Sebanyak 10138 item atau buku ditemukan

Pengenalan Lapangan Persekolahan

Buku ini disusun sebagai panduan bagi praktisi pendidikan, khususnya mahasiswa sebagai calon guru. Pembahasan dalam buku ini meliputi: hakikat pengenalan lapangan persekolahan, tujuan, landasan penyelenggaraan, indikator capaian, prinsip dan sistem pelaksanaan, serta evaluasinya. Buku ini juga dilengkapi dengan pembahasan mengenai program kurikulum Merdeka sehingga diharapkan terjadi kesesuaian dengan sekolah mitra yang melaksanakan kurikulum merdeka.

Pembahasan dalam buku ini meliputi: hakikat pengenalan lapangan persekolahan, tujuan, landasan penyelenggaraan, indikator capaian, prinsip dan sistem pelaksanaan, serta evaluasinya.

BUKU PANDUAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN Jilid 1

Buku pedoman ini disusun sebagai pedoman dalam penyelenggaraan Mata Kuliah Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP I). Mata Kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan I (PLP I) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang dilaksanakan dalam bentuk pendidikan, penelitian dan pemagangan. PLP Ini bertujuan untuk memperkuat jati diri calon pendidik dan membentuk kesiapan calon pendidik. Kegiatan yang dilaksanakan oleh calon pendidik pada PLP Ini lebih banyak dilakukan melalui pengamatan atau observasi untuk mempelajari aspek-aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di Sekolah Mitra.

Mata Kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan I (PLP I) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang dilaksanakan dalam bentuk pendidikan, penelitian dan pemagangan. PLP Ini bertujuan untuk memperkuat jati diri calon pendidik dan ...

MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK ENERGI ALTERNATIF UNTUK KELAS IV SD/MI

Modul ini disusun untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dengan kualifikasi merangkum semua materi Energi Alternatif Kelas 4 SD/MI, dengan judul "Modul Pembelajaran Tematik: Energi Alternatif". Teknik penyajiannya dilakukan secara terpadu, hal ini dilakukan untuk menghindari pengulangan sebuah topik hanya karena penyajian yang disajikan tidak sistematik. Seperti layaknya sebuah modul, maka pembahasan dimulai dengan menjelaskan tujuan yang hendak dicapai dan disertai dengan soal yang mengukur tingkat penguasaan materi pada setiap topik yang dibahas. Dengan demikian penggunaan modul ini secara mandiri dapat mengukur atau mengevaluasi tingkat ketuntasan yang dicapai.

Modul ini disusun untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dengan kualifikasi merangkum semua materi Energi Alternatif Kelas 4 SD/MI, dengan judul "Modul Pembelajaran Tematik: Energi Alternatif".

Pengembangan Pembelajaran IPS di SD

Proses pembelajaran pendidikan IPS di jenjang persekolahan selama ini, sebagian besar, masih bersifat konvensional, belum banyak yang melakukan pembelajaran dengan menerapkan model-model pembelajaran yang bersifat kontekstual. Model pembelajaran kontekstual ditandai dengan adanya orientasi pada kebutuhan dan minat anak, memperhatikan masalah-masalah sosial, lebih mengedepankan keterampilan berpikir dari pada ingatan atau hafalan, keterampilan inkuiri atau menyelidiki, meneliti dan menyelesaikan masalah, pembelajaran kooperatif, serta pembelajaran yang berbasis pemanfaatan lingkungan alam sekitar atau sains teknologi dan masyarakat. Guru masih banyak menggunakan model pembelajaran konvensional, kurang mengikutsertakan peserta didik dalam proses pembelajaran. Guru tidak mengembangkan berbagai pendekatan modern yang mampu mengembangkan wawasan berpikir dan penyelesaian masalah yang memungkinkan peserta didik dapat belajar lebih aktif, giat, dan menyenangkan. Atas dasar itulah penulis dalam buku ini berusaha menyajikan model-model pembelajaran IPS di Sekolah Dasar yang dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan bagi para guru, mulai dari model pembelajaran simulasi, pendekatan berbasis masalah, model pembelajaran kooperatif, pendekatan pembelajaran kontekstual, model inkuiri, sampai model pembelajaran terpadu. Semuanya disajikan secara detail berikut contoh dan implementasinya. Oleh karena itu, buku ini sangat penting dan bermanfaat bagi para guru, mahasiswa, serta para pemerhati dan praktisi pendidikan, terutama pendidikan di jenjang Sekolah Dasar. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Proses pembelajaran pendidikan IPS di jenjang persekolahan selama ini, sebagian besar, masih bersifat konvensional, belum banyak yang melakukan pembelajaran dengan menerapkan model-model pembelajaran yang bersifat kontekstual.

Komunikasi Pendidikan

Buku ini membahas tentang hubungan antara manusia dengan komunikasi, komunikasi pendidikan, komunikasi dalam organisasi pendidikan, komunikasi guru dan peserta didik, komunikasi internal sekolah, komunikasi sekolah dan masyarakat, komunikasi sekolah dengan pemerintah, pembelajaran berbasis teknologi informasi, komunikasi tertulis, serta komunikasi dan kepemimpinan.

Buku ini membahas tentang hubungan antara manusia dengan komunikasi, komunikasi pendidikan, komunikasi dalam organisasi pendidikan, komunikasi guru dan peserta didik, komunikasi internal sekolah, komunikasi sekolah dan masyarakat, ...

Buku Ajar Komunikasi Pendidikan

Siapa pun kita dan latar belakang profesi yang disandang saat ini, komunikasi menjadi kunci hubungan dengan orang lain. Baik sesama rekan maupun kolega. Jika kita memahami betapa dahsyatnya pengaruh komunikasi yang efektif dalam menggerakkan orang untuk bertindak, sungguh sangat menantang menelusuri faktor-faktor yang perlu dilakukan untuk mendapatkan respons dari lawan bicara. Mencapai kata sepakat antara satu orang yang berbeda pendapat dan satu juta orang yang berbeda pandangan tentu memiliki tingkat kesulitan dan cara pendekatan yang jauh berbeda. Buku ajar ini adalah buku yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan dalam menunjang pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Dalam buku ini mengkaji materi tentang pengetahuan, teori, manfaat dari komunikasi dalam dunia pendidikan.

Siapa pun kita dan latar belakang profesi yang disandang saat ini, komunikasi menjadi kunci hubungan dengan orang lain.

Komunikasi Massa Sebuah Pengantar Manajemen Komunikasi

Manajemen Komunikasi Massa ini mengkaji secara teoretis berbagai proses yang melingkupi media massa. Dari bahasan ini diharapkan kepada mahasiswa dan para politik tidak saja secara lebih cerdas mengklarifikasi dan memahami keberadaan media massa di tengah masyarakat, tetapi juga mengkritisnya. Perkembangan media cetak ditandai dengan muncul media cetak jarak jauh, sedangkan media elektronik antar lain ditandai dengan adanya produksi hight definition televion video yang mampu menyuguhkan gambar-gambar yang sangat tajam sesuai aslinya. Disamping itu revolusi layar monitor telah melahirkan televisi berlayar datar, tipis dan dapat dipajang di diding. Pada komunikasi massa yang paling sederhana dikemukakan oleh Bittner, yakni komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah orang. (Mass communication is messages communicated through a mass medium to a large number of people).

Ciri-ciri komunikasi massa Karakteristik komunikasi massa mempunyai ciri-ciri tersendiri. Menurut Ardianto (2007), karakteristik komunikasi massa adalah sebagai berikut: 1. Komunikasi Terlembagakan Karakteristik komunikasi massa yang ...

Memahami Teori-Teori Komunikasi

Teori Komunikasi seperti halnya teori dalam ilmu sosial lainnya terus berkembang dan bertambah jumlahnya, seiring dengan meningkatnya jumlah penelitian, dan juga perubahan dalam kehidupan masyarakat itu sendiri. Selain itu, karena ilmu komunikasi sangat berkaitan erat dengan ilmu-ilmu lain, terutama dalam ranah ilmu sosial, mahasiswa yang mempelajarinya seringkali kebingungan untuk membedakan apakah sebuah teori masuk ranah teori komunikasi atau bukan. Jumlah teori yang terus bertambah juga membingungkan mahasiswa untuk menerapkan teori-teori tersebut karena seringkali mempelajari teori tersebut dengan melepaskan dari teori induk atau pemikiran yang melandasi teori tersebut sebelumnya. Penyusunan buku Memahami Teori-Teori Komunikasi ini dilandasi akan kebutuhan dosen Ilmu Komunikasi untuk memperkenalkan teori-teori yang ada di dalam ranah ilmu komunikasi tanpa harus menyajikan seluruh teori yang sudah ada, melainkan hanya menyajikan teori-teori ‘induk’ yang diperlukan mahasiswa untuk memahami ilmu komunikasi itu sendiri. Oleh karena itu, buku ini tidak menyajikan seluruh teori yang ada dalam ranah ilmu komunikasi dengan beberapa alasan, pertama karena jumlah teori yang begitu banyak, kedua pada umumnya jumlah pertemuan di kelas yang terbatas sehingga tidak memungkinkan bagi seorang dosen untuk membahas seluruh teori komunikasi yang ada, dan ketiga karena menyesuaikan dengan kurikulum yang telah disusun untuk kepentingan perkuliahan di tingkat Strata 1 yang lebih bertujuan untuk memperkenalkan ketimbang pendalaman. Pendalaman masing-masing teori sendiri, akan bisa ditemukan dalam mata kuliah yang lain yang lebih spesifik sesuai dengan kurikulum masing-masing penyelenggara pendidikan.

Penyusunan buku Memahami Teori-Teori Komunikasi ini dilandasi akan kebutuhan dosen Ilmu Komunikasi untuk memperkenalkan teori-teori yang ada di dalam ranah ilmu komunikasi tanpa harus menyajikan seluruh teori yang sudah ada, melainkan hanya ...

Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat

Perkembangan zaman yang semakin pesat menjadikan perubahan di masyarakat, bukan hanya sandang pangannya, tapi juga komunikasi dengan sesama. Baik itu individu dengan individu, individu dengan komunitas, atau komunitas dengan komunitas. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengharuskan teori komunikasi mengikuti media dan teknologi yang ada, tujuannya agar bisa mewadahi dan sejalan dengan perubahan yang ada. Komunikasi massa adalah proses penyusunan sebuah pesan oleh seorang atau sekelompok orang atau organisasi yang besar lalu mengirimkannya melalui berbagai media kepada khalayak luas. Kehadiran media komunikasi modern sebagai dampak makin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi cenderung mengubah masyarakat dan mengaburkan batasan antara komunikasi antar pribadi atau komunikasi interpersonal tradisional dan komunikasi massa. Buku berjudul Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat ini terbagi menjadi 4 Bagian: Pengaruh Media Massa dalam Lingkup Masyarakat, Media Massa Dalam Teknologi dan Peradaban, Tingkah Laku Masyarakat dalam Bersosialisasi. Buku ini adalah kumpulan tulisan dari Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Ilmu Komunikasi.

Buku berjudul Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat ini terbagi menjadi 4 Bagian: Pengaruh Media Massa dalam Lingkup Masyarakat, Media Massa Dalam Teknologi dan Peradaban, Tingkah Laku Masyarakat dalam Bersosialisasi.

Komunikasi Dan Interaksi Sosial Anak

Buku ini memberikan pemahaman kepada pembaca tentang metode, model dan pendekatan komunikasi dan interaksi kepada anak. Anak merupakan manusia yang masih selalu perlu bimbingan orang tua, guru atau pun orang. Komunikasi yang baik antara orang tua dan anak, guru dan anak akan berdampak besar terhadap proses tumbuh kembang anak. Kemampuan orang dewasa dalam memahami tingkah laku anak merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui. Karena stiap manusia pada akhirnya akan menjadi orang tua bagi anaknya dan anak-anak disekitarnya.

Buku ini memberikan pemahaman kepada pembaca tentang metode, model dan pendekatan komunikasi dan interaksi kepada anak.