Sebanyak 40492 item atau buku ditemukan

Kurikulum Pendidikan

Konsep Dasar, Landasan,Komponen, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi dan Dinamika Perkembangannya di Indonesia

Penulisan buku ini terinspirasi dari semakin mendesaknya kebutuhan akan pemahaman komprehensif insan pendidikan pada semua level pendidikan tentang kurikulum di tengah dinamika dan perubahan yang tiada hentinya terjadi. Untuk konteks Indonesia, perubahan kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, serta jenjang pendidikan tinggi merupakan suatu keniscayaan. Pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, kemendikbudristek sedang mengimplementasikan kurikulum baru yakni Kurikulum Merdeka; sedangkan pada jenjang pendidikan tinggi, insan pendidikan sedang disibukkan dengan penerapan kurikulum dengan nama Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Penerapan kurikulum baru idealnya mengandaikan pemahaman stakeholder dari semua lapisan terhadap kajian paling dasar dan pokok tentang kurikulum. Kehadiran buku ini diharapkan dapat memberikan kesegaran bagi insan pendidikan di tengah hiruk pikuk perubahan yang tak terelakkan. Insan pendidikan kiranya dihantar untuk memahami lebih dalam tentang kurikulum dan akhirnya memiliki kecakapan yang memadai dalam mengimplementasikan kurikulum baru yang sedang diterapkan. Buku ini disusun menurut sistematika sebagai berikut: Bab I membahas tentang konsep dasar kurikulum dan ruang lingkupnya; Bab II membahas tentang landasan-landasan kurikulum; Bab III membahas tentang komponen kurikulum; Bab IV menelusuri tentang pengembangan kurikulum; Bab V berisi tentang implementasi kurikulum; Bab VI membahas tentang evaluasi kurikulum; dan akhirnya, bab VII membahas tentang dinamika perkembangan kurikulum di Indonesia.

Penulisan buku ini terinspirasi dari semakin mendesaknya kebutuhan akan pemahaman komprehensif insan pendidikan pada semua level pendidikan tentang kurikulum di tengah dinamika dan perubahan yang tiada hentinya terjadi.

LANDASAN PENDIDIKAN

Definisi mengenai pendidikan telah banyak diungkapkan oleh para ahli, salah satunya Kneller dalam bukunya yang berjudul Foundation of Education (1967: 63), yang mengungkapkan bahwa pendidikan dapat dipandang dalam arti luas dan dalam arti teknis, atau dalam arti hasil dan dalam arti proses. Dalam arti luasnya pendidikan menunjuk pada suatu tindakan atau pengelaman yang mempunyai pengaruh yang berhubungan dengan pertumbuhan atau perkembangan jiwa (mind), watak (character), atau kemampuan fisik (physical ability) individu. Pendidikan dalam artian ini berlangsung seumur hidup.

Menganalisis pengertian Pendidikan, hakekat manusia dan pengembangannya 2. Mennganalisis komponen pendidikan, Landasan konstitusional/hukum Pendidikan 3. Menganalisis Landasan Budaya kultural Pendidikan 4.

LANDASAN PENDIDIKAN

Buku ini diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) baik untuk Program Studi Pendidikan, Non Kependidkan, maupun bagi mahasiswa perguruan tinggi lain yang mengikuti perkuliahan MKDK /MKDP Landasan Pendidikan atau Pengantar Pendidikan. Buku ajar mata kuliah Landasan Pendidikan ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas perkuliahan dengan maksud mahasiswa dapat memperoleh wawasan secara komprehensif dan fungsional tentang konsep, prinsip atau teori kependidikan sebagai persiapan dan bekal awal baik untuk mengikuti perkuliahan selanjutnya. Selain itu, melalui buku ini diharapkan mahasiswa dapat melaksanakan tugas-tugas kependidikan bila kelak memasuki dunia kerja. Upaya peningkatan kualitas terus dilakukan secara berkesinambungan, demikian pula buku ajar Landasan Pendidikan ini secara bertahap nantinya ada perbaikan sesuai dengan saran-saran yang disampaikan oleh para pemerhati kependidikan dan para pembaca.

(2) Pemerintah menentukan kebijakan nasional dan standar nasional pendidikan untuk menjamin mutu pendidikan nasional. (3) Pemerintah dan/atau pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang- kurangnya satu satuan pendidikan pada semua ...

Landasan Pendidikan

Buku ini dirancang sebagai upaya menyumbangkan pemikiran mengenai tujuan pendidikan di Indonesia, walaupun dalam bentuk yang sangat sederhana. Untuk itu, di dalam buku ini disoroti beberapa landasasan yang merupakan pijakan dalam melakukan pendidikan. Landasan tersebut meliputi landasan filosofi pendidikan, landasan psikologi pendidikan, landasan antropologi pendidikan, landasan teknologi pendidikan, landasan sosial pendidikan, landasan ekonomi pendidikan, landasan teknologi komunikasi pendidikan, dan landasan budaya pendidikan. Landasan pendidikan ini paling tidak akan mewarnai macam dan corak cara belajar, serta cara pembelajaran berdasarkan jenis dan karakter masyarakat. Hal ini penting diperhatikan agar hakikat pendidikan tidak terbelokkan ke arah yang tidak sesuai dengan yang dirumuskan dalam tujuan pendidikan bangsa Indonesia.

a. c. Komponen-komponen sistem pendidikan meliputi berikut ini. Tujuan dan prioritas, yang berfungsi memandu kegiatan-kegiatan sistem pendidikan. b. Pelajar atau peserta, berfungsi dalam proses perubahan kualitas tingkah laku seperti ...

LANDASAN PENDIDIKAN

Buku ini terdiri atas VI Bab, yang satu sama lain saling terkait untuk membentuk wawasan utuh tentang landasan pendidikan khususnya untuk Indonesia. Penyajiannya disusun ke dalam sistematika sebagai berikut: Bab 1 membahas tentang manusia dan pendidikan; Bab 2 membahas mengenai pendidikan dan ilmu pengetahuan; Bab 3 membahas landasan filosofis pendidikan; Bab 4 membahas tentang landasan historis pendidikian Indonesia; Bab 5 membahas mengenai tokoh-tokoh pendidikan nasional; dan Bab 6 membahas mengenai pilar-pilar pendidikan dan pendidikan sepanjang hayat.

Metode kerja dalam studi pendidikan adalah prosedur yang digunakan orang dalam melakukan seperangkat kegiatan intelektual yang bertujuan memahami prinsip-prinsip, konsepkonsep, dan teori-teori pendidikan. Metode kerja yang dipergunakan ...

LANDASAN PENDIDIKAN

Buku Landasan Pendidikan ini disusun oleh tim dosen Institut Agama Islam Nusantara Batanghari-Jambi. Kehadirin buku dengan judul LANDASAN PENDIDIKAN merupakan tema pokok yang mengkaji tentang pengertian landasan pendidikan, hakekat dari pendidikan. Dalam upaya untuk mengetahui lebih mendalam tentang pendidikan serta berbagi pengalaman bagi setia pemerhati pendidikan. Dengan hadirnya buku ini diharapkan dapat menjadi khazana pengembangan ilmu pengetahuan tentang landasan pendidikan bagi setiap pembaca.

untuk membangun kecakapan hidup (competence of life) dan membentuk keterampilan hidup (life skill education).22 Pendidikan dalam arti sempit merupakan pendidikan yang dilaksanakan secara terprogram yang mana pendidikan tersebut memiliki ...

Landasan Pendidikan

Buku yang kami tulis ini berjudul ‘Landasan Pendidikan’. Buku ini telah selesai kami buat semaksimal dan sebaik mungkin dengan harapan yang besar agar buku ini bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan informasi dan pengetahuan mengenai landasan pendidikan. Dalam buku ini, tertulis berbagai tema yang berkaitan dengan landasan pendidikan. Secara umum, buku ini diperuntukkan bagi siapa saja yang membutuhkan. Namun secara khusus buku ini diperuntukkan bagi mahasiswa, guru, dosen maupun praktisi pendidikan.

Pendidikan yang disebarkan oleh kedua agama ini adalah dalam rangka menyebarkan dan pembinaan kedua agama tersebut. Oleh karena itu, pendidikan pada masa ini masih berdasarkan agama yang dianut (Agung dan Suparman, 2012).

Landasan Pendidikan

Buku Landasan Pendidikan ini dibuat sebagai bahan referensi dan juga memberikan wawasan tambahan lebih rinci dan sistematis mengenai Landasan Pendidikan yang dapat dijadikan tolok ukur pada zaman modern masyarakat revolusi industri 4.0. Sejalan dengan perkembangan pendidikan dan kemajuan teknologi yang menyertainya, buku ini dapat dijadikan solusi terbaik sehingga tujuan dan manfaat dapat dicapai secara maksimal. Secara detail pembahasan buku ini meliputi: Bab 1 Konsep Landasan Pendidikan Bab 2 Pengertian Pendidikan Bab 3 Manusia dan Pendidikan Bab 4 Pendidikan Sebagai Ilmu dan Seni Bab 5 Hubungan Sekolah dan Masyarakat Bab 6 Pendidikan Seumur Hidup Keenam materi pokok tersebut dikemas sedemikian rupa sehingga setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan buku ini, pembaca diharapkan memahami landasan pendidikan yang harus dilakukan saat ini dan akan datang.

dalam pelbagai tulisan atau buku-buku tentang ilmu pendidikan, baik dari dalam maupun luar negeri yang umumnya para ilmuwan atau filsuf pendidikan banyak mengemukakan filsafat sebagai landasan pendidikan. Pandangan ini tidak salah ...

Landasan Pendidikan

Buku ini disusun dengan maksud untuk memperdalam kajian akademik tentang landasan kependidikan. Pada bagian awal buku ini dibahas pengertian landasan pendidikan, hakikat manusia dan peserta didik, unsur-unsur pendidikan, beberapa landasan yang merupakan pijakan dalam melakukan pendidikan, meliputi landasan filosofis, psikologis, historis, antropologis dan sosiologi. Pada bagian lain dibahas teori-teori pembelajaran kognitivistik, konstruktivistik, dan behavioristik serta paradigma baru pendidikan.

6) Orientasi Pendidikan. Dalam dunia pendidikan, orientasi pendidikan harus jelas, kearah mana pendidikan akan dilaksanakan demi mewujudkan masa depan bangsa dan anak muda. Permasalahan Pendidikan di Indonesia Berbicara tentang ...

Pengantar Landasan Pendidikan

Pendidikan merupakan sebuah proses dalam perubahan sikap dan tingkah laku yang dapat menjadi bekal manusia dalam menjalani kehidupan. Filosofi pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara mengatakan bahwa pendidikan merupakan upaya dalam pembentukan budi pekerti, karakter dan nilai luhur sehingga tercipta keselarasan antara alam dan masyarakat.

Pendidikan merupakan sebuah proses dalam perubahan sikap dan tingkah laku yang dapat menjadi bekal manusia dalam menjalani kehidupan.