Sebanyak 4 item atau buku ditemukan

KEPERAWATAN JIWA MENGENAL KESEHATAN MENTAL

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah Swt., Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada penulis sehingga penulis berhasil menyelesaikan buku yang berjudul Keperawatan Jiwa-Mengenal Kesehatan Mental. Penulisan Buku ini dilakukan secara berkolaborasi yang ditulis selama sebulan lebih, sejak Juli sampai Agustus 2021. Sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi beberapa dosen dari berbagai institusi dengan latar belakang Keilmuan Keperawatan. Seperti kita ketahui bahwa penderita gangguan jiwa sering mendapatkan stigma dan diskriminasi yang lebih besar dari masyarakat di sekitarnya dibandingkan individu yang menderita penyakit medis, di antaranya: dikeluarkan dari sekolah, diberhentikan dari pekerjaan, diceraikan oleh pasangan, hingga ditelantarkan oleh keluarga, atau bahkan dipasung. Keterbatasan pemahaman dan pengetahuan mengenai kesehatan mental di Indonesia tidak dapat lepas dari nilai-nilai tradisi budaya atau kepercayaan masyarakat. Sebagian masyarakat masih mempercayai penyebab kesehatan mental berasal dari hal-hal supernatural atau takhayul sehingga pengidap gangguan kesehatan mental menganggap gangguan yang terjadi dalam dirinya adalah aib. Pemahaman ini membuat orang yang membutuhkan bantuan tenaga ahli enggan untuk ditangani. Tak jarang, pengidap gangguan kesehatan mental merasa malu untuk berada di masyarakat. Oleh karena itu, buku ini hadir sebagai bacaan atau referensi masyarakat luas dan buku pegangan bagi Mahasiwa Keperawatan serta para Peneliti. Buku Ini Membahas Tentang: 1. SEJARAH KEPERAWATAN JIWA DAN KEPERAWATAN JIWA GLOBAL 2. PROSES TERJADINYA GANGGUAN JIWA DALAM PERSPEKTIF KEPERAWATAN JIWA 3. KONSEP STRES, RENTANG SEHAT SAKIT JIWA, DAN MEKANISME KOPING 4. KONSEPTUAL MODEL DALAM KEPERAWATAN JIWA TERMASUK PREVENSI PRIMER, SEKUNDER, DAN TERSIER 5. PERAN PERAWAT JIWA DAN KOLABORASI INTERDISIPLIN DALAM KESEHATAN DAN KEPERAWATAN JIWA 6. LEGAL DAN ETIK DALAM KONTEKS ASUHAN PERAWATAN JIWA 7. PROSES KEPERAWATAN JIWA PADA SITUASI BENCANA 8. ASKEP SEHAT JIWA SEPANJANG RENTAN KEHIDUPAN (IBU HAMIL, BAYI, TODLER, PRASEKOLAH, USIA SEKOLAH, REMAJA) 9. ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN DENGAN GANGGUAN KONSEP DIRI, KECEMASAN, DAN KEHILANGAN 10. ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN DENGAN GANGGUAN KETIDAKBERDAYAAN, KEPUTUSAN, DAN DISTRES SPRITUAL Akhir kata, penulis ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan buku ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah Swt. senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah Swt., Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada penulis sehingga penulis berhasil menyelesaikan buku yang berjudul Keperawatan Jiwa-Mengenal Kesehatan Mental.

Pendidikan Ilmu Psikologi

Buku ini diharapkan dapat hadir memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan Pendidikan Ilmu Psikologi. Sistematika book chapter Pendidikan Ilmu Psikologi ini mengacu pada pendekatan konsep teoritis dan contoh penerapan. Oleh karena itu diharapkan book chapter ini dapat menjawab tantangan dan persoalan dalam sistem pengajaran Pendidikan Ilmu Psikologi di perguruan tinggi dan sejenis lainnya.

Oleh karena itu, penguasaan terhadap ilmu jiwa pendidikan (psikologi pendidikan) juga merupakan suatu tuntutan bagi orang-orang yang bergelut dalam dunia pendidikan (Ichsan, 2016). Sakerebau (2018) menyatakan bahwa tugas psikologi ...

TEORI DAN APLIKASI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

Psikologi perkembangan adalah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari perkembangan dan perubahan aspek kejiwaan manusia sejak dilahirkan sampai dengan meninggal. Terapan dari ilmu psikologi perkembangan digunakan di berbagai bidang seperti pendidikan dan pengasuhan, organisasi industri, pengoptimalan kualitas hidup dewasa tua, dan penanganan remaja.

Psikologi perkembangan adalah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari perkembangan dan perubahan aspek kejiwaan manusia sejak dilahirkan sampai dengan meninggal.

Pendidikan Kesehatan Dan Promosi Kesehatan

Penulisan buku ini dilakukan secara berkolaborasi yang ditulis sejak 4 April sampai 25 April 2021. Sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Beberapa Dosen Dari Berbagai Institusi Yang Menuangkan Tulisannya Sesuai Latar Belakang Kelimuan Masing- Masng Penulis. Buku Ini Merupakan Wujud Sumbangsih Buah Pemikiran Anak Bangsa Yang Peduli Akan Permasalahan Perilaku Kesehatan.Masyarakat Saat Ini Yang Sangat Membutuhkan Pendidikan Kesehatan (Health Educatiion) dengan cara Promosi Kesehatan dengan menggunakan beberapa Media Promosi. Besar Harapan Agar Tulisan Ini Bisa Menjadi Referensi Bacaan Bagi Masyarakat luas serta Pegangan Bagi Mahasiswa Kesehatan Buku ini membahas tentang: 1. Konsep, Teori, Dan Prinsip Belajar Mengajar Pada Program Pendidikan Kesehatan Pasien 2. Konsep Dan Teori Promosi Kesehatan 3. Konsep Perilaku dan Perilaku Kesehatan Individu 4. Metode dan Media Promosi Kesehatan 5. Membuat Rancangan Promosi kesehatan Terstruktur 6. Model Dalam Promosi Kesehatan 7. Pengkajian Kebutuhan Promosi Kesehatan 8. Komunikasi dan Advokasi dalam Promosi Kesehatan 9. Kemitraan dan Pemberdayaan masyarakat dalam Program Kesehatan 10. Pengembangan Program Promosi Kesehatan dan pendidikan kesehatan Pasien.

... kebudayaan, media massa, lembaga pendidikan dan agama, serta pengaruh factor emosional. Komponen yang membentuk sikap menurut Maulana (2009) sebagai berikut: 1) Komponen kognitif (cognitive) Di sebut juga komponen perceptual, ...