Sebanyak 22 item atau buku ditemukan

PANDUAN PRAKTIKUM AUDIT KONTEMPORER

Buku Panduan Praktikum Audit Kontemporer ini berisi tentang landasan teori, standar dan prosedur audit serta contoh-contoh kertas kerja pemeriksaan dan studi kasus audit. Dalam pandangan kami, audit merupakan proses yang sistematis untuk mengumpulkan bukti-bukti yang cukup dan relevan dalam rangka menilai suatu asersi dengan kriteria standar akuntansi yang berterima umum semestinya dipelajari dengan teknik memadukan konsep teoritis, standar professional audit, prosedur audit dengan praktek simulasi senyatanya. Hal ini diharapkan agar peserta didik bisa memahami secara komprehensif baik teori-teori audit maupun prakteknya. Peserta didik dan pengguna buku panduan ini diharapkan dapat mengetahui dan memahami bagaimana mengaudit laporan keuangan, mulai tahap pra-penugasan, perencanaan, pengujian-pengujian audit serta pelaporan. Selain itu peserta didik juga diharapkan mampu menyusun dan mendokumentasikan kertas kerja pemeriksaan yang merupakan dokumen penting audit sebagai dasar menetapkan kesimpulan opini audit. Buku panduan ini adalah buku referensi akademik sekaligus panduan praktikum audit modern (kontemporer) berbasis risiko bagi para mahasiswa, peserta diklat maupun professional terkait dengan audit laporan keuangan. Di dalam buku panduan ini, cara penyusunan dan pendokumentasian kertas kerja pemeriksaan terkait dengan tahap pra- perikatan, pemahaman struktur pengendalian intern, penjualan dan piutang, pembelian dan kewajiban/hutang, aset tetap dan aset tidak berwujud, harga pokok penjualan, persediaan, hutang jangka panjang, modal saham dan Saldo Laba, perpajakan, kas dan biaya – biaya operasional, tahap pelaporan sertu perumusan opini audit. peserta didik juga diberikan gambaran studi kasus audit riil yang diselesaikan dengan aplikasi audit yang digunakan dalam perpektif kontemporer. Teks dalam buku panduan ini diadaptasi dari berbagai referensi yang mencakup banyak keistimewaan dan dirancang untuk mening-katkan minat peserta didik dalam memahami substansi audit. Beberapa keistimewaan dalam buku panduan ini adalah adanya template kertas kerja pemeriksaan sebagai media latihan audit serta simulasi studi kasus audit yang didasarkan atas kasus riil di lapangan.

Buku Panduan Praktikum Audit Kontemporer ini berisi tentang landasan teori, standar dan prosedur audit serta contoh-contoh kertas kerja pemeriksaan dan studi kasus audit.

Sistem Informasi Akuntansi dan Bisnis

Buku ini berjudul “Sistem Informasi Akuntansi dan Bisnis” yang merupakan rangkuman dari berbagai sumber. Buku ini diharapkan menjadi bahan referensi dan dapat memberikan gambaran bahwa Sistem Informasi Akuntansi dan Bisnis adalah sebuah sistem yang mengumpulkan, menyimpan dan mengolah data keuangan dan akuntansi yang digunakan oleh pengambil keputusan baik dalam perusahaan bisnis maupun organisasi. Buku ini membahas tentang: Bab 1 Pengantar Sistem Informasi Bab 2 SIA dan Lingkungan Bisnis Bab 3 Peningkatan Peran SIA Melalui Teknologi Informasi dan Jaringan Bab 4 Manajemen Data dan Pendokumentasian Bab 5 Pemodelan Basis Data dan Aplikasinya Bab 6 Penilaian Risiko dan Struktur Pengendalian Internal Bab 7 Pengendalian Umum dan Pengendalian Aplikasi Bab 8 Keamanan Pada Pemrosesan Transaksi Berbasis Komputer Bab 9 Pengauditan Sistem Informasi Bab 10 Siklus Pelaporan Keuangan Bab 11 Siklus Pendapatan dan Pengeluaran Bab 12 Pengembangan Sistem Informasi

Buku ini diharapkan menjadi bahan referensi dan dapat memberikan gambaran bahwa Sistem Informasi Akuntansi dan Bisnis adalah sebuah sistem yang mengumpulkan, menyimpan dan mengolah data keuangan dan akuntansi yang digunakan oleh pengambil ...

Sistem Informasi Manajemen Bisnis

Sistem Informasi Manajemen Bisnis merupakan integrasi pemanfaatan sistem informasi dan teknologi informasi yang diterapkan pada suatu organisasi untuk mendukung proses bisnisnya. Sistem informasi manajemen bisnis menjadi bagian penting dalam memecahkan berbagai masalah yang terdapat dalam operasional bisnis seperti layanan, biaya produk, serta strategi bisnis. Pemanfaatan sistem informasi manajemen bisnis menjadi salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif suatu organisasi. Buku ini terdiri dari 10 bab, yaitu: Bab 1 Konsep dasar sistem Bab 2 Konsep dasar informasi dan sistem informasi Bab 3 Konsep sistem informasi manajemen Bab 4 Komponen sistem informasi manajemen Bab 5 Sistem manajemen database Bab 6 Pengembangan Aplikasi E-Commerce Bab 7 Analisis dan pengembangan sistem informasi Bab 8 Sistem informasi akuntansi dan sistem informasi sumber daya manusia Bab 9 Sistem informasi pemasaran dan keunggulan kompetitif Bab 10 Sistem pendukung pengambilan keputusan Bisnis

Secara sederhana Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem informasi yang dipergunakan untuk mendukung fungsi-fungsi manajerial perusahaan. Bila mengacu pada pendapat George M. Scott sebagaimana dikutip oleh (Prajudi S Atmosudirjo, ...

Pendidikan Anti Korupsi: Berani Jujur

Korupsi telah menyusup di segala aspek kehidupan masyarakat sehingga hampir tidak ada ruang yang tidak terjamah korupsi. Korupsi tidak hanya merugikan keuangan dan perekonomian negara, tetapi juga telah melanggar hak-hak ekonomi dan sosial (economic and social rights) masyarakat secara luas yang akibatnya akan menggerus kemampuan dan kemapanan ekonomi suatu bangsa. Korupsi berkaitan dengan berbagai permasalahan, tidak hanya permasalahan hukum dan penegakannya, tetapi juga menyangkut masalah moral/sikap mental, masalah pola hidup serta budaya dan lingkungan sosial, masalah kebutuhan dan tuntutan ekonomi dan kesenjangan sosial, masalah struktur/ sistem ekonomi, masalah sistem budaya, masalah budaya politik, masalah mekanisme pembangunan dan lemahnya birokrasi (administrasi dan pengawasan) di bidang keuangan dan pelayanan publik. Buku ini membahas tentang: Bab 1 Pengertian, Ruang Lingkup, dan Sekilas Lintasan Sejarah Korupsi Bab 2 Jenis dan Bentuk Korupsi Bab 3 Dasar Hukum dan Lembaga Pemberantasan Korupsi Bab 4 Korupsi dalam Pandangan Islam Bab 5 Efek Krusial Perilaku Korupsi dan Langkah Serta Upaya Pencegahan Korupsi Bab 6 Otonomi Daerah dan Ancaman Korupsi serta Transparansi dan Good Governance Bab 7 Sistem Penegakan Hukum Terhadap Penyalahgunaan Kewenangan yang Dilakukan Penyelenggara Negara Bab 8 Hambatan dan Tantangan Pemberantasan Korupsi Bab 9 Membangun Kesadaran Perilaku Anti Korupsi Bab 10 Keluarga dan Sekolah Sebagai Pilar Pembudayaan Perilaku Anti Korupsi Bab 11 Pendidikan Agama Sebagai Proses Penguatan Mental Anti Korupsi

Korupsi telah menyusup di segala aspek kehidupan masyarakat sehingga hampir tidak ada ruang yang tidak terjamah korupsi.

Pengantar Perilaku Organisasi

Sebuah studi singkat tentang dasar-dasar organisasi, perilaku organisasi, manajemen dan kepemimpinan dikembangkan dalam subbagian analisis. Beragam tinjauan berdasarkan pendekatan atau model teoretis berlimpah: karya klasik, hubungan manusia, dan sumber daya manusia yang berkembang pesat saat ini. Aspek-aspek yang dibahas dalam setiap pembahasan dapat menjadi referensi komprehensif untuk studi perilaku organisasi, manajemen, dan kepemimpinan dalam pengaturan organisasi. Selain menjadi referensi diskusi akademis tentang penelitian manajemen di organisasi bisnis dan nirlaba, pembahasan setiap klaim juga dapat digunakan untuk kepentingan umum, praktisi dan organisasi yang lebih banyak terlibat dalam kegiatan manajemen, terutama untuk mengenali aspek dinamis dari manajemen dan kepemimpinan.

Lulus dari Politeknik Universitas Syiah Kuala Lhokseumawe, Diploma III (D-III), Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Produksi, pada tahun 1992; Gelar Sarjana Teknik (S-1), (Insinyur) Industri diperoleh dari Institut Teknologi Medan (ITM) ...

Strategi Manajemen Pemasaran

Buku ini merupakan bagian dari ilmu Pemasaran sehingga para pembaca akan lebih mudah memahami Strategi Manajemen Pemasaran dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Materi dalam buku terdiri dari 11 Bab yang menambahkan bagian pemasaran digital sebagai kesiapan organisasi dalam menghadapi “new age technologies”, dan terjadi peningkatan pemahaman konsumen akan perkembangan teknologi berdampak pada pengalaman digital mereka untuk memenuhi kebutuhan yang lebih cepat dan baik. Untuk itu perusahaan harus menyesuaikan strategi pemasaran dalam memasarkan barang dan jasa. Buku ini membahas tentang: Bab 1 Hakikat Pemasaran Bab 2 Perencanaan Strategis dan Proses Pemasaran Bab 3 Riset Pemasaran Bab 4 Loyalitas Pelanggan Bab 5 Kepuasan Pelanggan Bab 6 Strategi Bersaing di Pasar Bab 7 Strategi Produk Dan Jasa Bab 8 Strategi Penetapan Harga Bab 9 Strategi Promosi Bab 10 Strategi Diversifikasi Bab 11Strategi Pemasaran Digital

Pengaturan strategi perusahaan (1) perencanaan pemasaran strategis (2) perencanaan pemasaran produk baru (3) perencanaan pemasaran operasional Rencana pemasaran yang umumnya kita temukan terdiri dari beberapa rencana, yaitu (Doole and ...

Organisasi: Manajemen dan Kepemimpinan

Buku organisasi manajemen dan kepemimpinan ini terdiri dari tiga belas bab yang mengandung berbagai unsur seperti konsep, teori, fungsi, pendekatan, serta berbagai kajian tentang manajemen dan kepemimpinan. Buku ini dapat membantu anda dalam berpikir secara teoritis dan praktis dalam mengelola sebuah organisasi dengan prinsip manajemen dan kepemimpinan yang efektif. Buku ini juga dapat membantu para pemimpin dan manajer dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada dalam organisasi dengan model kepemimpinan yang tepat. Pembahasan yang terdapat dalam buku ini yaitu: Bab 1. Konsep dan filosofi manajemen Bab 2. Teori motivasi dalam manajemen Bab 3. Perubahan dalam manajemen Bab 4. Manajemen kepemimpinan Bab 5. Fungsi -Fungsi pimpinan di dalam manajemen Bab 6. Kemampuan seseorang dalam fungsi manajemen Bab 7. Perbedaan pemimpin (leader) dan manajer Bab 8. Kompetensi kepemimpinan Bab 9. Kepemimpinan yang efektif Bab 10. Teori sifat dalam kepemimpinan Bab 11. Pendekatan dan model kepemimpinan Bab 12. Hubungan antara organisasi, manajemen, dan kepemimpinan Bab 13. Efektivitas Individu, Kelompok, dan Organisasi.

Buku organisasi manajemen dan kepemimpinan ini terdiri dari tiga belas bab yang mengandung berbagai unsur seperti konsep, teori, fungsi, pendekatan, serta berbagai kajian tentang manajemen dan kepemimpinan.

Hukum Komersial: Teori, Konsep, dan Gagasan

Tujuan penulisan buku ini adalah untuk membantu para pembaca, memahami bahwa Hukum Komersial merupakan bagian tidak terpisahkan dan sangat penting dalam kelangsungan perekonomian dari masa ke masa. Buku ini berisi materi yang dapat digunakan oleh staf pengajar maupun mahasiswa, serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan berpikir dan ilmu yang berkenaan dengan ilmu ekonomi. Buku ini terdiri dari 10 Bab yang membahas tentang: Bab 1 Sistem Hukum Komersial di Indonesia Bab 2 Hukum Jaminan dan Kontrak Bisnis Bab 3 Organisasi Bisnis, Merger, Konsolidasi, Akuisisi dan Separasi Bab 4 Hak Kekayaan Intelektual dan Hak Cipta Bab 5 Hukum Lembaga Pembiayaan Bab 6 Hukum Ketenagakerjaan Bab 7 Hukum Kepailitan dan Abitrase Bab 8 Perlindungan Konsumen dan Antimonopoli Bab 9 Perizinan dalam Bisnis

Tujuan penulisan buku ini adalah untuk membantu para pembaca, memahami bahwa Hukum Komersial merupakan bagian tidak terpisahkan dan sangat penting dalam kelangsungan perekonomian dari masa ke masa.