Sebanyak 223 item atau buku ditemukan

INOVASI MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Berbasis Multiple Intelligences System Bagi Siswa Sekolah Dasar

Buku bertajuk Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Multiple Intelligences System karya Titin Nurhidayati ini memberi gambaran tentang bagaimana cara mengintegrasikan berbagai kegiatan untuk menstimulasi kecerdasan majemuk peserta didik dalam pembelajaran PAI dan budi pekerti di sekolah dasar. Kecerdasan majemuk yang dimaksud mencakup kecerdasan logis matematis, bahasa, interpersonal, intrapersonal, kinestetik, visual-spasial, musikal, naturalis, dan eksistensial. Walaupun kecerdasan yang kesembilan (kecerdasan spiritual) masih dianggap sebagai kecerdasan yang bersifat hipotetis dalam pandangan Gardner, namun dalam buku ini penulis menunjukkan bukti-bukti empiris yang melegitimasi bahwa kecerdasan tersebut dapat dimasukkan dalam multiple intelligences.

Selama menjalani karir pendidikannya, ia telah menulis banyak artikel di berbagai jurnal dan prosiding, di antaranya (1) Kehidupan Keagamaan Kaum Santri Waria (Studi Kasus di Pesantren Waria alFatah Senin-Kamis Notoyudan Yogyakarta), ...

KOSAKATA BAHASA ARAB DAN PENERAPANNYA DALAM KALIMAT

Kitab ini disusun secara tematis untuk mempermudah bagian Penggerak Bahasa menyampaikannya kepada para santri di asrama, contoh kalimat dalam buku ini menggunakan struktur bahasa yang kalimatnya bisa diganti – ganti Dengan demikian struktur – struktur bahasa tersebut dapat digunakan dalam berbagai situasi.

Kitab ini disusun secara tematis untuk mempermudah bagian Penggerak Bahasa menyampaikannya kepada para santri di asrama, contoh kalimat dalam buku ini menggunakan struktur bahasa yang kalimatnya bisa diganti – ganti Dengan demikian ...

Kosa Kata dan Ungkapan Bahasa Jawa dalam Bahasa Indonesia

Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa daerah di Indonesia. Bahasa tersebut dituturkan oleh suku Jawa yang mendiami sebagian besar Pulau Jawa, yaitu Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Provinsi Jawa Timur. Oleh karena itu, tak aneh jika Bernard Comrie (via Montolalu dkk, 2007: 186), salah seorang ahli linguistik terkemuka, menyampaikan, bahasa Jawa memiliki jumlah penutur sebanyak 65 juta orang, dan termasuk ke dalam 20 bahasa ibu yang jumlah penuturnya terbanyak di seluruh dunia. Terkait itu, banyaknya jumlah penutur bahasa Jawa di Indonesia, ternyata berdampak pula pada banyaknya kosakata bahasa Indonesia dari bahasa Jawa, khususnya yang tercantum di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat (2008). Di dalam kamus kebanggaan bangsa Indonesia itu, tercatat 1.049 buah kosakata bahasa Jawa, yang akan diuraikan dalam bagian “Daftar Kosakata Bahasa Jawa dalam Bahasa Indonesia A-Z”. Dengan demikian, bahasa Jawa (dan bahasa-bahasa daerah lainnya di Indonesia) sebagai pemerkaya bahasa Indonesia (Soeparno, dkk, 1997: 4). Selain kosakata, di dalam kamus terbitan Pusat Bahasa (kini Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia) itu tercatat pula 39 buah ungkapan bahasa Jawa, salah satunya ialah ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani, artinya ‘(berada) di depan memberi contoh sehingga dapat diteladani, di tengah memberi dorongan semangat, dan mengikuti dari belakang dengan memberi kekuatan dalam usaha melaksanakan tugas’. Selengkapnya, bisa dilihat dalam bagian “Daftar Ungkapan Bahasa Jawa dalam Bahasa Indonesia”.

Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa daerah di Indonesia.

Daftar Kosakata Bahasa Sunda dalam Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia mencerminkan keberagaman bangsa Indonesia. Bahasa negara kita itu ternyata diperkaya oleh kosakatakosakata bahasa daerah di Indonesia yang banyak jumlahnya. Berapa jumlah bahasa-bahasa daerah di Tanah Air? Menurut informasi dari Prof. Dr. Gufran Ali Ibrahim, M.S., Guru Besar Bidang Antropolinguistik Universitas Khairun, Ternate, Indonesia adalah negara yang memiliki bahasa daerah terbanyak kedua di dunia, sebanyak 646 bahasa daerah/etnik (menurut Badan Bahasa) atau 720 bahasa daerah/etnik (menurut Summer Institute of Linguistics, SIL). Sementara itu, Papua Nugini adalah negara yang memiliki bahasa daerah terbanyak pertama di dunia, sebanyak 820 bahasa daerah/etnik.

Bahasa Indonesia mencerminkan keberagaman bangsa Indonesia.

Daftar Kosakata Bahasa Jawa dalam Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia mencerminkan keberagaman bangsa Indonesia. Bahasa negara kita itu ternyata diperkaya oleh kosakatakosakata bahasa daerah di Indonesia yang banyak jumlahnya. Berapa jumlah bahasa-bahasa daerah di Tanah Air? Menurut informasi dari Prof. Dr. Gufran Ali Ibrahim, M.S., Guru Besar Bidang Antropolinguistik Universitas Khairun, Ternate, Indonesia adalah negara yang memiliki bahasa daerah terbanyak kedua di dunia, sebanyak 646 bahasa daerah/etnik (menurut Badan Bahasa) atau 720 bahasa daerah/etnik (menurut Summer Institute of Linguistics, SIL). Sementara itu, Papua Nugini adalah negara yang memiliki bahasa daerah terbanyak pertama di dunia, sebanyak 820 bahasa daerah/etnik.

Bahasa Indonesia mencerminkan keberagaman bangsa Indonesia.

Daftar Kosakata Bahasa Arab dalam Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia mencerminkan keberagaman bangsa Indonesia. Bahasa negara kita itu ternyata diperkaya oleh kosakatakosakata bahasa daerah di Indonesia yang banyak jumlahnya. Berapa jumlah bahasa-bahasa daerah di Tanah Air? Menurut informasi dari Prof. Dr. Gufran Ali Ibrahim, M.S., Guru Besar Bidang Antropolinguistik Universitas Khairun, Ternate, Indonesia adalah negara yang memiliki bahasa daerah terbanyak kedua di dunia, sebanyak 646 bahasa daerah/etnik (menurut Badan Bahasa) atau 720 bahasa daerah/etnik (menurut Summer Institute of Linguistics, SIL). Sementara itu, Papua Nugini adalah negara yang memiliki bahasa daerah terbanyak pertama di dunia, sebanyak 820 bahasa daerah/etnik.

Bahasa Indonesia mencerminkan keberagaman bangsa Indonesia.

Bahasa Indonesia Akademik: Cakrawala Ilmu Pengetahuan untuk Perguruan Tinggi

Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi akan terus beradaptasi dengan perkembangan zaman. Hal ini dasarkan pada karakteristik bahasa yang sifatnya dinamis. Kedinamisan itu dapat kita rasakan melalui berbagai komunikasi yang kita bangun setiap hari. Proses pertumbuhan dan perkembangan bahasa dalam penyesuaiannya itulah kemudian dikenal dengan istilah serapan – sebagai satu proses penerimaan berbagai kosakata bahasa asing/daerah ke dalam bahasa Indonesia. Adopsi dan adaptasi adalah unsur yang sering melekat dari kosakata baru bahasa Indonesia. Karakteristik bahasa yang dinamis, produktif dan universal menjadikan banyak kata-kata dalam berbagai ilmu dimasukkan dalam peristilahan bahasa Indonesia. Hal ini dapat kita ketahui dari istilah-istilah tersebut digunakan dalam bidang informasi dan teknologi (IT). Penulis secara ringkas tidak saja menguraikan tentang historis dan filosofis bahasa Indonesia, tetapi mencoba menyajikan secara lebih rinci-rinci target pembelajaran bahasa Indonesia dalam kaitannya dengan karya tulis ilmiah yang menjadi kewajiban keharusan dalam dunia akademik.

Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi akan terus beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi di Sekolah Dasar

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar pada hakikatnya merupakan peningkatan kemampuan siswa dalam berbahasa Indonesia setelah siswa memiliki bahasa pertama yakni bahasa ibu. Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Kelas Tinggi merupakan lanjutan dari Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Kelas Rendah. Materi ini disajikan secara teori dan praktik, yang mencakup pemahaman dan penerapan strategi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas tinggi sekolah dasar. Peran aktif guru dalam mengajarkan materi pelajaran bahasa Indonesia yang baik dan benar di sekolah dasar, sangat membutuhkan keahlian dan pengalaman. Oleh karena itu, buku ini dapat membantu dan membimbing mahasiswa menguasai substansi metodologi dan materi ajar di kelas tinggi, serta mampu mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, bahan ajar, serta mampu mengembangkan kurikulum di sekolah dasar secara kreatif dan inovatif.

Materi ini disajikan secara teori dan praktik, yang mencakup pemahaman dan penerapan strategi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas tinggi sekolah dasar.

Metodologi Penelitian Pendidikan

Buku Metodologi Penelitian Pendidikan yang saat ini berada di hadapan pembaca membahas tentang segala kerangka, sistematika dan prosedur dalam penelitian terkhusus pada bidang akademik atau penjurusan pendidikan. Di dalamnya memuat tentang hakikat penelitian, proses penelitian, masalah, variabel dan paradigma penelitian, landasan teori dan pengajuan hipotesis, populasi dan sampel, varians dan analisis varians, instrumen dan teknik pengumpulan data, teknik analisis data, rancangan penelitian, penulisan laporan hasil penelitian, dan ulasan tentang merancang suatu penelitian.

Jenis-Jenis Penelitian Berdasarkan Tujuan a. Penelitian eksploratif Penelitian eksploratif disebut juga penelitian penjajakan. Tujuannya untuk mengenal atau memperoleh pandangan baru terhadap suatu permasalahan mengenai suatu ...

Metodologi Penelitian Olahraga

Book chapter ini merupakan karya anak bangsa, yang ditulis secara kolaboratif oleh para akademisi dari berbagai perguruan tinggi keolahragaan nasional dan para praktisi bidang keolahragaan nasional. Pelaksanaan acara dan penyusunan book chapter ini merupakan suatu upaya untuk senantiasa melakukan “silaturahmi gagasan” dari berbagai civitas akademika seluruh Indonesia. Silaturahmi ini sebagai ikhtiar untuk mengembangkan substansi keilmuan dalam bidang olahraga. Dalam book chapter ini, kami memilah gagasan yang dikirim dalam beberapa tema sebagai berikut. (1) Pengantar Penelitian, (2) Proses Penelitian, (3) Pertanyaan dan Tujuan Penelitian, (4) Literatur Dalam Penelitian, (5) Teori, Konsep dan Variabel, (6) Pengumpulan Data, (7) Analisis Data, (8) Menulis Laporan Penelitian, (9) Penelitian Tindakan Kelas, (10) Penelitian Eksperimen, (11) Penelitian Deskriptif, (12) Penelitian dan Pengembangan, (13) Bibliometrik.

Jenis penelitian Dalam buku Metodologi Penelitian Kesehatan dan Pendidikan (2018) karya Syamsunie Carsel, ada enam jenis penelitian, yaitu: Penelitian dasar atau penelitian murni Penelitian dasar merupakan penelitian yang dilakukan ...