Sebanyak 19 item atau buku ditemukan

Keterikatan Kerja dalam Konteks Psikologi Industri/Organisasi

Buku Keterikatan Kerja dalam Konteks Psikologi Industri/Organisasi ini dapat mengupas lebih dalam sikap dan perilaku karyawan dalam bekerja yang diekspresikan dalam bentuk fisik maupun psikis. Hal yang dituangkan dalam buku ini adalah penelitian keterikatan kerja dihubungkan dengan berbagai aspek yang berperan, yaitu aspek-aspek iklim organisasi, work life balance, meaning of work, calling of work, job demands, job resources, kepemimpinan, modal psikologis, work passion, nilai individual, kesesuaian individu-organisasi, job insecurity, dan organization-based self-esteem. Demikian pula dengan sampel penelitian dilakukan pada studi yang beragam, yaitu pada karyawan tetap, karyawan kontrak, profesi teknologi informasi, karyawan BUMN, karyawan swasta, karyawan pemda, dan karyawan dewasa muda. Pembaca bisa membacanya dari bagian mana saja. Hal yang penting adalah pembaca mendapatkan nilai dan memahami bagaimana harapan untuk keterikatan kerja ke depannya. Harapan penulis kiranya buku ini dapat memberikan inspirasi pembaca dalam bertindak di organisasi/perusahaan dan masyarakat. Bisa pula menjadi rujukan dalam melakukan penelitian lanjutan. Setiap topik yang diulas diberi uraian akan sebab dan akibatnya sehingga pembaca akan lebih mudah memahaminya.Buku Keterikatan Kerja dalam Konteks Psikologi Industri/Organisasi ini dapat mengupas lebih dalam sikap dan perilaku karyawan dalam bekerja yang diekspresikan dalam bentuk fisik maupun psikis. Hal yang dituangkan dalam buku ini adalah penelitian keterikatan kerja dihubungkan dengan berbagai aspek yang berperan, yaitu aspek-aspek iklim organisasi, work life balance, meaning of work, calling of work, job demands, job resources, kepemimpinan, modal psikologis, work passion, nilai individual, kesesuaian individu-organisasi, job insecurity, dan organization-based self-esteem. Demikian pula dengan sampel penelitian dilakukan pada studi yang beragam, yaitu pada karyawan tetap, karyawan kontrak, profesi teknologi informasi, karyawan BUMN, karyawan swasta, karyawan pemda, dan karyawan dewasa muda. Pembaca bisa membacanya dari bagian mana saja. Hal yang penting adalah pembaca mendapatkan nilai dan memahami bagaimana harapan untuk keterikatan kerja ke depannya. Harapan penulis kiranya buku ini dapat memberikan inspirasi pembaca dalam bertindak di organisasi/perusahaan dan masyarakat. Bisa pula menjadi rujukan dalam melakukan penelitian lanjutan. Setiap topik yang diulas diberi uraian akan sebab dan akibatnya sehingga pembaca akan lebih mudah memahaminya.

Buku Keterikatan Kerja dalam Konteks Psikologi Industri/Organisasi ini dapat mengupas lebih dalam sikap dan perilaku karyawan dalam bekerja yang diekspresikan dalam bentuk fisik maupun psikis.

Iklim Organisasi

Perspektif Psikologi

Buku ini adalah mengenai munculnya, sifat alamiah, pengukuran dan penelitian iklim organisasi, selain itu penulis juga menguraikan perbedaan antara iklim organisasi dan budaya organisasi. Dua konstruk berbeda tersebut menurut pengamatan penulis seringkali dipersamakan, padahal masingmasing memiliki konstruk berbeda. Uraian mengenai iklim organisasi didukung literatur dan penelitian yang relevan mengenai iklim organisasi, di bagian akhir isi buku akan dituliskan mengenai skala iklim organisasi. Iklim organisasi adalah merupakan topik khusus di bidang Psikologi Industri dan Organisasi. Pada bagian awal, dihantarkan melalui pemahaman mengenai definisi iklim organisasi dan tujuan pentingnya mempelajari iklim organisasi. Iklim Organisasi: Perspektif Psikologi ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Iklim organisasi adalah merupakan topik khusus di bidang Psikologi Industri dan Organisasi. Pada bagian awal, dihantarkan melalui pemahaman mengenai definisi iklim organisasi dan tujuan pentingnya mempelajari iklim organisasi.

PSIKOLOGI PENDIDIKAN - Buku 1

PSIKOLOGI PENDIDIKAN - Buku 1 Penulis : Drs. KUNTJOJO, M.Pd.,M.Psi. Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-5508-20-7 Terbit : Agustus 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Sebagai aktivitas yang bersifat teleologis dan memiliki fungsi strategis dalam pengembangan sumber daya manusia dan masa depan bangsa, pendidikan harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya dan dilaksanakan oleh para profesional. Ada berbagai ilmu yang membentuk body of knowledge tenaga profesional pendidikan, salah satu di antaranya adalah Psikologi Pendidikan. Sebagai cabang psikologi, Psikologi Pendidikan menyediakan berbagai pengetahuan teoritis hasil pemikiran dan penelitian para ahli mengenai dinamika perilaku dan proses mental manusia dalam konteks pendidikan. Dan sebagai ilmu terapan, Psikologi Pendidikan memberikan panduan untuk praktik pendidikan, khususnya dalam bidang belajar dan pembelajaran. Buku berjudul Psikologi Pendidikan ini diharapkan dapat digunakan oleh para dosen dan mahasiswa Fakultas Psikologi dan Fakultas Ilmu Pendidikan, serta para praktisi pendidikan di sekolah. Bidang kajian Psikologi Pendidikan amat luas, mencakup kajian mengenai peserta didik atau siswa, pendidik atau guru, dan juga interaksi mereka dalam pendidikan atau proses belajar dan pembelajaran. Ada pun materi yang dibahas dalam buku ini meliputi: Landasan Psikologis Pendidikan Belajar Pendidikan dan Perkembangan Perbedaan Individual Peserta Didik Motivasi Memori Manajemen Kelas www.guepedia.com Email : guepedia@gmail.com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

PSIKOLOGI PENDIDIKAN - Buku 1 Penulis : Drs. KUNTJOJO, M.Pd.,M.Psi.

Psikologi Pendidikan

Mengingat betapa urgensinya persoalan psikologi dalam kehidupan manusia khususnya dalam dunia pendidikan, maka faktor ini mendorong psikologi terus dikaji dan dipelajari banyak orang. Psikologi ini merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Dimana ilmu inisangat penting untuk kita pelajari sebagai mahasiswa dan mahasiswi yang akan diaplikasikan nanti saat masuk dunia mengajar maupun terjun dimasyarakat. Perhatian pada psikologi yang terutama tertuju pada masalah bagaimana tiap-tiap individu dipengaruhi dan dibimbing oleh maksud-maksud pribadi yang mereka hubungkan kepada pengalaman mereka sendiri. Pengamatan biasanya dilakukan oleh orang yang cerdas. Terjadi terhadap suatu proses dengan maksud merasakan dan memahami pengetahuan dari sebuah fenomena berdasarkan pengetahuan.

Mengingat betapa urgensinya persoalan psikologi dalam kehidupan manusia khususnya dalam dunia pendidikan, maka faktor ini mendorong psikologi terus dikaji dan dipelajari banyak orang.

DINAMIKA PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM

Buku ini merupakan bagian – ringkasan - dari beberapa disertasi bidang Psikologi Pendidikan Islam (PPI) yang ditulis di Program Doktor UMY. Hingga April 2020, Program Doktor PPI UMY sudah melahirkan 91 Doktor bidang PPI. Sudah banyak tema riset disertasi yang ditulis oleh mahasiswa PPI, baik yang menempuh studi dengan biaya sendiri, maupun melalui pro-gram beasiswa Kemenag 5000 Doktor. Sungguh baik jika semua hasil disertasi tersebut dipublikasikan dalam bentuk jurnal dalam dan luar negeri. Terlebih lagi bila dipublikasikan dalam bentuk ringkasan disertasi seperti dalam buku ini. Ke depan akan lebih baik lagi jika semua disertasi diterbitkan dalam bentuk penulisan utuh disertasi berwujud buku. Sejauh ini, sudah banyak tema riset yang ditulis yang jika diklasifikasikan diantarnya sebagai berikut: Pertama, terkait tema psikologi dalam bentuk prilaku, diantaranya tentang topik: Model pendidikan pranikah pengan-tin remaja; Hubungan sexual pranikah mahasiswi anak TKI; Prilaku kenakalan remaja; Kecurangan akademik (academic fraud) dan Motivasi belajar santri. Kedua, tema tentang metode pengajaran, diantaranya tentang topik: Psikologi dan metodologi pengajaran bahasa Arab; Fun card sebagai media pembelajaran; Model quantum learning. Ketiga, terkait tentang studi teks, seperti: Konseling spiritual Tunjuk Ajar Melayu; Nilai pendidikan karakter Serat Sasana Sunu. Keempat, tentang tema pendidikan, kecerdasan dan karakter, diantaranya tentang topik: Multiple intelligence; Pen-didikan karakter di pesantren Pabelan, Boarding school, SLB dan SDIT; Pendidikan Keluarga muslim minoritas; Pendidikan di kalangan masyarakat miskin; Pola asuh orangtua anak vi berprestasi; Pendidikan karakter dalam AIK; Haji berulangkali dan kematangan emosi; Parenting, dan lain-lain. Keempat, tema yang terkait kepemimpinan dan komunitas yakni tentang: Kepemimpinan kepala sekolah dan profesio-nalitas guru; Muslimah karir; Psikologi PKL; Kecemasan aparatur negara (bureaucratic anxiety); Kohesivitas muslim Pangestu; EQ dan SQ dosen; Pendidikan anak dalam keluarga muslim kontemporer; Pola asuh kiyai dan kemandirian santri; Model pendidikan entrepreneurship; Psikologi pensiun; Model kepemimpinan Unggah-ungguh Basa dan Basa Semu. Masih ada beberapa topik disertasi lainnya yang belum dituliskan di pengantar ini. Kelima, penulisan disertasi secara konseptual dalam Quran maupun Hadis, seperti: Pendidikan karakter dalam Islam; Konsep ‘ibadurrahman dalam Quran; Konsep syukur; Konsep akal sehat; Ruhiologi; Pengendalian emosi. Mengakhiri pengantar ini, ke depan menarik pula untuk dijadikan topik disertasi tentang warisan psikologi pendidikan ulama klasik serta kontekstualisasinya di zaman kini. Demikian pula kajian epistemologis ranah psikologi pendidikan Islam klasik dan kontemporer, serta integrasinya dengan wilayah Islamic studies kontemporer, selain juga riset lanjutan aplikatif psikologi pendidikan Islam seperti yang tertera diatas. Semoga buku kedua PPI UMY ini akan disusul dengan terbitan yang ketiga dan seterusnya.

Model Pendidikan Karakter pada Usia Anak-anak Data model pendidikan karakter pada usia anakanak diperoleh dari enam judul penelitian. Penelitian pengembangan model pendidikan karakter pernah dilakukan oleh Umi Faizah, Zidniyati, ...

DASAR-DASAR KEWIRAUSAHAAN

Kewirausahaan bukan lagi sekedar tren, melainkan telah menjadi kebutuhan. Juga bukan merupakan ilmu ajaib yang mendatangkan uang dalam waktu yang singkat, melainkan kewirausahaan merupakan sebuah ilmu, seni, dan keterampilan untuk mengelola semua keterbatasan sumber daya, informasi, dan dana yang ada guna mempertahankan hidup, atau mencari nafkah. Buku ini akan membekali pembaca sebagai panduan untuk berwirausaha. Juga sebagai referensi bagi mahasiswa pada mata kuliah kewirausahaan yang tidak hanya disajikan secara teoritis, namun diikuti dengan aplikasi secara praktis. Secara sistematis buku ini menyajikan konsep dasar kewirausahaan, inovasi dalam berwirausaha, jalan menuju wirausaha sukses, strategi pemasaran, dan ditutup dengan kegiatan praktik bersama mengelola usaha.

Secara sistematis buku ini menyajikan konsep dasar kewirausahaan, inovasi dalam berwirausaha, jalan menuju wirausaha sukses, strategi pemasaran, dan ditutup dengan kegiatan praktik bersama mengelola usaha.

Dasar-Dasar Komunikasi bagi Perawat

Dalam buku ini, digambarkan tentang komunikasi dan prinsip-prinsip komunikasi sebagai landasan pemahamw komunikasi, strategi, dan cara-cara pemanfaatannya dalam tindakan keperawatan Dalam buku ini juga, disajikan beberapa contoh dan tema-tema komunikasi: bersentuhan dengan tugas-tugas keperawatan pasien (klien). Buku Dasar-dasar Komunikasi bagi Perawat ini disajikan secara sistemat dimengerti dan disesuaikan dengan kebutuhan ajar dan praktik sehingga tidak hanya sebagai acuan perkuliahan diperlukan oleh para mahasiswa keperawatan tetapi juga menjadi referensi petugas kesehatan dalam memahami dan meperbaiki komunikasinya. Oleh karena itu, jadi kan buku Dasar-dasar Komunikasi bagi perawat sebagai buku pegangan Anda untuk memahami dan mempraktikkan sebagai bagian kebutuhan kegiatan keperawatan. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini

Buku Ajar S1 PAUD

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mempertahankan hidup serta untuk memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan. Analisis kebutuhan Anak Usia Dini adalah: Suatu usaha untuk mengetahui segala sesuatu yang dibutuhkan anak pada usia 0-6 tahun agar anak siap melanjutkan pendidikan selanjutnya. Dimensi-dimensi perkembangan anak—fisik, sosial, emosi, kognitif, dan spiritual—berhubungan erat satu sama lain. [Penerbit Deepublis, Deepublish, PAUD, Dr. MA. Muazar Habibi, S.Psi., M.Pd.]

mendasar lebih mudah dan lebih efisien dicapai pada periode usia ini (Gallahue,
1995). ... Program-program yang tepat menurut tahapan perkembangan
menyediakan banyak kesempatan kepada anak-anak untuk memperluas dan ...