Sebanyak 1752 item atau buku ditemukan

PSIKOLOGI PENDIDIKAN (Konsep Dasar, Teori, dan Implikasinya dalam Pembelajaran)

Buku ini masih bersifat global, mengungkap masalah-masalah seputar tentang pengertian; aspek-aspek perkembangan; psikologi pendidikan dalam kearifan lokal; memahami konsep dasar belajar; teori-teori belajar; faktor-faktor yang memengaruhi belajar; masalah kesulitan belajar; lupa dan transfer belajar; pembawaan dan lingku- ngan; motivasi belajar, kemampuan dan inteligensi; gaya belajar dan gaya kognitif dalam pembelajaran; serta konsep dasar evaluasi pembelajaran.

Buku ini masih bersifat global, mengungkap masalah-masalah seputar tentang pengertian; aspek-aspek perkembangan; psikologi pendidikan dalam kearifan lokal; memahami konsep dasar belajar; teori-teori belajar; faktor-faktor yang memengaruhi ...

Psikologi Pendidikan Sekolah Dasar (Sd)

Pengertian Psikologi Pendidikan, Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan, Intelegensi dan Perkembangan Anak, Pendidikan Karakter, Belajar dan Pembelajaran, Kreativitas dalam Psikologi Pendidikan, Kepribadian Guru, Pengajaran terhadap Anak Sekolah Dasar, Pengembangan Ruang Kelas Berkarakter, Masalah dan Kesulitan dalam Belajar, Peran Motivasi dan Evaluasi Belajar , Perkembangan Kemandirian Belajar Anak Usia SD, Pengembangan Bakat dan Minat dan Bimbingan dan Konseling

Pengertian Psikologi Pendidikan, Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan, Intelegensi dan Perkembangan Anak, Pendidikan Karakter, Belajar dan Pembelajaran, Kreativitas dalam Psikologi Pendidikan, Kepribadian Guru, Pengajaran terhadap Anak ...

Psikologi Pendidikan

Psikologi pendidikan merupakan cabang dari ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Studi mengenai proses pembelajaran, baik dari sudut pandang kognitif maupun perilaku. Serta memahami perbedaan individu dalam hal intelegensi, perkembangan kognitif, afektif, motivasi, regulasi diri, konsep diri, serta peranannya dalam proses belajar. Psikologi pendidikan merupakan sumbangsih dari ilmu pengetahuan psikologi terhadap dunia pendidikan dalam kegiatan pendidikan pembelajaran, pengembangan kurikulum, proses belajar mengajar, sistem evaluasi, dan layanan konseling merupakan serta beberapa kegiatan utama dalam pendidikan terhadap peserta didik, pendidik, orang tua, masyarakat, dan pemerintah agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara sempurna dan tepat guna. Buku “Psikologi Pendidikan” didalamnya dibahas beberapa bab berikut: 1) Konsep Dasar Psikologi Pendidikan, 2) Sejarah Perkembangan Psikologi Pendidikan, 3) Psikologi Sebagai Landasan Pendidikan, 4) Mekanisme Perilaku Individu, 5) Konsep Neuroscience dan Pengaruhnya Dalam Pendidikan, 6) Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik, 7) Aspek Perkembangan Peserta Didik, 8) Anak Berkebutuhan Khusus, 9) Konsep Pembelajaran Inklusi, 10) Kenakalan Remaja, 11) Perbedaan Individual Dan Faktor Yang Mempengaruhinya, 12) Lingkungan Belajar Dan Faktor-Faktor Non Intelektual Siswa, 13) Konsep Dasar Diagnostik Kesulitan Belajar Dan Menerapkannya. Terbitnya buku ini dapat memberikan tambahan wawasan kepada praktisi, mahasiswa, guru bahkan orang tua dalam memahami pengajaran dan pembelajaran setiap individu dari segi psikologi.

Psikologi pendidikan merupakan cabang dari ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan.

Bunga Rampai Kajian Islam dan Psikologi Pendidikan

Buku ini membahas tulisan-tulisan penelitian yang mencakup banyak topik dalam Kajian Islam dan Psikologi khususnya Psikologi Pendidikan. Berbagai aspek dirangkai menjadi satu kesatuan yang padu mulai dari faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa pada anak-anak yang disajikan oleh Achmad Basari melalui penelitian yang dilakukan oleh Mona Elrabie Ahmed dan koleganya di Mesir, bahwa diantaranya adalah faktor biologis dan faktor lingkungan berpengaruh dalam perkembangan bahasa. Ai Nurhasanah menyajikan tulisan dari studi literatur yang dilakukan oleh Muhammad Barid dan koleganya mengenai komparasi pemikiran Ibn Qayim Al-Jauziyah dan Imam Al-Ghazali terkait pendidikan moral. Imam al-Ghazali mengungkapkan bahwa akhlak itu harus menetap dalam jiwa dan tercermin pada perbuatan yang muncul secara spontan. Sementara Ibn Qayyim menekankan bahwa akhlak merupakan semua perilaku yang baik yang ditimbang berdasarkan Al-Qur’an dan as-Sunnah. Anggun Wulandari menyajikan tulisan milik Mohammad Allibaih mengenai teori Horward Gardner yakni bingkai kecerdasan dengan hubungannya terhadap Al-Qur’an. Allibaih menggunakan metode pemetaan Al-Qur’an, peta konsep dan peta pikiran yang menyajikan teks Al-Qur’an dwibahasa untuk dapat mengkaji teori Gardner tersebut. Fila Fauzan menyajikan tulisan mengenai permasalahan seputar perbedaan gender dan usia dalam menentukan kepuasan hidup di masyarakat dengan segregasi jenis kelamin di Qatar yang dilakukan oleh Asma Al-Attiyah dan koleganya, bahwa meskipun tidak terdapat signifikansi antara usia dengan kebahagiaan namun masa remaja masih merupakan periode perkembangan bagi remaja yang mana perubahan mengenai kepuasan hidup terjadi. Hana Naufanita menyajikan tulisan dengan topik mengenai keberbakatan, kita akan melihat bagaimana keberbakatan dikontekstualisasikan dari kacamata Islam dalam sistem pendidikan anak berbakat di Arab Saudi oleh penelitian yang dilakukan Nasser M. Almutairi dan koleganya. Nazlatan Ukhra Kasuba menyajikan tulisan Jamil Abdul Aziz mengenai Self Regulated Learning pada Al-Qur’an. Self Regulated Learning merupakan salah satu topik penting di dalam Psikologi Pendidikan yang menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dalam tulisan mengenai topik ini dijelaskan bahwa di dalam Al-Qur’an, Self Regulated Learning dapat ditemukan berdasarkan kisah para Nabi dan Rasul, serta bagaimana Self Regulated Learning dapat dikembangkan di dalam diri individu melalui pemahaman di dalam Al-Qur’an. Ulfanie Wiyatama menyajikan tulisan mengenai proses memori di dalam penelitian yang dilakukan oleh Mariam Adawiah Dzulkifli dan koleganya. Proses memori yang lebih dalam dipelajari dari huffaz yakni para penghafal Al-Qur’an yang dapat dikatakan memiliki kemampuan mengingat yang sangat baik. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan Al huffaz dapat memiliki kemampuan menghafal dan mengingat yang baik adalah dengan latihan, motivasi, dan disiplin diri.

Buku ini membahas tulisan-tulisan penelitian yang mencakup banyak topik dalam Kajian Islam dan Psikologi khususnya Psikologi Pendidikan.

Psikologi Pendidikan : Perspektif Barat & Islam

Psikologi Pendidikan: Perspektif Barat dan Islam berisikan tentang cara mendidik anak khususnya pada usia produktif saat anak berada di bangku sekolah dari pandangan tokoh-tokoh psikologi Barat maupun tokoh-tokoh Psikologi Islam. Pendekatan melalui sisi pandang Psikologi Islam membuat buku psikologi pendidikan ini berbeda dengan buku psikologi pendidikan pada umumnya.

Psikologi Pendidikan: Perspektif Barat dan Islam berisikan tentang cara mendidik anak khususnya pada usia produktif saat anak berada di bangku sekolah dari pandangan tokoh-tokoh psikologi Barat maupun tokoh-tokoh Psikologi Islam.

Pengantar Ilmu Ekonomi

Kehadiran Buku Pengantar Ilmu Ekonomi ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun masih jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat menjadi referensi atau bahan bacaan dalam menambah khasanah keilmuan khususnya mengenai Pengantar Ilmu Ekonomi. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam empat belas bab yang memuat tentang Konsep Dasar Ekonomi Mikro, Konsep Dasar Ekonomi Makro, Pasar Faktor Produksi, Pasar Oligopoli, Teori Permintaan dan Penawaran, Inflasi, Utilitas, Memaksimumkan Laba, Kebijakan Pemerintah, Kebijakan Ekonomi, Kebijakan Fiskal, Kebijakan Moneter, Mengukur Pendapatan Nasional, dan bab terakhir yaitu Perdagangan Internasional.

Kehadiran Buku Pengantar Ilmu Ekonomi ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi.

Pengantar Ilmu Ekonomi (Suatu Tinjauan Teoretis)

Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai ilmu ekonomi, baik konsep, teori maupun implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Kehadiran buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu dan pengetahuan kepada para pembaca khususnya terkait dengan ilmu ekonomi. Manusia sebagai makhluk ekonomi senantiasa berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, mempertimbangkan pengorbanan, dan manfaat dari tindakan yang dilakukan. Dengan demikian, memahami ilmu ekonomi sangat penting bagi manusia. Ilmu ekonomi adalah bagian ilmu sosial yang mempelajari perilaku manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan. Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas dua puluh bab, dan diberi judul Pengantar Ilmu Ekonomi (Suatu Tinjauan Teoretis). Dalam penyusunan buku ini, tentunya masih terdapat banyak kekurangan, seperti kata pepatah tak ada gading yang tak retak, sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Sang Pencipta. Oleh sebab itu, kami sangat mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya.

Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas dua puluh bab, dan diberi judul Pengantar Ilmu Ekonomi (Suatu Tinjauan Teoretis).

Pengantar Ilmu Ekonomi

Buku ini menguraikan “Pengantar Ilmu Ekonomi” secara komprehensif yang terdiri atas 12 bab, yaitu : 1) Ekonomi sebagai ilmu social, 2) Gambaran tentang perekonomian Indonesia, 3) Permintaan (demand), 4) Penawaran (supply), 5) Elastisitas permintaan dan penawaran, 6) Konsumen, produsen, dan efisiensi pasar, 7) Hubungan antara biaya dan pajak, 8) Biaya produksi, 9) Pasar persaingan sempurna, 10) Pasar monopoly, 11) Monopolistic competition, 12) Pasar oligopoly.

Buku ini menguraikan “Pengantar Ilmu Ekonomi” secara komprehensif yang terdiri atas 12 bab, yaitu : 1) Ekonomi sebagai ilmu social, 2) Gambaran tentang perekonomian Indonesia, 3) Permintaan (demand), 4) Penawaran (supply), 5) ...

PENGANTAR ILMU EKONOMI

Ilmu ekonomi adalah ilmu tentang perilaku, etika, dan moral yang tidak bisa dipisahkan dari disiplin ilmu lainnya. Ilmu ekonomi memberikan pelajaran tentang nilai-nilai yang harus ditaati oleh manusia dalam melakukan interaksi ekonomi. Karenanya, aktivitas ekonomi tidak bisa dilepaskan dari nilai-nilai sosial, budaya, politik, lingkungan, dan keberlangsungan generasi di masa yang akan datang. Sistem ekonomi menghendaki terpenuhinya kebutuhan semua orang, pembagian pendapatan dan kekayaan yang adil, serta pemberian kesempatan kerja sehingga setiap individu mendapatkan haknya sesuai dengan kontribusinya masingmasing. Prinsip syariah mencegah terjadinya eksploitasi individu oleh individu lain atau eksploitasi sumberdaya alam. Karakteristik unik dari ekonomi syariah salah satunya adalah menyeimbangkan ekonomi dari aspek dunia dan akhirat. Kehidupan sosial ekonomi Islam, termasuk investasi tidak dapat dilepaskan dari prinsip-prinsip syariah. Investasi syariah adalah investasi yang didasarkan atas prinsip-prinsip syariah, baik investasi pada sektor riil maupun sektor keuangan. Prinsip ekonomi syariah mengajarkan investasi yang menguntungkan semua pihak (win win solution) dan melarang manusia melakukan investasi zero sum game atau win lose.

Ilmu ekonomi adalah ilmu tentang perilaku, etika, dan moral yang tidak bisa dipisahkan dari disiplin ilmu lainnya.

PENGANTAR EKONOMI MIKRO (TEORI DAN PRAKTIS)

Oikos dan Nomos, tidak banyak yang mengetahui bahwa dua kata tersebut adalah asal dari kata Ekonomi. Secara harfiah gabungan dua kata tersebut dapat diartikan sebagai “manajemen rumah tangga”. Di mana suatu rumah tangga harus mampu mengatur segala sumber daya yang dimiliki untuk mencukupi kebutuhan dengan berbagai kondisi dan strategi yang akan digunakan. Perkembangan ilmu ekonomi semakin kompleks dan pesat dewasa ini. Berbagai teori ekonomi bermunculan dan salah satunya dikenal dengan Ilmu Ekonomi Mikro. Ekonomi mikro fokus mempelajari segala hal yang menjadikan keputusan individu, baik pada skala rumah tangga, perusahaan, pemerintahan, maupun produsen, agar mengalokasikan sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan. Ruang lingkup ilmu ekonomi mikro adalah untuk melihat perputaran ekonomi secara khusus dan spesifik dengan pembahasan seputar teori harga, produksi dan distribusi. Buku Pengantar Ekonomi Mikro “Teori dan Praktis” ini berisikan tentang teori, konsep dan perkembangan ekonomi, permintaan dan penawaran, produksi dan biaya, perilaku konsumen dan produsen, elastisitas, pasar, hingga studi kebijakan ekonomi. Kumpulan penulis yang merupakan praktisi akademisi ingin membuka cakrawala keilmuan pembaca pada bidang Ekonomi Mikro. Berbagai manfaat bisa didapatkan setelah memahami buku ini, diantaranya merumuskan kebijakan ekonomi; peramalan bisnis; manajemen & risiko; perilaku konsumen; pengaturan arus produk; kebijakan produksi; dan pengalokasian dana konsumen. Oleh karena itu, buku ini sangat cocok dimiliki bagi Anda sebagai pelaku bisnis, pemerintah, akademisi, pelajar, maupun rumah tangga masyarakat.

Oikos dan Nomos, tidak banyak yang mengetahui bahwa dua kata tersebut adalah asal dari kata Ekonomi.