Sebanyak 41 item atau buku ditemukan

Pendidikan Agama Islam: Berbasis General Education

Pendidikan Agama (Islam) merupakan salah satu instrumen penting yang secara resmi digunakan oleh institusi perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk meng-instal ketauhidan dan akhlaq mulia ke dalam jiwa-jiwa pembaca. Buku ini juga menjadi langkah penting dalam menjaga keseimbangan hidup manusia antara kemampuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dengan Pengamalan Iman dan Ketaqwaan (IMTAQ) kepada Allah Swt. Buku Pendidikan Agama Islam ini terdiri atas empat belas bab, yaitu: Bab 1 Manusia dan Alam Semesta; Bab 2 Dinul Islam; Bab 3 Sumber Dalil Hukum Ajaran Islam; Bab 4 Aqidah Islamiyah; Bab 5 Ibadah dalam Islam; Bab 6 Akhlak Islam; Bab 7 Muamalah dalam Islam; Bab 8 Islam dan Disiplin Ilmu “Sains dan Teknologi dalam Al-Quran; Bab 9 Pakaian, Aurat, dan Pergaulan dalam Islam; Bab 10 Sejarah Peradaban Islam; Bab 11 Bahaya Proxy War; Bab 12 Radikalisme dan Terorisme menurut Islam; Bab 13 Bahaya Zionisme Israel; dan Bab 14 Revolusi Mental dalam Islam.

Pendidikan Agama (Islam) merupakan salah satu instrumen penting yang secara resmi digunakan oleh institusi perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk meng-instal ketauhidan dan akhlaq mulia ke dalam jiwa-jiwa pembaca.

MANAJEMEN STRATEGIK (sebuah kajian dalam Pendidikan Islam)

Buku ini, di samping secara akademis sangat diperlukan, juga sekaligus memberikan arah yang jelas bagaimana operasi ilmu Manajemen Strategis ini diterapkan untuk membangun kemajuan LPI dari aspek manajerial dan leadershipnya. Dengan karya-karya semacam ini, yang tergabung dalam sistem keilmuan program studi MPI, kita dapat berharap secara bertahap stigma terhadap LPI sebagai lembaga pendidikan “yang tahan hidup, banyak masalah, dan tidak maju” itu dapat kita atasi.

Buku ini, di samping secara akademis sangat diperlukan, juga sekaligus memberikan arah yang jelas bagaimana operasi ilmu Manajemen Strategis ini diterapkan untuk membangun kemajuan LPI dari aspek manajerial dan leadershipnya.

Asas-Asas Hukum Pidana

Konsep dasar hukum pidana, sumber hukum pidana dan asas-asas hukum pidana, kesalahan dan pertanggungjawaban pidana, asas hukum pidana, sifat melawan hukum (wederrechtelijkheid), percobaan tindak pidana, penyertaan tindak pidana, pembantuan tindak pidana, hapusnya hak menuntut pidana, penggabungan/perbarengan tindak pidana (concursus-samenloop van stafbare feit), ketentuan terbaru hukum pidana dalam RUU KUHP, restorative justice dalam hukum pidana.

Konsep dasar hukum pidana, sumber hukum pidana dan asas-asas hukum pidana, kesalahan dan pertanggungjawaban pidana, asas hukum pidana, sifat melawan hukum (wederrechtelijkheid), percobaan tindak pidana, penyertaan tindak pidana, pembantuan ...

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Islam memandang pendidikan sebagai nilai kebaikan dan inti dari pendidikan itu sendiri. Nilai yang dimaksud tersebut adalah akhlak, yakni nilai-nilai yang berasal dari ajaran agama Islam yang bersumberkan Al-Qur’an dan Hadis. Buku ini menjelaskan tentang nilai dalam ajaran agama Islam yang berperan penting dalam upaya mewujudkan manusia yang utuh atau insan kamil. Tantangan pendidikan Islam saat ini, khususnya di negara Indonesia adalah terletak pada kesulitan mengimplementasikan nilai-nilai agama Islam kepada peserta didik secara utuh dan kaffah yang tidak saja menguasai pengetahuan, tetapi mempunyai kualitas iman dan akhlak mulia, karena tujuan dari pendidikan agama Islam adalah membentuk manusia yang mempunyai kepribadian yang seimbang antara dunia dan akhirat.

Tantangan pendidikan Islam saat ini, khususnya di negara Indonesia adalah terletak pada kesulitan mengimplementasikan nilai-nilai agama Islam kepada peserta didik secara utuh dan kaffah yang tidak saja menguasai pengetahuan, tetapi ...

Metodologi Penelitian Farmasi

Buku ini diharapkan dapat hadir dan memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan “Metodologi Penelitian Farmasi”, buku ini memberikan nuansa berbeda yang saling menyempurnakan dari setiap pembahasannya, bukan hanya dari segi konsep yang tertuang dengan detail, melainkan contoh yang sesuai dan mudah dipahami terkait metodologi penelitian farmasi. Sistematika buku ini dengan judul “Metodologi Penelitian Farmasi”, mengacu pada konsep dan pembahasan hal yang terkait. Buku ini terdiri atas 15 bab yang dijelaskan secara rinci dalam pembahasan antara lain mengenai: Lingkup dan Masalah Penelitian Farmasi; Peran Apoteker dalam Penelitian; Urgensi Etika dan Publikasi Ilmiah dalam Penelitian Farmasi; Konsep Metodologi Penelitian; Jenis-Jenis Penelitian; Desain Penelitian; Tahap Awal Penelitian : Strategi dan Cara Mendapatkan, Mengidentifikasi, Serta Merumuskan Masalah dalam Penelitian; Strategi Mendapatkan Sumber dan Kriteria Literatur (Literature Review) yang Tepat Untuk Suatu Penelitian; Populasi dan Sampel; Subjek, Objek Penelitian dan Mengenali Macam-Macam Variabel dalam Penelitian; Teknik Membuat Suatu Hipotesis dari Rumusan Masalah Penelitian dan Pengujiannya; Cara Memilih Instrumen Penelitian dan Melakukan Sampling (Teknik Sampling); Pengumpulan Data, Pengolahan Data dan Menginterpretasikan Hasilnya; Standar Umum, Teknik Penulisandan Isi Proposal penelitian; Tata Cara Pembuatan Laporan dan Teknik Penulisan Laporan Hasil Penelitian.

Buku ini diharapkan dapat hadir dan memberi kontribusi positif dalam ilmu pengetahuan khususnya terkait dengan “Metodologi Penelitian Farmasi”, buku ini memberikan nuansa berbeda yang saling menyempurnakan dari setiap pembahasannya, ...

Metodologi Penelitian Akuntansi

Jenis-Jenis Metodologi Penelitian, Langkah-Langkah Metodologi Penelitian, Identifikasi Masalah, Menyusun Landasan Teori, Menentukan Variable Penelitian, Instrumen Penelitian, Populasi Dan Sampel

Jenis-Jenis Metodologi Penelitian, Langkah-Langkah Metodologi Penelitian, Identifikasi Masalah, Menyusun Landasan Teori, Menentukan Variable Penelitian, Instrumen Penelitian, Populasi Dan Sampel

Pendidikan Karakter Di Era Milenial

Pendidikan bukan lagi soal tentang moral dan karakter sebagai tumpuan utama untuk diajarkan kepada seorang anak. Lembaga pendidikan berlomba menonjolkan kurikulum yang dipercaya bisa menciptakan generasi muda super dari usia sedini mungkin. Salah satu yang mengubah pendidikan karakter adalah peran para orang tua yang masing-masing ingin anaknya tidak dipandang sebelah mata oleh orang lain dengan prestasi yang anak buat. Bila dilihat dari tenaga pendidik jaman sekarang. Guru era milenial sering dituntut dengan ekonomi sehingga membuat dedikasi mengajar sebagai suatu pelayanan menjadi berkurang. Cara mendidik guru era milenial sangat jarang menggunakan pendekatan untuk mengetahui peserta didiknya. Sehingga kebanyakan murid memandang guru hanya sebatas menjalankan suatu kewajiban. Murid datang ke kelas mendengarkan apa yang diterangkan lalu mereka pulang waktu jam pelajaran habis. Interaksi guru-siswa terbatas pada jam sekolah saja. Masyarakat sekarang lebih mengarah ke individualis masing-masing. Mereka hanya ingin tenar dengan apa yang diperoleh dari prestasi anaknya maupun prestasi dirinya sendiri. Interaksi pun semakin personal, diambil contoh satu keluarga yang saling main gadget sendiri-diri. Mereka lebih cenderung berinteraksi dengan orang jauh dibanding dengan orang disekelilingnya. Tentu ini akan berdampak pada pendidikan karakter anak yang semestinya dapat melatih komunikasi kepada orang lain. Bagaimana cara menghormati, cara memiliki rasa empati dan lainnya. Seorang anak yang bertumbuh kembang dalam nuansa tanpa pendidikan karakter, dia akan cenderung merenung dan menyendiri untuk memainkan segala sesuatu yang membuatnya senang tanpa berinteraksi dengan orang lain. Pendidikan Karakter Di Era Milenial ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

1 B. Karakteristik Pendidikan Karakter......................................... 3 C. Ciri Akademis yang dapat Pendidikan Karakter..................... 5 D. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter ............................................ 6 ...