Sebanyak 42 item atau buku ditemukan

Teknik Berbicara di Depan Umum (Public Speaking) dan Negosiasi

Kemampuan public speaking atau berbicara di depan khalayak adalah suatu kemampuan yang tidak hanya harus dimiliki oleh para pemimpin, namun harus dimiliki oleh setiap orang. Kemampuan berbicara di depan publik, bila dipergunakan secara strategis, tidak berlebihan bila dikatakan bahwa kemampuan ini dapat membawa seseorang untuk mengubah dunia. Begitu pula dengan negosiasi yang diperlukan dalam kehidupan manusia karena sifatnya yang begitu erat dengan filosofi kehidupan manusia di mana setiap manusia memiliki sifat dasar untuk mempertahankan kepentingannya, di satu sisi manusia lain juga memiliki kepentingan. Padahal, kedua pihak tersebut memiliki suatu tujuan yang sama, yaitu memenuhi kepentingan dan kebutuhannya. Apabila terjadi benturan kepentingan terhadap suatu hal, maka timbullah suatu sengketa. Dalam penyelesaian sengketa dikenal berbagai macam cara, salah satunya negosiasi. Buku ini berisi 7 (tujuh) bab yaitu Pendahuluan; Pengertian Public Speaking; Jenis-jenis Public Speaking; Hambatan atau Kendala Public Speaking; Pengertian Negosiasi; Pentingnya Negosiasi; serta Hambatan dan Kendala Negosiasi.

Kemampuan public speaking atau berbicara di depan khalayak adalah suatu kemampuan yang tidak hanya harus dimiliki oleh para pemimpin, namun harus dimiliki oleh setiap orang.

KINERJA KEUANGAN TERHADAP PROFITABILITAS SUB SEKTOR KONSTRUKSI

Industri konstruksi sebagai salah satu penghasil multiplier effect memiliki keterkaitan dengan sektor ekonomi yang lain. Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur diibaratkan sebagai barang-barang modal atau sosial overhead capital. Ini karena apabila permintaan sektor konstruksi meningkat, maka sektor lain seperti industri bahan bangunan/material, jasa konsultan, penyerapan tenaga kerja, dan berbagai industri kecil/rumahan ikut bergerak. Perusahaan konstruksi bangunan merupakan salah satu sub sektor kontruksi yang berperan penting dalam meningkatkan profitabilitas. Profitabilitas dalam kinerja keuangan berkenaan dengan kemampuan atau kemungkinan untuk mendatangkan keuntungan atau istilah lainnya adalah laba. Bagi perusahaan yang bergerak dalam sub sektor konstruksi profitabilitas perusahaan secara umum mendeskripsikan kondisi keuangan suatu perusahaan dalam keadaan sehat (positif) dan tidak sehat (negatif). Meskipun perusahaan tersebut memiliki aset kecil tetapi jika perusahaan mampu mengoptimalkan aset dengan baik, bukan hal yang mustahil bagi perusahaan tersebut memperoleh laba atau meningkatkan pofitabilitas perusahaan. Buku ini mendeskripsikan analisis faktor-faktor kinerja keuangan yang memengaruhi profitabilitas sub sektor konstruksi. Beberapa teori yang berkaitan dengan kinerja keuangan seperti, teori keagenan, saham, profitabilitas, return of assets, current ratio, debt asset ratio, dan total assets turnover. Populasi dari perusahaan sub sektor konstruksi bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 17 perusahaan menggunakan teknik purposive sampling dan analisis dari regresi berganda dengan menggunakan software SPSS.

Industri konstruksi sebagai salah satu penghasil multiplier effect memiliki keterkaitan dengan sektor ekonomi yang lain.

Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK EKMK pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan kegiatan ekonomi yang memiliki peranan sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi, di mana penyerapan tenaga kerja dari UMKM cukup besar di Indonesia, yaitu mencapai 97%. Meskipun kemajuan UMKM cukup pesat namun para pelaku UMKM memiliki pemahaman yang rendah mengenai Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM). Dengan adanya SAK EMKM akan membantu para UMKM dalam pembuatan laporan keuangan dengan mudah, transparan, dan akuntabel. Buku ini akan membahas tentang bagaimana para pelaku UMKM dalam memahami pembuatan laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entititas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM). Selain itu, beberapa bagian dari laporan keuangan seperti neraca, perhitungan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan arus kas, serta catatan atas laporan keuangan juga dipaparkan secara jelas dan rinci. Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana dan contoh kasus yang aktual. Harapannya, hal yang demikian itu dapat menambah pengetahuan dan pendidikan kepada para pembaca khususnya kepada para pelaku UMKM.

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan kegiatan ekonomi yang memiliki peranan sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi, di mana penyerapan tenaga kerja dari UMKM cukup besar di Indonesia, yaitu mencapai 97%.

Konsep Dasar Manajemen Keuangan

Buku ini ditulis untuk memenuhi kebutuhan bahan ajar dalam perkuliahan Manajemen Keuangan pada jenjang sarjana, yang lebih mengedepankan aspek kemudahan bagi penggunanya terutama mahasiswa maupun staf pengajar dalam memahami konsep dasar manajemen keuangan secara integratif. Buku ini disusun berdasarkan pengalaman panjang penulis sebagai pengampu matakuliah Manajemen Keuangan pada program sarjana. Motivasi penulis menulis buku ini adalah semata didorong dengan keinginan kuat untuk menghadirkan literatur manajemen keuangan yang benar-benar membantu mempermudah pemahaman mahasiswa terhadap substansi materi matakuliah Manajemen Keuangan dan membangun efektifitas kemandirian belajar mereka pada perkuliahan Manajemen Keuangan. Buku ini menyajikan 10 (sepuluh) bagian pembahasan tentang manajemen keuangan: Manajemen Keuangan, Analisis Laporan Keuangan (Financial Statement Analysis), Manajemen Persediaan (Inventory Management), Pasar Keuangan (Financial Markets), Peramalan dan Perencanaan Keuangan, Analisis Titik Impas, Manajemen Kas dan Surat berharga, Manajemen Modal Kerja (Working Capital Management), Manajemen Piutang dan Pinjaman, dan Pendanaan Jangka Pendek.

Buku ini ditulis untuk memenuhi kebutuhan bahan ajar dalam perkuliahan Manajemen Keuangan pada jenjang sarjana, yang lebih mengedepankan aspek kemudahan bagi penggunanya terutama mahasiswa maupun staf pengajar dalam memahami konsep dasar ...

Iktikad Baik dalam Berkontrak

Upaya Mewujudkan Keadilan Hukum dan Ekonomi dalam berakad

Iktikad baik yang merupakan wilayah hati menjadi sesuatu yang unik jika dituangkan dalam sebuah kontrak bisnis, khususnya lembaga keuangan syariah yang memiliki akad beragam yang diderivasi dari fiqh muamalah. Apalagi jika menggunakan perspektif Good Corporate Goverment dan nilai-nilai syariah sebagai indikator iktikad baik. Pasal 1338 ayat (3) KUHPerdata dengan tegas menyatakan bahwa, ”Perjanjian harus dilaksanakan dengan iktikad baik”. Asas ini mengandung pengertian bahwa semua bentuk perjanjian yang dilakukan harus mendatangkan kemanfaatan dan kemaslahatan bagi para pihak yang mengikatkan diri dalam perjanjian. Buku ini mengupas bagaimana prinsip dan azas iktikad baik dalam berkontrak ini diaplikasikan dalam Lembaga keuangan Syariah.

Buku ini mengupas bagaimana prinsip dan azas iktikad baik dalam berkontrak ini diaplikasikan dalam Lembaga keuangan Syariah.

Manajemen Strategik pada Masa Pandemi

Manajemen strategik merupakan ilmu dalam hal merumuskan, mengimplementasikan serta mengevaluasi keputusan yang telah disepakati terhadap sebuah fenomena yang terjadi pada zaman sekarang. Namun, dalam proses menggapai tujuan tersebut diperlukan seni dalam hal merumuskan (formulating) dan pelaksanaannya (implementing) serta proses mengevaluasi (evaluating) setiap keputusan yang telah diambil agar tetap dalam jalur dan trek yang benar dalam meraih tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Berdasar dari hal itu, eksistensi dari implementasi manajemen strategik pada masa pandemi sangat diperlukan dalam setiap proses di antara setiap fungsi yang menjadi dasar dalam mewujudkan tujuan ke depannya. Buku ini akan membahas proses formulasi manajemen strategik dari skala besar (rencana strategik) untuk meraih masa depan (visi) dan membuat sebuah keputusan (kebijakan/keputusan dasar) dalam berusaha menggapai tujuan yang telah ditentukan. Selain itu, dalam buku ini juga akan mengkaji lebih mendalam terkait proses pengimplementasian manajemen strategik di dalam Delapan Standar Nasional serta proses dan evaluasi yang dipakai dalam memastikan strategi yang telah ditentukan agar tetap berada dalam jalur/trek yang seharusnya sehingga dapat memastikan target atau tujuan jangka panjang bisa terealisasikan. Harapan penulis, buku ini bisa menjawab bagaimana proses implementasi manajemen strategik pada masa pandemi, sehingga bisa meraih tujuan yang telah ditentukan meskipun di tengah pandemi Covid-19.

Harapan penulis, buku ini bisa menjawab bagaimana proses implementasi manajemen strategik pada masa pandemi, sehingga bisa meraih tujuan yang telah ditentukan meskipun di tengah pandemi Covid-19.

Manajemen Strategik dalam Perusahaan Internasional

Manajemen Strategik Internasional secara umum merupakan proses perencanaan manajemen secara komprehensif dan berkelanjutan yang bertujuan untuk memformulasikan, implementasi, dan evaluasi strategi agar perusahaan dapat berkompetisi secara internasional. Salah satu prosesnya yaitu dengan cara pengembangan satu strategi internasional (strategic planning). Tentu ini menjadi kajian menarik untuk didiskusikan pada program magister manajemen. Terlepas dari semua pengistilahan tersebut, manajemen strategik yang digunakan berbagai perusahaan baik domestik ataupun luar negeri agar bisa memenangkan persaingan di pasar internasional yang semakin global dan homogen. Buku ini akan membahas konsep dasar manajamen strategik perusahan internasional seperti faktor-faktor yang memengaruhi manajemen strategik internasional, konsep manajemen strategik internasional, proses manajemen strategik internasional, peran manajamen strategik dalam era globalisasi, tantangan manajemen strategik internasional, mengembangkan strategi internasional, dan strategi tingkat perusahaan internasional. Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana dan contoh studi kasus suatu perusahaan yang aktual. Harapannya, hal yang demikian itu dapat menambah wawasan dan pengetahuan kepada para pembaca.

Buku ini akan membahas konsep dasar manajamen strategik perusahan internasional seperti faktor-faktor yang memengaruhi manajemen strategik internasional, konsep manajemen strategik internasional, proses manajemen strategik internasional, ...

Manajemen Strategik dalam Perencanaan dan Pelayanan Sektor Publik

Pelayanan sektor publik selama ini sudah menjadi suatu wacana yang hangat. Hal ini tidak bisa terlepas dari kinerja dan kualitas pelayanan publik itu sendiri. Pemerintah yang selama ini menjadi aktor utama dalam penyediaan pelayanan sektor publik sering kali dinilai tidak efektif dalam melaksanakan peranannya. Sedangkan di lain pihak beberapa pendapat menilai sektor BUMN menjadi suatu harapan terhadap peningkatan kualitas pelayanan. Buku ini membahas mengenai manajemen strategik dalam perencanaan dan pelayanan sektor publik dari berbagai perspektif keilmuan, yang dipaparkan secara jelas dan rinci. Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana dan contoh kasus yang aktual. Harapannya, hal yang demikian dapat menambah pengetahuan pembaca sehingga tidak ada lagi alasan takut tidak mengerti managemen strategik.

Buku ini membahas mengenai manajemen strategik dalam perencanaan dan pelayanan sektor publik dari berbagai perspektif keilmuan, yang dipaparkan secara jelas dan rinci.

MANAJEMEN STRATEGIK DALAM ORGANISASI

Menjalankan suatu organisasi tentunya tidak dapat berjalan apabila hanya terdiri dari satu orang saja, melainkan terdiri dari beberapa sumber daya manusia sebagai penggerak organisasi tersebut. Sumber daya manusia tersebut sebagai bentuk harapan-harapan berkembangnya suatu perusahaan. Dalam sebuah perusahaan umumnya berupaya untuk selalu dapat mencapai tujuan dan sasarannya di dalam persaingan yang semakin ketat. Seorang pemimpin organisasi harus memiliki kemampuan dalam menetapkan strategi yang tepat saat menjalankan organisasinya dan memanfaatkan lingkungan dengan memilih pengorganisasian sumber daya internal yang tepat. Keberhasilan suatu perusahaan tidak terlepas dari manajemen strategik yang dilakukan perusahaan tersebut. Kira-kira apa saja yang menjadi faktor keberhasilan sebuah perusahaan? Buku ini akan mengupasnya dari sisi manajemen strategik.

Menjalankan suatu organisasi tentunya tidak dapat berjalan apabila hanya terdiri dari satu orang saja, melainkan terdiri dari beberapa sumber daya manusia sebagai penggerak organisasi tersebut.