Sebanyak 727 item atau buku ditemukan

Ancangan dan Best Practice Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi

Karakter dipahami sebagai hal yang sangat mendasar bagi keberadaan suatu bangsa. Dengan pendidikan karakter, berbagai spirit dan nilai ideal suatu bangsa ditanamkan dan dikembangkan. Buku ini merupakan buku seri ke-2, sebagai kelanjutan dan pemerlengkap dari buku seri ke-1, yang hadir karena diilhami oleh pentingnya menanamkan dan menguatkan jati diri bangsa dengan nilai-nilai karakter luhur pada diri generasi muda. Isi buku ini didasarkan pada kajian teoretik dan penelitian lapangan dalam kerangka rekayasa sosial model pendidikan karakter bangsa berbasis kearifan lokal dan civic virtue bagi penguatan sumber daya manusia dan daya saing bangsa di perguruan tinggi yang penulis lakukan secara intensif selama tiga tahun terakhir ini. Buku ini dimaksudkan juga sebagai pendeskripsian dan pemaknaan atas praktik pendidikan karakter di tiga perguruan tinggi di Indonesia. Pembahasan dan penguaraiannya berfokus pada persoalan landasan pengembangan, nilai yang dikembangkan, dan program/kegiatan yang dikembangkan dalam pendidikan karakter oleh ketiga perguruan tinggi tersebut, sebagai ANCANGAN DAN BEST PRACTICES. Buku ini layak dibaca bagi pemerhati dan pengembang pendidikan karakter. Bukan hanya yang berkecimpung di pendidikan tinggi. Pengembang pendidikan karakter di tingkat sekolah menengah dapat pula mengambil hikmah, tentu dengan melakukan penyesuaian-penyesuaian secara proporsional dan kontekstual. Secara keseluruhan, buku ini bermanfaat menambah wawasansecara komprehensif, faktual, dan inspiratif dalam penguatan pendidikan karakter yang sedang aktual sekarang.

Karakter dipahami sebagai hal yang sangat mendasar bagi keberadaan suatu bangsa.

Pendidikan Karakter

Konsep dan implementasinya

Pentingnya pendidikan karakter telah menjadi kesadaran masyarakat luas, akan tetapi, pelaksanaannya kerap kali mengalami hambatan yang disebabkan keterbatasan berbagai keterampilan dan kemampuan satuan pendidikan yang menerapkannya. Di samping itu, tingkat pemahaman satuan pendidikan yang beragam juga menjadi hambatan yang tak terhindarkan. Permasalahan di atas, serta pengalaman bertahun-tahun menjadi pendidik, mendorong penulis menyajikan sebuah analisis tajam yang membongkar akar permasalahan serta menawarkan solusi alternatif dalam pengembangan program pendidikan karakter pada satuan pendidikan. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya tidak hanya menelaah pendapat beberapa ahli yang didasarkan pada kebijakan pemerintah dalam pembangunan dan pengembangan pendidikan di Indonesia. Poin yang sangat menarik lainnya adalah tawaran penulis mengenai peer group model (keteladanan teman sebaya) dalam rangka membangun keteladanan di lingkungan sekolah. Di tengah urgensi membangun dan membenahi pendidikan karakter di satuan pendidikan, buku ini kelak dipercaya sebagai satu referensi dan panduan bagi kepala satuan pendidikan, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada satuan pendidikan Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

PAKET KEAHLIAN 18 18 24 24 TOTAL 48 48 48 48 48 48 MATA PELAJARAN SMK/MAK BIDANG KEAHLIAN KESEHATAN MATA PELAJARAN KELAS DAN SEMESTER X XI XII 1 2 1 2 1 2 KELOMPOK A (WAJIB) 1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3 Pendidikan ...

Etika Profesi Insinyur: Membangun Sikap Profesionalisme Sarjana Teknik

untuk memenuhi kebutuhan sebagai buku ajar, maka dalam penyusunannya buku ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama membahas tentang konsep dan teori etika yaitu: Bab 1 tentang manusia dan alam semesta, Bab 2 tentang filsafat dan etika, Bab 3 tentang etika keilmuan, Bab 4 tentang etika dalam dunia teknik dan Bab 5 tentang profesi dan profesionalisme. Adapun bagian kedua membahas tentang etika profesi insinyur, yang terdiri: Bab 6 tentang kode etik profesi, Bab 7 tentang kepentingan profesional dan publik, Bab 8 tentang hak dan kewajiban insinyur, Bab 9 tentang kompetensi dan integritas profesi insinyur dan Bab 10 tentang kode etik profesi insinyur Indonesia. Akan tetapi, walaupun sebagai buku ajar untuk mahasiswa pada Jurusan Teknik Sipil, buku ini juga tetap dapat digunakan sebagai referensi oleh mahasiswa semua jurusan, serta masyarakat pada umumnya dalam menambah pengetahuan khususnya terkait dengan etika profesi. Sedikitnya ada tiga sasaran yang ingin dicapai dalam penyusunan buku ini, yaitu: (1) membantu mahasiswa untuk memahami bahwa setiap pilihan moral membawa reaksi atau akibat bagi orang lain; (2) membantu mahasiswa untuk menilai dan menempatkan konsep-konsep seperti keadilan, martabat, kebebasan, kebajikan, kebenaran, kebaikan, dan prinsip etis lainnya; dan (3) menggugah kesadaran mahasiswa untuk tetap mengutamakan kejujuran, keahlian, dan keluhuran budi agar mereka dapat mengaplikasikan dalam hubungan antara manager, rekayasawan, pekerja/buruh, masyarakat, profesi dan pemerintah. Buku Etika profesi insinyur : membangun sikap profesionalisme sarjana teknik ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku Etika profesi insinyur : membangun sikap profesionalisme sarjana teknik ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Manajemen Risiko Berbasis ISO 31000:2018 : Panduan untuk Risk Leaders dan Risk Practitioners

Buku ini menjawab dua pertanyaan yang paling sering diajukan pada penerapan manajemen risiko, yaitu apa manfaat manajemen risiko dan bagaimana mengintegrasikannya dengan sistem manajemen lain yang ada di dalam perusahaan. Manfaat manajemen risiko diuraikan pada bagian prolog, sedangkan integrasi manajemen risiko diuraikan pada bagian epilog. Kedua hal ini juga menjadi sorotan utama perubahan dari ISO 31000:2009 ke ISO 31000:2018. Manfaat manajemen risiko untuk menciptakan dan melindungi nilai berubah dari salah satu prinsip menjadi tujuan manajemen risiko. Integrasi ditambahkan secara eksplisit sebagai salah satu elemen kerangka kerja manajemen risiko. Dari kesadaran mengenai manfaat manajemen risiko hingga integrasinya dengan sistem manajemen lain, banyak hal yang perlu dilakukan organisasi untuk dapat menerapkan manajemen risiko secara efektif. Kombinasi jabaran teori dan praktik yang diberikan pada buku ini niscaya memberikan panduan yang bermanfaat bagi organisasi. Buku ini cocok menjadi rujukan penerapan manajemen risiko oleh segala jenis organisasi dan oleh semua tingkatan di dalam organisasi tersebut. -- Ivan Lanin Direktur Proxis Banking & GRC Perusahaan Konsultan Manajemen Terkemuka Penulis buku ini punya pengalaman lengkap, yakni sebagai pucuk pimpinan perusahaan besar, pengajar perguruan tinggi terkemuka, dan penasihat (konsultan) BUMN-BUMN besar. Walhasil, buku karyanya ini sangat bermanfaat bukan hanya sebagai pegangan para pemimpin perusahaan (khususnya Chief Risk Officer), melainkan juga sebagai textbook, untuk perkuliahan di perguruan tinggi. -- Prof. D.S. Priyarsono, Ph.D., QCRO, QRGP Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB Anggota Komtek Perumus SNI ISO 31000 Manajemen Risiko Dalam era digital dan VUCA (Volatility-Uncertainty-Complexity-Ambiguity), pemahaman para pemangku jabatan dalam merencanakan, mengeksekusi, dan me-review kegiatan organisasi dalam berbagai bidang, baik bisnis, pemerintahan maupun organisasi nonpemerintah mengenai risiko menjadi semakin penting. Buku Manajemen Risiko ISO 31000: 2108 ini menjadi tools yang penting bagi berbagai kalangan profesional, pejabat pemerintah dan nonpemerintah untuk memelihara kepentingan yang menjadi tanggung jawab mereka masing-masing. -- Hadi Kasim CEO Triputra Group

Buku ini menjawab dua pertanyaan yang paling sering diajukan pada penerapan manajemen risiko, yaitu apa manfaat manajemen risiko dan bagaimana mengintegrasikannya dengan sistem manajemen lain yang ada di dalam perusahaan.

Manajemen Agribisnis Perikanan

Manajemen agribisnis perikanan merupakan serangkaian proses penerapan manajemen pada bisnis perikanan mulai dari hulu sampai hilir agar alokasi segala sumberdaya dapat efektif dan efisien untuk menghasilkan profit yang berkelanjutan. Dalam buku ini dibahas secara detail mengenai ilmu manajemen agribisnis yang diterapkan pada bisnis perikanan mulai dari definisi, bentuk badan usaha yang sesuai dengan skala usaha, dasar-dasar teori ekonomi yang perlu diketahui sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan yang disertai dengan pengaplikasian berbagai manajemen pada agribisnis perikanan meliputi manajemen produksi agribisnis, manajemen pemasaran agribisnis, manajemen resiko agribisnis dan manajemen teknologi agribisnis. Pembiayaan usaha dalam agribisnis perikanan juga perlu diperhatikan secara cermat sehingga keuntungan bisa tercapai secara optimum. Kebijakan pembangunan berkelanjutan yang juga mendukung konsep agribisnis perikanan diwujudkan dalam melalui program minapolitan. Minapolitan merupakan upaya percepatan pengembangan pembangunan kelautan dan perikanan di sentra-sentra produksi perikanan yang memiliki potensi untuk dikembangkan sehingga diharapkan dapat memberikan multiplier effect tinggi terhadap perekonomian di daerah sekitarnya. Pengembangan kebijakan minapolitan akan menjadi basis industrialisasi Kelautan dan Perikanan yang dilandaskan pada konsep blue economy.

Manajemen agribisnis perikanan merupakan serangkaian proses penerapan manajemen pada bisnis perikanan mulai dari hulu sampai hilir agar alokasi segala sumberdaya dapat efektif dan efisien untuk menghasilkan profit yang berkelanjutan.

BAHASA INDONESIA UNTUK PERGURUAN TINGGI

Bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) pada Perguruan Tinggi memiliki posisi strategis dalam melakukan transmisi pengetahuan dan transformasi sikap serta perilaku mahasiswa Indonesia melalui proses pembelajaran. Materi-materi yang disajikan dalam buku ini berusaha mengembangkan kepribadian dan sikap cinta tanah air mahasiswa, khususnya melalui kemahiran berbahasa Indonesia. Maka melalui buku ini diharapkan—selain memberikan wawasan mengenai kemahiran berbahasa Indonesia—dapat pula sebagai pemersatu sosial, budaya, dan bahasa yang beraneka ragam; penanda kepribadian berkomunikasi, baik komunikasi tulis maupun lisan; serta menambah kewibawaan dan keintelektualan. Buku ini berisi delapan bab materi utama dan satu bab pengayaan, serta dilengkapi soal-soal latihan. Melalui materi yang disajikan dari bab I hingga VIII, diharapkan mahasiswa mengetahui pentingnya berbahasa Indonesia serta memiliki bekal dalam berbahasa Indonesia, khususnya pada bidang tulis-menulis. Dalam buku ini juga diberikan materi pengayaan mengenai surat-menyurat, khususnya materi surat lamaran pekerjaan dan surat resmi. Materi ini diselipkan dalam buku ini karena ingin memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai surat yang mungkin nantinya akan berguna di dunia kerja.

Bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) pada Perguruan Tinggi memiliki posisi strategis dalam melakukan transmisi pengetahuan dan transformasi sikap serta perilaku mahasiswa Indonesia melalui proses pembelajaran.

Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD

Pendekatan dan Teknis

Buku ini menyajikan model, metode pembelajaran Bahasa Indonesia untuk anak-anak Sekolah Dasar. Sasarannya adalah para calon guru yang sedang mempersiapkan untuk menjadi tenaga pendidik khususnya Pendidikan Sekolah Dasar. Buku Persembahan Penerbit Media Maxima

Buku ini menyajikan model, metode pembelajaran Bahasa Indonesia untuk anak-anak Sekolah Dasar.

MEDIA BARU DALAM KOMUNIKASI POLITIK (Komunikasi Politik I Dunia Virtual)

Media baru memberi kontribusi yang besar bagi demokrasi. Kontribusi tersebut berupa terbentuknya ruang publik yang universal, bisa diakses oleh siapa saja. Sehingga masyarakat tidak mengalami hambatan untuk menyuarakan aspirasinya. Di sisi lain, media baru mengubah komunikasi politik yang selama ini cenderung top-down, menjadi bottom up dan decentralized. Pemerintah makin membuka ruang bagi masyarakat lewat program e-government untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Perubahan ini pada akhirnya akan meningkatkan partisipasi politik masyarakat. Partisipasi politik merupakan modal bagi terwujudnya demokrasi yang substantif bagi suatu bangsa.

Media baru memberi kontribusi yang besar bagi demokrasi.

Buku Ajar Ekonomi Manajerial

Mata Kuliah Ekonomi Manajerial merupakan mata kuliah yang mempelajari pengetahuan tentang konsep dasar dan ketetapan-ketetapan dalam proses pengambilan keputusan manajerial. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang memadukan pengetahuan mengenai teori ekonomi mikro, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen resiko dan mata kuliah analisis pengambilan keputusan. Buku Ajar Ekonomi Manajerial ini disusun dalam upaya mempermudah dalam proses pembelajaran perkuliahan, Buku ini menampilkan pembahasan yang sekiranya memang diperlukan dan bisa terselesaikan selama satu semester perkuliahan tanpa mengubah maksud dan subtansi pada kajian ekonomi manajerial. Pembahasan materi pada tiap bagian atau bab dalam buku ini disajikan secara singkat dan jelas, langsung pada pokok-pokok bahasan dengan didukung dengan contoh-contoh permasalahan dan cara penyelesaiannya, latihan-latihan yang harus dikerjakan mahasiswa pada akhir bab, juga menampilkan tabel, grafik dan gambar pendukung yang mudah untuk dipahami disertai dengan penjelasan-penjelasan yang diperlukan Buku Ajar Ekonomi Manajerial ini dimulai dari pembahasan mengenai Konsep Dasar dan Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial, kemudian dilanjutkan dengan bahasan mengenai Optimasi Ekonomi, Teori Permintaan dan Penawaran, Estimasi Permintaan Pasar, Teori Perilaku Konsumen, Teori Produksi dan Analisis Biaya Produksi, Pengambilan Keputusan dalam Resiko dan Ketidakpastian, Struktur Pasar, dan pada bab terakhir menyajikan bahasan Pengambilan Keputusan Investasi.

Buku Buku ajar ekonomi manajerial ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.