Sebanyak 12 item atau buku ditemukan

GLOBALISASI HUKUM

Globalisasi adalah suatu fenomena khusus dalam peradaban manusia yang bergerak terus dalam masyarakat global dan merupakan bagian dari proses manusia global itu. Kehadiran teknologi informasi dan teknologi komunikasi mempercepat akselerasi proses globalisasi ini. Globalisasi menyentuh seluruh aspek penting kehidupan. Konsep akan globalisasi menurut Robertson (1992), mengacu pada penyempitan dunia secara insentif dan peningkatan kesadaran kita akan dunia, yaitu semakin meningkatnya koneksi global dan pemahaman kita akan koneksi tersebut. Di sini penyempitan dunia dapat dipahami dalam konteks institusi modernitas dan intensifikasi kesadaran dunia dapat dipersepsikan refleksif dengan lebih baik secara budaya. Pengertian lain dari globalisasi seperti yang dikatakan oleh Barker (2004) adalah bahwa globalisasi merupakan koneksi global ekonomi, sosial, budaya dan politik yang semakin mengarah ke berbagai arah di seluruh penjuru dunia dan merasuk ke dalam kesadaran kita. Produksi global atas produk lokal dan lokalisasi produk global Globalisasi adalah proses dimana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain.(A.G. Mc.Grew, 1992). Proses perkembangan globalisasi pada awalnya ditandai kemajuan bidang teknologi informasi dan komunikasi. Bidang tersebut merupakan penggerak globalisasi. Dari kemajuan bidang ini kemudian mempengaruhi sektor-sektor lain dalam kehidupan, seperti bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan lain-lain.

Kelemahan Sebagai Sistem Dalam Lembaga Keuangan Perbankan Kelemahan mendasar berikutnya dari sistem kapitalis adalah sistem ... Semua instansi keuangan, baik bank maupun non bank menarik dana dari masyarakat dengan iming-iming bunga dan ...

MANAJEMEN STRATEGIK

Manajemen Strategi dapat menyelesaikan setiap masalah strategis di dalam suatu perusahaan, terutama yang berkaitan dengan persaingan, dimana para manajemenr diajak untuk berfikir lebih kreatif atau berfikir secara Strategik. Dalam buku ini akan dibahas secara lengkap mengenai, Pengertian Strategi dan Manajemen Strategi; Konsep Strategi; Menetapkan Arah Perusahaan; Lingkungan Bisnis Eksternal Dan Internal; Analisis Situasi Dan Strategi Perusahaan; Strategi Fungsional Dan Strategi Bisnis`; Implementasi Strategi; Pengendalian Dan Evaluasi Strategi; Total Quality Management (Tqm); Business Process Reengineering; dan Benchmarking. Buku ini membemberikan pedoman yang konsisten bagi kegiatan-kegiatan organisasi, agar membantu para manajer dalam membuat keputusan (memberikan banyak informasi) sehingga meminimumkan kesalahan, untuk mencapai tujuan atau sasaran dan strategi yang telah dirumuskan. Melalui buku semoga dapat membantu organisasi yang ingin beradaptasi pada perubahan-perubahan yang terjadi, sehingga membuat organisasi tersebut menjadi lebih baik maupun menjadi efektif.

Manajemen Strategi dapat menyelesaikan setiap masalah strategis di dalam suatu perusahaan, terutama yang berkaitan dengan persaingan, dimana para manajemenr diajak untuk berfikir lebih kreatif atau berfikir secara Strategik.

PENEGAKKAN HUKUM PIDANA PERPAJAKAN DI INDONESIA (Tindak Pidana Pajak Wajib Pajak Badan dan Upaya Pengembalian Kerugian pada Pendapatan Negara)

Buku berjudul Penegakan Hukum Pidana Perpajakan Di Indonesia (Tindak Pidana Pajak Wajib Pajak Badan dan Upaya Pengembalian Kerugian Pada Pendapatan Negara) adalah ingin memberi gagasan bagaimana pemidanaan dan pertanggungjawaban pidana Wajib Pajak Badan yang melakukan tindak pidana pajak, karena selama ini tindak pidana pajak dan tindak pidana lainya yang dilakukan oleh Wajib Pajak Badan sebagaimana diatur dalam Pasal 38, Pasal 39 dan 39A UU KUP yang telah diubah terakhir dalam Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) adalah menjadi tanggung jawab pengurus atau wakilnya secara pribadi sebagaimana diatur dalam Pasal 32 ayat (1) UU KUP yang telah diubah terakhir dalam UU HPP. Sanksi pidana dalam tindak pidana perpajakan sesuai dengan UU KUP bersifat kumulatif yaitu pidana penjara dan pidana denda. Penjatuhan sanksi pidana dalam tindak pidana pajak yang dilakukan oleh Wajib Pajak Badan dengan pidana penjara dan pidana denda adalah menjadi tanggungjawab pengurus secara pribadi dan renteng. Apalagi pidana denda, berapapun jumlah atau besarnya, sesuai dengan Pasal 30 KUHP dapat diganti (subsider) dengan pidana kurungan minimal 1 (satu) hari dan maksimal 6 (enam) bulan apabila terdakwa tidak mampu membayar denda pidana tersebut. Dalam Pasal 44c Ayat (3 ) UU HPP juga dijelaskan, jika terpidana orang tidak memiliki harta kekayaan yang mencukupi untuk membayar pidana denda, dapat dipidana dengan pidana penjara yang lamanya tidak melebihi pidana penjara yang diputus. Hal ini lah yang menimbulkan kerugian pada pendapatan Negara, yaitu hilangnya atau berkurangnya hak negara berupa penerimaan pajak yang seharusnya diterima oleh negara dari pelaku tindak pidana pajak. Oleh karena itu, dalam buku ini membahas bagaimana formulasi pemidanaan dan pertanggungjawaban pidana terhadap Wajib Pajak Badan yang melakukan tindak pidana pajak, karena penjatuhan sanksi pidana dalam tindak pidana pajak yang dilakukan oleh Wajib Pajak Badan dengan pidana penjara dan pidana denda kepada pengurus tanpa memberikan tanggung jawab untuk mengembalikan atau memulihkan kerugian pada pendapatan negara adalah bertentangan dengan prinsip keadilan sosial. Dalam rangka untuk mewujudkan moral justice, social justice dan legal justice dalam kerangka pidana perpajakan mendatang, maka pemidanaan dan pertanggungjawaban pidana terhadap tindak pidana pajak yang dilakukan oleh Wajib Pajak Badan harus bersifat integratif, selain untuk penegakan hukum (represif), pencegahan (preventif) dan juga untuk upaya pengembalian kerugian pada pendapatan negara (restoratif). Upaya pengembalian kerugian pada pendapatan negara dalam tindak pidana pajak yang dilakukan oleh Wajib Pajak Badan dapat dilakukan dengan pertanggungjawaban pidana yang bersifat komulatif-alternatif terhadap badan dan/atau pengurusnya, yaitu selain pengurus dijatuhi pidana penjara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 39 dan Pasal 39A UU KUP yang telah diubah terakhir dalam UU HPP, terhadap Wajib Pajak Badan juga dikenakan sanksi pidana dengan formulasi double track system, yaitu pidana denda dan/atau pidana tambahan berupa tindakan lain seperti, pencabutan ijin-ijin tertentu seperti fasilitas tax holiday, angka pengengal impor (API), izin usaha dan lain-lain sebagaimana yang diatur dalam Pasal 10 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Pidana denda yang dijatuhkan dengan pertimbangan pidana denda terhadap Wajib Pajak Badan tidak dapat disubsider dengan kurungan sebagaimana diatur dalam Pasal 30 KUHP dan pidana denda yang tidak dapat bayar sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan, harus dilakukan dengan tindakan penyitaan atau pemblokiran sampai dengan pelelangan aset Wajib Pajak Badan dalam rangka pengembalian kerugian pada pendapatan negara.

Buku berjudul Penegakan Hukum Pidana Perpajakan Di Indonesia (Tindak Pidana Pajak Wajib Pajak Badan dan Upaya Pengembalian Kerugian Pada Pendapatan Negara) adalah ingin memberi gagasan bagaimana pemidanaan dan pertanggungjawaban pidana ...

STATISTIK TEORI DAN APLIKASI

Statistik dalam aplikasi dibutuhkan sebuah alat yang memudahkan mahasiswa dalam membuat sebuah penelitian untuk tugas akhir skripsi, tesis dan disertasi. Penyajian buku ini terfokus pada teori dan aplikasi mengenai statistik dan penyelesaian persoalan-persoalan ekonomi yang dilengkapi dengan contoh-contoh soal hitungan, aplikasi dan studi kasus. Penyajiannya diawali dengan arti dan lingkup statistik, penelitian dan sebagainya. Kemudian dilanjutkan mengenai penyajian data statistik, distribusi frekuensi, ukuran pemusatan dan penyimpangan, angka indeks, regresi dan korelasi, analisis penelitian korelasi dan prediksi serta jenis-jenis uji statistik secara singkat. Dalam penyajian buku statistik teori dan aplikasi ini hanya dibahas mengenai dasar-dasar dalam statistik yang terdiri dari teori dan aplikasinya dalam ilmu ekonomi, buku statistik selanjutnya akan dibahas secara mendalam mengenai jenis-jenis uji statistik dan sebagainya secara lengkap beserta contoh-contoh soal dan aplikasinya dalam ilmu ekonomi.

Dalam penyajian buku statistik teori dan aplikasi ini hanya dibahas mengenai dasar-dasar dalam statistik yang terdiri dari teori dan aplikasinya dalam ilmu ekonomi, buku statistik selanjutnya akan dibahas secara mendalam mengenai jenis ...

MANAJEMEN KINERJA Kunci Sukes Evaluasi Kerja

Istilah manajemen kinerja atau performance management atau ada perusahaan yang menggunakan istilah managing employee performance. Managing employee performance seharusnya berarti “memanajemeni prestasi kerja karyawan”. Terlepas dari istilah mana yang digunakan, keduanya secara tegas memfokuskan perhatiannya pada prestasi karyawan dan obyek pembahasannya sama saja yaitu prestasi kerja, kinerja atau unjuk kerja karyawan.

bab ini, manajemen kinerja diterapkan dalam bentuk praktek nyata baik itu terhadap karyawan maupun organiasi. Konsep Praktek Manajemen Kinerja Walters (1995) mendefinisikan praktik manajemen kinerja adalah kegiatan untuk mengarahkan dan ...

BUDAYA KERJA MUTU PELAYANAN PUSKESMAS

Pengalaman dari kejadian pandemi Covid-19, membuat kita menyadari pentingnya keberadaan Puskesmas sebagai sarana pelayanan Kesehatan masyarakat. Puskesmas dalam Pandemi Covid-19 berada sebagai garda terdepan yang langsung berhadapan dengan komunitas masyarakat. Di era jaminan Kesehatan nasional dengan sistem rujukan berjenjang, Puskesmas menjadi fasilitas Kesehatan masyarakat tingkat pertama milik pemerintah yang harus di akses lebih dahulu oleh masyarakat, selain fasilitas Kesehatan tingkat pertama milik swasta seperti klinik dan praktek dokter mandiri. Buku budaya kerja mutu pelayanan Puskesmas merupakan upaya peningkatan pelayanan Puskesmas dalam menghadapi persaingan yang sangat kompetitif dengan pelayanan Kesehatan swasta tingkat pertama lainnya. Buku ini menjelaskan bahwa untuk mencapai pelayanan yang bermutu maka Puskesmas harus memiliki budaya kerja yang positif secara berkesinambungan. Puskesmas merupakan bagian dari suatu sistem pelayanan Kesehatan yang bertanggung jawab terhadap upaya Kesehatan perorangan dan upaya Kesehatan masyarakat dengan target masyarakat di wilayah kerjanya. Melalui Budaya kerja yang kuat diharapkan Puskesmas dapat melaksanakan pelayanan yang bermutu dan berdaya guna, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Sejalan dengan perkembangan dunia Kesehatan, kebutuhan meningkatkan daya saing dan masyarakat yang semakin menuntut pelayanan yang bermutu dari Puskemas, buku Budaya kerja mutu pelayanan Puskesmas diharapkan dapat memberikan solusi, baik untuk manajemen dan profesi yang ada di lingkungan Puskesmas maupun maupun para akademika, sebagai materi pembelajaran dalam memahami proses budaya kerja di lingkungan Puskemas.

... diberikan oleh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama atau faskes tingkat 1 yang terdiri dari: Puskesmas atau yang setara, seperti praktek dokter mandiri, praktek dokter gigi mandiri, praktek perawat mandiri dan praktek bidan mandiri.

Buku Ajar: PENGANTAR AKUNTANSI

Secara umum, pengertian perusahaan adalah suatu badan hukum yang dibentuk oleh sekelompok orang yang terlibat dalam menjalankan badan usaha dalam kapasitas komersial atau industri. Perusahaan juga dapat didefinisikan sebagai suatu lembaga dalam bentuk organisasi yang dioperasikan dengan tujuan untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan motif untuk memperoleh keuntungan. Lini bisnis sebuah perusahaan biasanya akan menentukan struktur bisnis yang dipilih perusahaan tersebut. Beberapa diantaranya; kemitraan, perseorangan, atau korporasi. Struktur bisnis biasanya juga menunjukkan struktur kepemilikan perusahaan. Pada umumnya, perusahaan bertempat di suatu bangunan fisik di lokasi tertentu dalam menjalankan operasionalnya, memiliki catatan administrasi terkait produksi dan struktur biaya, serta terdapat beberapa orang yang bertanggung jawab terhadap operasional dan risiko bisnis/usaha.

Secara umum, pengertian perusahaan adalah suatu badan hukum yang dibentuk oleh sekelompok orang yang terlibat dalam menjalankan badan usaha dalam kapasitas komersial atau industri.

Bunga Rampai PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Psikologi Pendidikan mempelajari aspek psikologis siswa agar guru memiliki aturan dasar untuk menerapkan teknik pembelajaran yang efektif yang diterapkan pada karakteristik siswa tertentu. Dalam proses mendidik, seorag guru diharapkan dapat menghadapi tantangan dalam mengevaluasi karakteristik yang berbeda dari setiap siswa. Dengan hadirnya buku psikologi pendidikan ini, diharapkan guru akan memahami perbedaan kepribadian siswa dalam pembelajaran dan bagaimana menghadapi perbedaan kepribadian tersebut, sehingga dengan mempelajari psikologi pendidikan yang baik, guru dapat mengetahui perbedaan karakter siswa dan tidak bingung dalam menghadapinya.

Psikologi Pendidikan mempelajari aspek psikologis siswa agar guru memiliki aturan dasar untuk menerapkan teknik pembelajaran yang efektif yang diterapkan pada karakteristik siswa tertentu.

MANAJEMEN PEMASARAN

Secara luas pemasaran menurut Kotler dan Amstrong adalah proses sosial dan manajerial di mana pribadi atau organisasi memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran nilai dengan yang lain. Pengertian dari sisi sosial merupakan proses individu dan kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka perlukan dan inginkan, sedangkan manajerial digambarkan sebagai “seni menjual produk”. Dari definisi di atas pemasaran merupakan serangkaian prinsip untuk memilih. Konsep pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasaan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing. Konsep pemasaran yang telah diungkapkan dengan berbagai cara: 1) Temukan keinginan pasar dan penuhilah. 2) Buatlah apa yang dapat dijual dan jangan berusaha menjual apa yang dapat dibuat. 3) Cintailah pelanggan, bukan produk anda. 4) Lakukanlah menurut cara anda 5) Andalah yang menentukan 6) Melakukan segalanya dalam batas kemampuan untuk menghargai uang pelanggan yang sarat dengan nilai, mutu dan kepuasan (JC. Penney). Melalui buku ini, penulis berharap mampu memberikan tambahan referensi dan pemahan kepada para pembaca terkait; Pengertian, Konsep, dan Lingkup Pemasaran, Perilaku Pasar, Strategi Pemasaran, Desain Produk, Merek, Kemasan, Dan Layanan, Penetapan Harga Produk, Saluran Distribusi, Manajemen Penjualan Dan Personal Selling, Kepuasan Pelanggan.

Melalui buku ini, penulis berharap mampu memberikan tambahan referensi dan pemahan kepada para pembaca terkait; Pengertian, Konsep, dan Lingkup Pemasaran, Perilaku Pasar, Strategi Pemasaran, Desain Produk, Merek, Kemasan, Dan Layanan, ...