Sebanyak 140 item atau buku ditemukan

Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur'an

Buku ini merupakan kontribusi pengarang untuk menyajikan titik-titik dalam Al-Quran yang memuat konsep dan pandangan Islam tentang pendidikan. Rentang pembahasan dalam buku ini mencakup dua bagian penting: pertama, berbagai hal yang berkaitan dengan sistem pendidikan; dan yang kedua, berbagai hal yang menjadi rangka bangun sistem pendidikan itu sendiri. Untuk bagian pertama, tema inti yang diperbincangkan adalah: visi, misi, dan tujuan pendidikan Islam; manajemen pendidikan, dana, dan lingkungan yang berkaitan dengan pendidikan. Adapun untuk bagian yang kedua, tema inti yang dipaparkan secara perinci adalah dasar, guru, kurikulum, dan proses belajar mengajar. Karena itu, bagi mereka yang bergelut di dunia pendidikan Islam, buku ini penting untuk semakin memahami betapa kaya perspektif pendidikan dalam Al-Quran, sedangkan bagi mereka yang selama ini bergetut dengan konsep pendidikan umum, maka buku ini dapat menjadi gerbang untuk melihat konsep berbeda yang disajikan oleh Al-Quran—kitab suci dan rujukan utama umat Islam—tentang pendidikan. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

Henry Bergson misalnya, mengatakan bahwa mungkin saja terdapat satu kelompok manusia yang tidak memiliki sains, seni, atau filsafat, tetapi tidak mungkin ada kelompok manusia yang tidak memiliki agama.3 Selanjutnya Erich Fromm ...

Pendidikan Islam di Indonesia

Historis dan Eksistensinya

Sejarah Pendidikan_Islam di Indonesia telah dimulai sejak masuknya Islam ke Nusantara, para pedagang yang merangkap sebagai mubaligh dan pendidik; ketika itu telah memperkenalkan ajaran Islam kepada masyarakat pribumi. Pendidikan awal itu belum memiliki sarana dan fasilitas, belum ada jadwal dan materi tertentu, lebih banyak dalam bentuk pergaulan antara mubaligh/pendidik dan masyarakat sekitar. Setelah masyarakat Muslim terbentuk, mulailah dibangun masjid sebagai tempat ibadah dan pendidikan. Dengan demikian, tumbuhlah lembaga pendidikan awal yakni masjid. Di masjid dilaksanakan aktivitas ibadah shalat dan juga pendidikan Islam, memperkenalkan akidah dan ibadah serta belajar membaca Al-Qur’an. Oleh karena semakin banyaknya peserta didik, sesuai arus dinamika perkembangan Islam, mulailah dibutuhkan lembaga pendidikan di luar masjid. Maka, tumbuhlah lembaga pendidikan pesantren, menasah, rangkang, dayah, dan surau. Lembaga pendidikan ini berkembang karena dukungan masyarakat dan kerajaan Islam kala itu. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Ketetapan MPRSini diikuti dengan lahirnya peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 23 Oktober 1967, di mana ditetapkan bahwa Kelas I dan II sekolah dasar diberikan mata pelajaran agama 2 jam per ...

Psikologi Agama

Psikologi agama merupakan suatu komponen penting yang harus dipahami dan diketahui oleh pendidik di sekolah/madrasah. Pemahaman para pendidik yang benar terhadap psikologi agama akan memberikan motivasi dan menuntun para pendidik untuk mengetahui tingkat keberagamaan peserta didik, juga sebagai pedoman dalam memberikan ilmu pengetahuan agama bagi peserta didik. Mengingat hal di atas, maka buku ini dimaksudkan sebagai bahan referensi yang akan mengantarkan pemahaman pendidik dan peserta didik dalam keilmuan psikologi agama. Buku ini membahas berbagai bahan informasi dan pengetahuan terkait teori dan keilmuan psikologi agama sebagai suatu disiplin keilmuan. Di dalamnya tersaji empat belas bab secara keseluruhan, di antaranya: dimensi-dimensi kemanusiaan, perkembangan psikologi agama, faktor-faktor yang memengaruhi keberagamaan, pertumbuhan agama pada anak-anak, remaja, dewasa, dan manula. Ditulis dalam bahasa Indonesia yang mudah untuk dicerna namun tetap memiliki kaidah-kaidah ilmiah. Beberapa kutipan di dalamnya, penulis cantumkan untuk memudahkan mahasiswa yang menulis skripsi, tesis, dan mungkin juga disertasi mencari bahan rujukan. Buku ini ditulis dengan harapan dapat membuka wawasan, pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap, terutama bagi calon pendidik, konselor di sekolah dan madrasah yang membutuhkan berbagai bahan dan informasi berkenaan dengan teori dan konsep psikologi agama, serta bagi para mahasiswa dan pembaca pada umumnya. Pada akhirnya, agaknya sebuah keharusan, tidak hanya bagi penulis bahkan juga bagi para pakar dan praktisi pendidikan, terutama konselor Islam, untuk mulai memperbincangkan hal ihwal keilmuan psikologi agama dalam nuansa pendidikan Islam. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #Kencana #PrenadaMedia

Dari pernyataan di atas, dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain atau sekelompok orang secara sistematis dan berkesinambungan baik pada pendidikan formal maupun informal.

Psikologi Umum Dasar

Tema-tema yang dipelajari dalam psikologi sebenarnya merupakan tema-tema yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, tes psikologi, perasaan traumatik akibat peristiwa masa lalu, kehilangan motivasi, proses berpikir, pola asuh, tingkatan kesadaran, mimpi, konsep diri, kecerdasan, gangguan kejiwaan, dan isu-isu kesehatan mental pada umumnya. Buku Psikologi Umum Dasar ini disusun untuk memberikan dasar-dasar pemahaman yang tepat tentang psikologi. Buku ini terdiri dari beberapa bab, mulai dari selayang pandang tentang psikologi (pengertian, psikologi sebagai ilmu pengetahuan, manfaat mempelajari psikologi); penjelasan tentang mazhab dan cabang dari psikologi; pembahasan tentang kepribadian (definisi kepribadian dan berbagai tipologi kepribadian serta cara mengetahui kepribadian); abnormalitas kejiwaan beserta psikoterapinya; pertumbuhan dan perkembangan manusia dari prenatal sampai dengan lanjut usia; serta proses berpikir dan kecerdasan. Isinya yang komprehensif menjadikan buku ini mesti dimiliki dan dibaca oleh mahasiswa psikologi dan semua pihak yang ingin mengenal psikologi secara lebih luas. Buku persembahan penerbit PrenadaMediGroup #Kencana #PrenadaMedia

Keenam, meningkatkan kualitas perkembangan manusia dan pendidikan. Salah satu cabang psikologi adalah psikologi pendidikan, yaitu cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari dinamika kejiwaan dan proses mental manusia dalam konteks dan ...

Pendidikan Karakter

Landasan, Pilar & Implementasi

Membahas berbagai konsep, teori, dan landasan utama upaya pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa; buku ini antara lain berisi: (1) Hakikat pendidikan karakter; (2) Landasan psikologis, moral, etika, dan agama pendidikan karakter; (3) Mengolah pikir, rasa, hati, dan raga sebagai pilar pendidikan karakter; (4) Pilar-pilar pendidikan karakter menurut character counts; (5) Pilar-pilar pendidikan karakter dan budaya bangsa Indonesia; (6) Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa melalui transdisiplinaritas; (7) Strategi pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan karakter; (8) Urgensi keteladanan guru dalam membentuk karakter anak bangsa; (9) Menumbuhkan karakter melalui akulturasi minat baca anak; (10) Pengembangan intelektual manusia sebagai pencerminan pembentukan karakter; (11) Memahami hak dan perlindungan anak dalam masyarakat multikultural sebagai upaya pembangunan karakter bangsa; serta (12) Character education values that work in Islamic senior high school setting. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

Landasan Pendidikan Karakter kapasitas bawaan (inner capacity) manusia yang perlu diaktualisasikan melalui ranah pendidikan. Artinya, hanya dengan pendidikanlah seluruh potensi yang dimiliki manusia berkembang sehingga menjadi manusia ...

Pendidikan Karakter

Konsep dan implementasinya

Pentingnya pendidikan karakter telah menjadi kesadaran masyarakat luas, akan tetapi, pelaksanaannya kerap kali mengalami hambatan yang disebabkan keterbatasan berbagai keterampilan dan kemampuan satuan pendidikan yang menerapkannya. Di samping itu, tingkat pemahaman satuan pendidikan yang beragam juga menjadi hambatan yang tak terhindarkan. Permasalahan di atas, serta pengalaman bertahun-tahun menjadi pendidik, mendorong penulis menyajikan sebuah analisis tajam yang membongkar akar permasalahan serta menawarkan solusi alternatif dalam pengembangan program pendidikan karakter pada satuan pendidikan. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya tidak hanya menelaah pendapat beberapa ahli yang didasarkan pada kebijakan pemerintah dalam pembangunan dan pengembangan pendidikan di Indonesia. Poin yang sangat menarik lainnya adalah tawaran penulis mengenai peer group model (keteladanan teman sebaya) dalam rangka membangun keteladanan di lingkungan sekolah. Di tengah urgensi membangun dan membenahi pendidikan karakter di satuan pendidikan, buku ini kelak dipercaya sebagai satu referensi dan panduan bagi kepala satuan pendidikan, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada satuan pendidikan Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

PAKET KEAHLIAN 18 18 24 24 TOTAL 48 48 48 48 48 48 MATA PELAJARAN SMK/MAK BIDANG KEAHLIAN KESEHATAN MATA PELAJARAN KELAS DAN SEMESTER X XI XII 1 2 1 2 1 2 KELOMPOK A (WAJIB) 1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3 Pendidikan ...

Etika Profesi Hukum

Etika Profesi Hukum adalah salah satu matakuliah wajib di Fakultas Hukum. Profesi hukum adalah profesi yang terhubung dengan semua aspek kehidupan, karena sejak lahir hingga mati, manusia selalu berhubungan dengan hukum. Profesi hukum juga bersentuhan langsung dengan hak dan kewajiban orang lain. Profesi ini yang menentukan kapan hak seseorang dicabut, dan kapan seseorang harus memenuhi kewajibannya. Karena begitu intim dengan kehidupan umat manusia, maka profesi hukum harus dijalankan dengan penuh etika dan moral, sehingga untuk meminimalisasi probabilitas kesalahan, diperlukan kehati-hatian. Untuk menjaga profesi hukum bisa tetap berada di jalur yang mematuhi norma, nilai dan ketentuan hukum yang berlaku, maka ada Kode Etik (Code of Conduct) yang harus ditegakkan terhadap masing-masing profesi hukum tersebut. Buku ini membahas tentang Etika Profesi Hakim, Etika Profesi Jaksa, Etika Profesi Polisi, Etika Profesi Notaris dan Etika Profesi Advokat. Buku ini dapat menjadi pegangan bagi dosen dan seluruh mahasiswa Fakultas Hukum dari semua strata, praktisi hukum, pengamat dan para pegiat hukum. Buku persembahan penerbit PrenadaMedia #PrenadaMedia

ETIKA PROFESI HUKUM tika Profesi Hukum adalah salah satu matakuliah wajib di Fakultas Hukum . Profesi hukum adalah profesi yang terhubung dengan semua aspek kehidupan , karena sejak lahir hingga mati , manusia selalu berhubungan dengan ...

Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Berbasis Pembelajaran Aktif

menulis ilmiah adalah suatu aktivitas produktif yang sangat berkaitan erat dengan dunia akademisi. Seorang yang berjiwa inovatif akan selalu mengembangkan ide dan pemikirannya melalui karya (tulisan). Menulis ilmiah pada dasarnya merupakan bagian dan aktivitas keilmuan secara komprehensif. Tujuan dari menulis ilmiah itu sendiri yaitu untuk memecahkan dan menganalisis sejumlah persoalan berdasarkan kerangka metode penulisan ilmiah. Buku ini memuat bahasan mengenai dasar-dasar menulis ilmiah, hingga implementatif dan praktisinya. Materi yang disajikan dalam buku ini sangat membantu pem-baca, khususnya bagi dosen, mahasiswa, guru, pelajar, ataupun peneliti dalam menerapkan teknik menulis ilmiah. Buku ini memberikan guide line pada pembelajaran aktif. Pembeda buku ini adalah adanya komponen yang disajikan secara sistematis, meli-puti: capaian pembelajaran, kemarnpuan akhir yang diharapkan, indikator, tujuan pembelajaran, peta konsep, materi pembelajaran, rangkuman, tugas, latihan, dan tindak lanjut. Tujuan dari penyajian komponen ini yaitu memu-dahkan pembaca dalam mengembangkan suasana, dialogis, interaktrf, dan menyenangkan. Materi-materi yang disajikan dalam buku ini yaitu: (1) Ragam bahasa ilmiah; (2) Ejaan bahasa Indonesia; (3) Pilihan kata (diksi); (4) Kalimat; (5) Paragraf; (6) Penyusunan karya ilmiah; (7) Teknik menulis esai; (8) Teknik menulis artikel ilmiah; (9) Teknik menulis makalah; (10) Teknik menulis artikel ilmiah; (11) Teknik menulis laporan hasil penelitian; (12) Teknik pengutipan; dan (13) Teknik presentasi ilmiah. Buku persembahan penerbit PrenadaMediagroup

menulis ilmiah adalah suatu aktivitas produktif yang sangat berkaitan erat dengan dunia akademisi.

Terampil Bahasa Indonesia

Untuk Perguruan Tinggi

Buku ini terdiri dari sembilan bab. Pada Bab 1 bertema Hakikat Bahasa, Fungsi Bahasa, dan Sejarah Umum Bahasa indonesia, yang diuraikan menjadi tiga subbab yang terdiri dari Hakikat Bahasa, Fungsi Bahasa, dan Sejarah Umum Bahasa indonesia. Pada Bab 2 bertema Pungtuasi (Penulisan Huruf, Kata, dan Tanda Baca), yang diuraikan menjadi tiga subbab yang terdiri dari Penulisan Huruf, Penulisan Kata, dan Pemakaian Tanda Baca. Pada Bab 3 bertema Kalimat Efektif, yang diuraikan menjadi tiga subbab yang terdiri dari Kalimat Efektif, Persyaratan Kalimat Efektif, dan Kiat Penyusunan Kalimat Efektif. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini terdiri dari sembilan bab.

Analisis Jaringan Media Sosial

Dasar-dasar dan Aplikasi Metode Jaringan Sosial untuk Membedah Percakapan di Media Sosial

Saat ini kehidupan kita tidak mungkin bisa dilepaskan dari media sosial. Media sosial makin berperan, bukan hanya sebagai sumber informasi, tetapi juga sumber dari interaksi dan relasi sosial kita. Bagi penelitian komunikasi, media sosial adalah wilayah penelitian yang kian penting baik saat ini ataupun di masa mendatang. Salah satu metode penelitian media sosial adalah Analisis Jaringan Media Sosial (Social Media Network Analysis /SMNA). Metode ini pada dasarnya adalah penerapan analisis jaringan sosial (atau jaringan komunikasi) untuk menganalisis percakapan di media sosial. Metode ini berusaha menggambarkan bagaimana struktur jaringan, pengelompokan, dan siapa aktor (akun media sosial) yang paling berpengaruh dalam perbincangan suatu isu. Buku ini menjelaskan teori, metode dan proses penelitian analisis jaringan media sosial, mulai dari mengambil data (crawling) hingga analisis data. Buku ini juga dilengkapi dengan studi kasus penelitian dan tutorial 3 perangkat lunak (software) yang banyak digunakan dalam analisis jaringan media sosial, yakni Netlytic, NodeXL dan GEPHI. Buku ini berguna bagi praktisi, pengajar, dan mahasiswa (ilmu komunikasi, politik, sosiologi, kebijakan publik dan ilmu sosial lainnya) yang sedang melakukan penelitian dengan menggunakan data berupa percakapan media sosial. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Salah satu metode penelitian media sosial adalah Analisis Jaringan Media Sosial (Social Media Network Analysis /SMNA).