Islam; kelima, kurikulum pendidikan Islam, keenam, metode dalam pendidikan Islam; ketujuh, media pendidikan Islam; kedelapan, penilaian dalam pendidikan Islam dan kesembilan, tokoh-tokoh pendidikan Islam.

Semakin banyak diperoleh bahan masukan (input) dari pengalaman operasional itu, semakin berkembang pula lur Pendidikan Islam. 3. Di samping itu juga menjadi pengoreksi (korektor) terhadap kekurangan teori-teori yang terdapat dalam ilmu ...

Sejarah Pendidikan Islam

Buku ini ditulis selain bertujuan untuk mengembangkan khazanah studi Islam pada umumnya dan pendidikan Islam khususnya, juga dalam rangka memberikan kemudahan bagi para mahasiswa dalam mendapatkan bahan perkuliahan sejarah pendidikan Islam yang lebih memadai. Berkenaan dengan itu, maka kepada para guru, dosen dan mahasiswa yang membidangi Ilmu Pendidikan Islam diharapkan dapat memanfaatkan buku ini dengan baikbaiknya, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Islam pada khususnya, dan mutu pendidikan nasional pada umumnya. Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.

an agama diberikan menurut agama murid masing-masing; (2) pendidikan agama baru diberikan pada suatu kelas yang mempunyai murid sekurang-kurangnya 10 orang menurut satu macam agama; (3) murid dalam satu kelas yang menganut agama lain ...

Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia

Dari awal persentuhan dengan Bumi Nusantara beberapa abad yang lalu, Islam menyebar dalam damai, nyaris tanpa pertumpahan darah, hingga kemudian meresap dan menjadi bagian dari kultur bangsa ini. Kedamaian tersebut tidak bisa lepas dari cara penyebaran Islam yang lebih menitik-beratan pada ajaran Islam itu sendiri, yaitu toleran pada budaya dan kearifan lokal. Bahkan dalam perkembangannya, budaya dan kearifan lokal tersebut sering kali digunakan untuk menyampaikan pesan Islam ke seluruh lapisan masyarakat. Persentuhan yang bersifat mutualis tersebut menjadikan pendidikan Islam berkembang dalam berbagai bentuk mulai dari pengajian informasi di surau, pengajaran semi formal oleh para kiai besar, hingga ke bentuk formal berupa pembentukan dan pendirian pondok pesantren dengan aktivitas ajar mengajar yang lebih berstruktur. Dan, fleksibilitas tersebut kembali ditunjukkan dunia pendidikan Islam ketika bersentuhan sistem pendidikan modern pasca-kemerdekaan dengan bermetamorfosis menjadi bentuk baru. Contohnya, madrasah yang merupakan penggabungan nilai pesantren tradisional dan sekolah modern; demikian pula dengan pesantren yang saat ini lebih membuka diri terhadap pelbagai perkembangan ilmu pendidikan modern dalam proses ajar mengajar. Dengan demikian, perannya sebagai agen perubahan bagi masyarakat sekitar masih terus terpelihara sampai kini. Rangkaian potret perjalanan sejarah tersebut yang kemudian menjadi tema utama buku ini. Ditambah dengan analisis kritis berbagai permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh pendidikan Islam di Indonesia seperti: profesionalisme guru madrasah, tantangan perguruan tinggi Indonesia, inovasi pendidikan Islam, serta kontribusi pendidikan Islam dalam membangun karakter bangsa. Buku ini menjadi referensi yang sangat berharga bagi mereka yang tertarik kepada bidang pendidikan Islam sekaligus bagi para pendidik yang sudah bergelut di dalamnya. --- Penerbit Kencana Prenadamedia Group

Fakultas Ushuluddin yang mempunyai empat jurusan: 1) Dakwah 2) Tasawuf 3) Filsafat 4) Perbandingan Agama b. Fakultas Syari'ah mempunyai tiga jurusan: 1) Tafsir/Hadis 2) Fikih 3) Qadha c. Fakultas Tarbiyah mempunyai delapan jurusan: 1) ...

Pendidikan Kedewasaan dalam Perspektif Psikologi Islami

Dalam mendidik kedewasaan spiritual Abdullah Nashih Ulwan mengemukakan sumber pengetahuan diantaranya melalui berita yang benar (khabar shadiq). Prof. Wan Mohd Nor Wan Daud mengemukakan sumber ilmu pengetahuan dapat memalui berbagai saluran, yaitu: pancaindera (al-hawass al-khamsah), akal pikiran sehat (al-aql al-salim), berita yang benar (al-khabar al-shadiq), dan intuisi (ilham). ‘[1] Hakekat pendidikan Abdullah Nashih Ulwan tidak mensyaratkan pelaksanaannya melalui lembaga sekolah, dan lebih menekankan peran orang tua..[2]Menurut Wan Mohd. Nor Wan Daud, pendidikan dalam menanamkan ilmu tidak memisah-misahkan pelaksanaannya melalui pendidikan formal, informal dan nonformal. Dalam budaya ilmu semua acara pendidikan adalah formal dari segi sikap, peranan pendidik dan siswa.[3] Buku yang di tulis oleh Dr. dr. M. Nurhadi,M.Kes ini mengulas tuntas pemikiran, konsep dan teori pendidikan kedewasaan Abdullah Nashih Ulwan dengan jelas dan padat, semoga dapat dijadikan model dalam mempersiapkan manusia dewasa yang baik dan seimbang sebagaimana tujuan pendidikan. [1] Adian Husaini et.al., Filsafat Ilmu, hlm. xviii-xix. [2] Zakiah Daradjat, dkk., Ilmu Pendidikan Islam, hlm. 35. [3] Wan Mohd Nor Wan Daud, Penjelasan Budaya Ilmu, hlm. 56.

pelajaran, pelatihan bagi peranan peserta didik pada masa depan. Berdasarkan USPN No. 20/2003 dan PP No. 73/1991, tujuan, satuan, lingkup program pendidikan nonformal, antara lain : 1) Tujuan pendidikan nonformal: melayani masyarakat ...

Aplikasi teknik pengambilan keputusan dalam manajemen rantai pasok

Buku ini mendiskusikan secara ilustratif tahap demi tahap suatu cara pandang dalam pengambilan keputusan dan aplikasinya dalam berbagai bidang, utamanya pada manajemen rantai pasok yang tergolong sulit dan kompleks, yang diekspresikan secara sederhana.

Teknik Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Rantai Pasok Peningkatan tingkat kebergantungan dan komplekitas dari jaringan rantai pasok saat ini menjadikan rantai pasok secara keseluruhan saat ini menjadi lebih rentan terhadap gangguan.