Pembelajaran merupakan suatu proses yang kompleks yang melibatkan daya, cipta, rasa dan karsa yang harus dirancang dengan baik sehingga dapat membangun suatu pembelajaran yang sangat menyenangkan. Ibarat suatu pertandingan sepak bola, sedemikian banyaknya pemain yang dimainkan disertai dengan berbagai skill dan rasa optimisme yang tinggi agar dapat menghasilkan pertandingan yang baik dan menghasilkan goal serta enak ditonton. Demikian juga proses pembelajaran harus mampu memadukan faktor-faktor yang ada disertai kemampuan guru untuk menghasilkan proses pembelajaran yang menyenangkan, membuat peserta didiknya betah dan mampu mengekspresikan potensinya, serta akhirnya berhasil mengantarkannya mencapai tujuan yang baik. Buku ini diberi judul Psikologi Perkembangan yang merupakan salah satu sarana ikhtiar membantu para pendidik memahami dan mendeskripsikan peserta didik serta menawarkan alternatif intervensi edukatif untuk pengembangan secara maksimal potensi yang dimilikinya. Buku ini dimaksudkan sebagai buku pegangan utama dalam mata kuliah Perkembangan Peserta Didik pada Lembaga Pendidikan Tenaga vi Kependidikan jenjang strata satu (S-1) yang merupakan Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) dan harus dikuasai oleh semua mahasiswa kependidikan sebagai calon pendidik dan calon guru di SMP dan pendidikan menengah, yang berarti para siswanya sedang berada pada fase remaja maka pembahasan buku ini banyak menekankan pada perkembangan remaja.
Buku ini diberi judul Psikologi Perkembangan yang merupakan salah satu sarana ikhtiar membantu para pendidik memahami dan mendeskripsikan peserta didik serta menawarkan alternatif intervensi edukatif untuk pengembangan secara maksimal ...
Buku ini merupakan kumpulan materi dalam program Kuliah Adab yang diselenggarakan satu pekan sekali oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan (PAI UAD). Dalam satu kesempatan, salah seorang mahasiswa bertanya saat menghadiri Kuliah Adab bertanya: “Kenapa kita tidak mengkaji pemikiran-pemikiran Islam kontemporer saja daripada materi adab yang terlalu sederhana untuk diajarkan kepada mahasiswa?” Pertanyaan semacam ini mungkin dapat dimaklumi, mengingat karakter mahasiswa umumnya lebih suka pada kajian-kajian yang “menantang”, seperti pemikiran Islam kontemporer. Meskipun demikian, para mahasiswa agaknya lupa bahwa banyak pemikir muslim yang tidak hanya memiliki keluasan ilmu, tetapi juga pribadi (adab) yang mulia. Sosok K. H. Ahmad Dahlan, sebagaimana digambarkan oleh Solichin Salam (1963) misalnya, merupakan tokoh yang memiliki kapasitas intelektual di atas rata-rata ulama pada umumnya, dan memiliki pribadi (adab) mulia. Dengan dua kata kunci: adab dan ilmu, K. H. Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah, sehingga jerih payahnya dapat dirasakan sampai sekarang ini. Pribadi K. H. Ahmad Dahlan adalah sosok yang sangat menjaga adab kepada Allah dan Rasul-Nya, adab kepada sesama, adab kepada ilmu, dan adab kepada lingkungannya.
Buku ini merupakan kumpulan materi dalam program Kuliah Adab yang diselenggarakan satu pekan sekali oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan (PAI UAD).
Buku pedoman ini disusun sebagai pedoman dalam penyelenggaraan Mata Kuliah Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP I). Mata Kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan I (PLP I) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang dilaksanakan dalam bentuk pendidikan, penelitian dan pemagangan. PLP Ini bertujuan untuk memperkuat jati diri calon pendidik dan membentuk kesiapan calon pendidik. Kegiatan yang dilaksanakan oleh calon pendidik pada PLP Ini lebih banyak dilakukan melalui pengamatan atau observasi untuk mempelajari aspek-aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di Sekolah Mitra.
Mata Kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan I (PLP I) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang dilaksanakan dalam bentuk pendidikan, penelitian dan pemagangan. PLP Ini bertujuan untuk memperkuat jati diri calon pendidik dan ...
Modul ini disusun untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dengan kualifikasi merangkum semua materi Energi Alternatif Kelas 4 SD/MI, dengan judul "Modul Pembelajaran Tematik: Energi Alternatif". Teknik penyajiannya dilakukan secara terpadu, hal ini dilakukan untuk menghindari pengulangan sebuah topik hanya karena penyajian yang disajikan tidak sistematik. Seperti layaknya sebuah modul, maka pembahasan dimulai dengan menjelaskan tujuan yang hendak dicapai dan disertai dengan soal yang mengukur tingkat penguasaan materi pada setiap topik yang dibahas. Dengan demikian penggunaan modul ini secara mandiri dapat mengukur atau mengevaluasi tingkat ketuntasan yang dicapai.
Modul ini disusun untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dengan kualifikasi merangkum semua materi Energi Alternatif Kelas 4 SD/MI, dengan judul "Modul Pembelajaran Tematik: Energi Alternatif".
Buku ini memberikan pemahaman kepada pembaca tentang metode, model dan pendekatan komunikasi dan interaksi kepada anak. Anak merupakan manusia yang masih selalu perlu bimbingan orang tua, guru atau pun orang. Komunikasi yang baik antara orang tua dan anak, guru dan anak akan berdampak besar terhadap proses tumbuh kembang anak. Kemampuan orang dewasa dalam memahami tingkah laku anak merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui. Karena stiap manusia pada akhirnya akan menjadi orang tua bagi anaknya dan anak-anak disekitarnya.
Buku dengan judul Inovasi Media Pembelajaran SD Berbasis Kearifan Budaya Lokal ditulis oleh dua puluh delapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar kelas 4A di Universitas Nusantara PGRI Kediri sebagai syarat ketuntasan Mata Kuliah Manajemen Inovasi. Dalam buku ini dituangkan bagaimana inovasi mahasiswa mengenai media pembelajaran berbasis kearifan budaya lokal sehingga peserta didik, dalam hal ini siswa di jenjang sekolah dasar, agar mereka tetap dapat mengenal budaya sambil belajar.
Buku dengan judul Inovasi Media Pembelajaran SD Berbasis Kearifan Budaya Lokal ditulis oleh dua puluh delapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar kelas 4A di Universitas Nusantara PGRI Kediri sebagai syarat ketuntasan Mata ...
Media Pembelajaran Matematika merupakan segala sesuatu yang bisa menyalurkan pengetahuan dari pendidik (sumber informasi) kepada siswa (penerima informasi ) dalam pembelajaran matematika. Media pembelajaran sendiri terbagi menjadi 2 yaitu manipulatif dan ICT. Manipulatif adalah media yang dapat dimanipulasikan dengan tangan, diputar, dipegang, dipindah, dan dipotong-potong atau bisa dikatakan bahwa manipulatif adalah media yang dapat dimain-mainkan dengan tangan. Media pembelajaran manipulatif bisa dikatakan sebagai media tradisional.
Media Pembelajaran Matematika merupakan segala sesuatu yang bisa menyalurkan pengetahuan dari pendidik (sumber informasi) kepada siswa (penerima informasi ) dalam pembelajaran matematika.
Buku berjudul “Ragam Media Pembelajaran” berisi konsep dan aplikasi dalam pemberian ganjaran dan hukuman pada semua elemen. Kajian dalam buku ini terbatas pada perbincangan masalah penerapan media pembelajaran yang sering digunakan oleh manusia dalam melakukan segala aktivitas yang berhubungan dengan lingkungannya. Tujuannya untuk memberikan motivasi individu atau kelompok dalam melakukan kebaikan dan meningkatkan prestasinya. Sebagai sebuah karya, tentu saja buku ini tidak terlepas dari kelemahan dan kekurangan. Karenanya kritik konstruktif dan saran dari kalangan pembaca senantiasa diharapkan guna penyempurnaan lebih lanjut.