Sebanyak 9 item atau buku ditemukan

KULIAH ADAB

Buku ini merupakan kumpulan materi dalam program Kuliah Adab yang diselenggarakan satu pekan sekali oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan (PAI UAD). Dalam satu kesempatan, salah seorang mahasiswa bertanya saat menghadiri Kuliah Adab bertanya: “Kenapa kita tidak mengkaji pemikiran-pemikiran Islam kontemporer saja daripada materi adab yang terlalu sederhana untuk diajarkan kepada mahasiswa?” Pertanyaan semacam ini mungkin dapat dimaklumi, mengingat karakter mahasiswa umumnya lebih suka pada kajian-kajian yang “menantang”, seperti pemikiran Islam kontemporer. Meskipun demikian, para mahasiswa agaknya lupa bahwa banyak pemikir muslim yang tidak hanya memiliki keluasan ilmu, tetapi juga pribadi (adab) yang mulia. Sosok K. H. Ahmad Dahlan, sebagaimana digambarkan oleh Solichin Salam (1963) misalnya, merupakan tokoh yang memiliki kapasitas intelektual di atas rata-rata ulama pada umumnya, dan memiliki pribadi (adab) mulia. Dengan dua kata kunci: adab dan ilmu, K. H. Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah, sehingga jerih payahnya dapat dirasakan sampai sekarang ini. Pribadi K. H. Ahmad Dahlan adalah sosok yang sangat menjaga adab kepada Allah dan Rasul-Nya, adab kepada sesama, adab kepada ilmu, dan adab kepada lingkungannya.

Buku ini merupakan kumpulan materi dalam program Kuliah Adab yang diselenggarakan satu pekan sekali oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan (PAI UAD).

Studi Hukum Islam Kontemporer Bagian Dua

Hukum adalah salah satu elemen ajaran yang penting dalam agama Islam. Dalam istilah agama ini hukum disebut syariah atau fikih. Tetapi kedua kata itu tidak memiliki pengertian yang sama dengan kita menyebut dan mengenal “hukum dalam kehidupan sehari-hari kita. Pengertian hukum yang kita kenal sehari-hari dan lebih khusus dalam ilmu hukum merujuk kepada sekumpulan norma yang disebut norma hukum. Di antara ciri norma hukum itu adalah bahwa ia ditegakkan dengan dukungan kekuasaan dan karenanya bersifat memaksa. Sementara pengertian hukum yang terkandung dalam syariah atau fikih selain mencakup norma hukum juga mencakup norma agama, norma susila dan norma sosial yang diajarkan agama Islam. Jadi pengertian hukum yang terkandung dalam syariah atau fikih jauh lebih luas dan lebih cair dari pengertian hukum yang kita kenal dalam keseharian kita. Tentu masih banyak perbedaan yang lain. Terbitnya buku ini tentu saja sangat membantu bagi pembaca yang ingin mengkaji hukum Islam kontemporer lebih dalam sebagai bacaan yang menarik dan memberikan gambaran jelas.

Sebagian besar fatwa ini menjadi hukum yang berlaku bagi lembaga keuangan dan bisnis syariah dan menjadi landasan ... Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah, pada pasal 1 angka 7 dan pasal 3, ditegaskan bahwa bank syariah adalah bank yang ...

Manajemen Risiko Bank Syariah di Indonesia

Manajemen risiko merupakan ikhtiar untuk mengendalikan terjadinya risiko pada perusahaan. Risiko bisnis merupakan suatu keniscayaan yang tidak mungkin dihindari, tetapidapat dikendalikan. Berbagai strategi, kebijakan, dan prosedur perusahaan disusun dalam rangka pengendalian risiko tersebut. Bagi bank syariah, manajemen risiko merupakan suatu keharusan ka-rena sifat bisnis perbankan mengandung risiko tinggi. Fungsi intermediasi keuangan yang menghubungkan antara pemilik dana (sahibul mal) dengan pengguna dana (mudarib) sesungguhnya memiliki tingkat risiko yang tinggi. Arus kas masuk melalui produk penghimpunan dana dan arus kas keluar melalui pembiayaan disalurkan membutuhkan kecermatan manajemen dalam mengendalikan risiko. Perubahan tingkat bagi hasil dana bank syariah lain, atau bahkan per-ubahan suku bunga simpanan bank konvensional, dapat memengaruhi perilaku nasabah penyimpan. Sebab, mereka mungkin saja akan menarik dana dan memindahkannya kepada bank lain. Risiko likuiditas bank syariah akan terganggu jika perilaku nasabah tersebut dilakukan oleh nasabah inti atau nasabah besar serta diikuti oleh banyak nasabah lainnya. Sementara itu, pemberian pembiayaan sesungguhnya juga mengan-dung risiko yang tinggi karena ada kemungkinan dananya tidak kembali. Dalam sistem keuangan islam, risiko pembiayaan juga dapat dipengaruhi oleh akad yang digunakan. Bagi hasil melalui akad mudarabah dan musyarakah memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi dibanding dengan akad yang lain, sehingga banyak bank syariah yang tidak bersedia mengguna-kan akad tersebut. Manajemen risiko bank syariah, sebagai bagian dari ikhtiar, penting dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Cakupan kajian dalam manajemen risiko bank syariah meliputi semua aspek proses bisnis internal serta kemungkinan pengaruhnya dari pihak eksternal. Ketersediaan sumber daya insani bank syariah, sistem informasi manajemen, serta kepatuhan dan tatakelola perusahaan yang baik, juga menjadi kajian penting dalam buku ini. Buku Manajemen Risiko Bank Syariah di Indonesia ini merupakan karya ilmiah yang digali dari studi literatur dan pengalaman panjang penulis karena keduanya merupakan dewan komisaris Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS). Studi literatur yang mengkaji tentang manajemen risiko secara umum maupun manajemen risiko bank syariah banyak dijumpai dan memungkinkan siapa pun mengkajinya. Berbagai buku, jurnal ilmiah, maupun artikel yang tidak dipublikasikan dapat menjadi rujukan literatur yang penting. Dalam konteks karya ilmiah, kedua penulis merupa-kan dosen yang mengajari mahasiswa tentang manajemen risiko bank syariah, sehingga buku tersebut layak menjadi rujukan mahasiswa. Pengalaman panjang penulis sebagai komisaris BPRS membuat buku ini terasa lebih bermakna. Kajian teori terkadang berputar-putar, sering membosankan para pembacanya. Akan tetapi, tulisan yang sarat dengan pengalaman memiliki nilai yang berbeda, karena pembaca akan diajak menikmati pengalaman dalam pengendalian risiko. Di samping itu, gaya bahasa penulisan buku yang lugas dan sederhana mencerminkan banyak-nya sentuhan praktis, sehingga memudahkan pembaca dalam mengambil hikmah. Semoga.

Buku Manajemen Risiko Bank Syariah di Indonesia ini merupakan karya ilmiah yang digali dari studi literatur dan pengalaman panjang penulis karena keduanya merupakan dewan komisaris Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS).

Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan

Untuk kepentingan pengembangan perangkat pembelajaran MKI di Universitas Ahmad Dahlan, LPP telah menyusun program bahwa setiap MKI memiliki buku ajar yang ditulis para dosen pengampunya. Buku ajar yang ditulis dosen Universitas Ahmad Dahlan memiliki keuntungan, karena ditulis berdasarkan pengalaman pembelajaran yang telah dilaksanakan, sekaligus menjawab kebutuhan di masa yang akan datang, yang didasarkan pada lingkungan terdekat mahasiswanya. Buku Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan yang hadir di hadapan pembaca ini, memiliki nilai penting bagi pemenuhan sumber belajar mahasiswa, sekaligus sebagai upaya mengokohkan nation and character building mahasiswa.

Buku Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan yang hadir di hadapan pembaca ini, memiliki nilai penting bagi pemenuhan sumber belajar mahasiswa, sekaligus sebagai upaya mengokohkan nation and character building mahasiswa.

Negara Pancasila Darul `Ahdi Wasy-Syahadah: Perspektif Teologis dan Ideologis

Naskah pemikiran yang tersusun sebagai “Negara Pancasila sebagai Darul 'Ahdi Wasy-Syahadah” dimaksudkan untuk menjadi rujukan dan orientasi pemikiran serta tindakan bagi seluruh warga persyarikatan da-lam kehidupan berbangsa dan bernegara, tentu harus paralel dan kon-tekstual dengan pandangan Islam. Negara Pancasila merupakan hasil konsesus nasional (dar al-ahdi) dan tempat pembuktian atau kesaksian (dar al syahadah) untuk menjadi negeri yang aman dan damai (dar al-salam) menuju kehidupan yang maju, adil, makmur, bermartabat, dan berdaulat dalam naungan ridla Allah swt (Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur).

Negara Pancasila merupakan hasil konsesus nasional (dar al-ahdi) dan tempat pembuktian atau kesaksian (dar al syahadah) untuk menjadi negeri yang aman dan damai (dar al-salam) menuju kehidupan yang maju, adil, makmur, bermartabat, dan ...

Kebijakan Pendidikan Muhammadiyah: 1911-1942

Semangat Muhammadiyah untuk mencerahkan semesta sejatinya sejalan dengan mimpi besar sang pendiri, KH Ahmad Dahlan. Hal ini dapat dilihat melalui pidato iftitah yang disampaikan M. Junus Anies dalam “Congres (Muktamar) Muhammadiyah Seperempat Abad” yang berlangsung tanggal 21-26 Juli 1936 di Betawi (Jakarta). M. Junus Anies sebagai Sekretaris Hoofdbestuur (Pimpinan Pusat) Muhammadiyah saat itu mengutip mimpi besar sang pendiri yang menginginkan persyarikatan ke depannya mampu menjadi “Bapa Doenia”, dan ‘Aisyiyah sebagai “Iboe Doenia”. Dalam bahasa saat ini, KH Ahmad Dahlan ingin Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah dapat menjadi ikon gerakan Islam berkemajuan yang berpengaruh di dunia. Upaya untuk mewujudkan mimpi besar tersebut tentu saja tidak mudah. Jalan berliku yang terkadang curam, licin, dan mendaki terus dilewati Muhammadiyah. Kontak langsung para tokoh Muhammadiyah dengan umat Islam di luar negeri juga tidak hanya dapat disaksikan pada saat sekarang. M. Junus Anies dalam pidatonya juga menyebut bahwa intensitas komunikasi tokoh-tokoh Muhammadiyah dengan umat Islam di luar negeri telah semakin menguat setelah KH Ahmad Dahlan wafat (23 Februari 1923). Komunikasi tersebut membuahkan hasil yang cukup gemilang, khususnya pada rentang tahun 1927 hingga 1929. Pada rentang tersebut, banyak umat muslim di beberapa negara yang mengajukan diri untuk bergabung dan mendirikan Muhamadiyah di daerahnya masing-masing. Di antara umat muslim itu, sebagaimana dikemukakan oleh M. Junus Anies, berasal dari Kaapstad (sekarang Ibukota Afrika Selatan), Siam (sekarang Thailand) dan Malaysia, tepatnya di Kuala Lumpur, Selangor, serta Kelang. Niat baik umat muslim itu hanya saja belum dapat dipenuhi, sebab Muhammadiyah saat itu masih fokus menyelesaikan masalah-masalah “di dalam negeri”. Selain masih fokus untuk menyelesaikan urusan internal organisasi, Muhammadiyah saat itu juga sedang berupaya manyadarkan dan memajukan masyarakat agar terlepas dari jeratan penjajah. Penggalan pidato M. Junus Anies di atas merupakan bagian dari narasi yang telah disajikan dalam buku berjudul Kebijakan Pendidikan Muhammadiyah: 1911-1942 ini.

Misi ini pun ditujukan khusus kepada umat Islam, baik yang sudah maupun belum menjadi anggota Muhammadiyah agar mereka ... disitulah dibicarakan perkara-perkara agama Islam, 3) mendirikan dan memeliharakan atau membantu tempat ...

PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN

Psikologi pendidikan dan pembelajaran menawarkan sejumlah gagasan segar untuk memberikan daya rangsang bahwa, psikologi pendidikan Islam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari, di manapun dan kapanpun berada. Karena dengan mempelajari dan mendalami dengan seksama, kita akan terbawa arus, menjadikan hidup kita akan teratur karena dipengaruhi oleh mindset apa yang sedang kita baca, kita pikirkan, dan kita rasakan akan menjadi habit, yakni tindakan yang kita lakukan secara berulang-ulang, baik itu sadar ataupun tidak sadar, akan menjadi kebiasaan dalam hidup dimanapun dan kapanpun. Saat kita melihat seorang mahasiswa katakanlah mahasiswa A. Ia selalu rajin mengerjakan tugas, tidak pernah terlambat, kuta bisa kagum padanya. Tetapi apa yang dikatakan Aristoteles, bahwa itu bukan keunggulan perbuatan, tapi karena ia terbiasa melakukannya, bisa juga dikatakan, mereka yang melakukan hal-hal yang luar biasa berulangkali sehingga yang tampak hebat di mara kita adalah yang biasa di mata mereka, karena terbiasa melakukannya. Begitu pula sebaliknya. Di sini Habit juga selalu dipengaruhi oleh apa, dan dari mana konsumsi yang kita makan, dengan demikian kondisi mindset kita juga akan terpancar dari sumbernya, kalau sumber nutrisi yang di makan tidak sesuai dengan hati nurani, maka habit yang ada adalah mengarah pada hal-hal yang tidak sesuai dengan hati nurani, namun apabila sumber nutrisi itu sesuai dengan hari nurani, maka habit yang keluarnya pun sesuai dengan habit dari hati nurani, seperti apa yang dibaca, dipikir, dirasa, diucapkan sama dengan apa yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, dalam berbagai aktifitas tidak terlepas dari proses psikologi pendidikan dan pembelajaran, menjadikan insan-insan menjadi lebih baik dan lebih teratur, karena tahu makna dibalik belajar psikologi pendidikan dan pembelajaran untuk membiasakan belajar secara baik dan benar.

Psikologi pendidikan dan pembelajaran menawarkan sejumlah gagasan segar untuk memberikan daya rangsang bahwa, psikologi pendidikan Islam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari, di manapun dan kapanpun berada.

PENGANTAR MANAJEMEN BISNIS

Buku Pengantar Manajemen ini disajikan dengan maksud untuk memberikan referensi kepada mahasiswa dalam memahami mata kuliah Pengantar Manajemen atau bagi mahasiswa yang sedang menekuni matakuliah yang berkaitan dengan Ilmu Manajemen. Dan diharapkan juga buku ini dapat bermanfaat bagi semua kalangan yang menaruh atensi pada bidang manajemen. Materi buku ini berisi tentang manajemen dan organisasi yang kemudian penulis juga menyajikan bagaimana sejarah dan teori manajemen berkembang. Selain itu, buku ini juga membahas pokok dari manajemen, yaitu fungsi-fungsi dari manajemen dan penerapannya. Buku ini juga membahas tentang bagaimana proses pengambilan keputusan yang baik serta motivasi dan kepemimpinan untuk sebuah organisasi dalam mencapai sebuah tujuan. Buku ini diharapkan mampu memberikan wawasan dan pengetahuan pemahaman bagi para pembaca dalam ruang lingkup organisasi atau perusahaan sebagai rujukan tentang kaidah manajemen yang efektif dan efisien. Penulis juga mengambil referensi dari buku-buku manajemen lainnya dengan beberapa contoh dari para ahli dan praktisi yang telah mengembangkan keilmuannya dan dirangkum pada buku ini untuk memperkuat landasan teori dan membangun kerangka yang komprehensif agar lebih mudah dipahami

Buku Pengantar Manajemen ini disajikan dengan maksud untuk memberikan referensi kepada mahasiswa dalam memahami mata kuliah Pengantar Manajemen atau bagi mahasiswa yang sedang menekuni matakuliah yang berkaitan dengan Ilmu Manajemen.

Pengembangan Kecerdasan Majemuk Dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Khasanah Islam dan Neurosains