Sebanyak 7 item atau buku ditemukan

TELAAH KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Buku ini merupakan pengantar atau kajian bagi siapa pun yang hendak mengembangkan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dari berbagai sudut pandang, yakni : Filosofis, yuridis, psikologis dan pedagogis. Tujuannya adalah agar pengembangan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dapat dirancang sesuai kebutuhan anak berdasarkan tahapan perkembangan dan pertumbuhan anak. Kurikulum merupakan komponen yang penting dalam pembelajaran. Kurikulum akan mengarahkan anak mau diapakan anak tersebut, dan dijadikan apa anak tersebut. Oleh sebab itu, pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini tidak dapat dilakukan secara sembarangan, khususnya pada usia dini (0-6 tahun) agar anak mencapai tumbuh kembang secara optimal. Dalam usaha memberikan pemahaman tentang apa dan bagaimana kurikulum PAUD yang dapat mengoptimlakan tumbuh kembang anak, penulis mencoba memberi gagasan tentang kurikulum PAUD dari berbagai perspektif. Selain itu, Penulis berharap buku ini bisa menjadi titik tolak dari landasan yang kokoh bagi pelaksana perancangan kurikulum PAUD baik di Perguruan Tinggi, lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, maupun bagi pihak- pihak yang berkepentingan. Bahan ajar ini berisi materi tentang pengertian kurikulum; konsep dasar kurikulum; Landasan kurikulum; Peran dan Fungsi kurikulum; Hakikat dan Dimensi Kurikulum, proses penyusunan kurikulum, Model- Model Kurikulum Anak Usia Dini, Teori- teori Evaluasi kurikulum, Evaluasi Kurikulum Anak Usia Dini. Bahan ajar ini dirancang agar dapat digunakan mahasiswa dalam melaksanakan tugasnya. Materi ini diberikan mahasiswa PG- PAUD dengan harapan dapat mengimplementasikan hasil perkuliahan sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai. Calon guru PAUD harus memiliki kualifikasi akademik yang memadai tentang konsep dasar kurikulum, hakikat kurikulum dan pendekatan kajian teoritik maupun praktik mengenai kurikulum. Modul ini tidak satu-satunya yang dapat digunakan oleh mahasiswa dalam menambahkan materi lainnya sebagai suplemen bagi pengembangan materi sesuai dengan karakteristik peserta didik dan perkembangan ilmu.

Bidang pengembangan Antara lain (1) Moral Pancasila, (2) Agama, (3) Disiplin, (4) Kemampuan Berbahasa, (5) Daya Pikir, (6) Daya cipta, (7) Perasaan/emosi, (8) Kemampuan bermasyarakat, (9) Keterampilan Jasmani. f.

POTRET PENDIDIKAN KARAKTER DI PESANTREN

Aplikasi Model Keteladanan dan Pembiasaan dalam Ruang Publik

Buku ini terdiri empat bagian. Bagian pertama merupakan bagian pendahuluan, problematika moral/akhlak masyarakat dan kontruksi metode penelitian. Bagian kedua, merupakan bagian nilai-nilai pendidikan pesantren dalam membentuk karakter. Bagian ketiga, peran pesantren dalam pembentukan karakter. Sedangkan bagian terakhir atau keempat merupakan bagian diamana penulis menemukan hasil penelitian yaitu potret pendidikan karakter di pesantren Al-Kandiyas Krapyak Yogyakarta.

Melihat uraian tersebut maka dapat dikatakan bahwa pembentukan karakter seharusnya dimulai sejak anak masih belita, bahkan dalam Islam pendidikan anak dimulai sejak dalam kandungan, disitulah bahwa dalam membentuk karakter bisa ...

HUKUM DAGANG

Pesatnya perkembangan dalam berbagai segi kehidupan manusia terutama dalam bidang ekonomi dan perdagangan selalu akan membutuhkan aturan hukum yang menjadi pedoman dalam penyelenggaraannya. Dalam dunia perdagangan, peraturan tentang perdagangan memiliki peran yang sangat penting. Oleh karena itu, undang-undang tentang hukum dagang di buat dan ditetapkan. Sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan, ilmu hukum ternyata juga mengajarkan betapa dokrin (ilmu pengetahuan) yang tersebar dalam beberapa kitab hukum atau buku-buku hukum memegang peranan yang penting untuk mengkaji dan mengungkap kedalaman subtansi hukum (baik secara normatif maupun sosiologis). Untuk itu kehadiran sebuah karya ilmian atau buku hukum haruslah disambut positif untuk menambah perbendaharaan literatur hukum di Indonesia. Menulis buku merupakan kerja yang membutuhkan ketekunan, kesabaran, komitmen, dan ketelitian. Sri Lestari Poernomo telah membuktikannya dan melakukan dengan sangat baik di sela-sela kesibukan beliau. Buku yang terbit ini merupakan bukti kapasitas beliau sebagai seorang akademisi yang handal, berintegritas, dan berwawasan luas. Akhirnya, kepada pembaca saya ucapkan selamat membaca, menjelajahi dan menikmati Buku Ajar yang ditawarkan oleh penulis. Kepada penulis saya ucapkan selamat atas terbinya buku yang saya yakin sangat bermanfaat dan memperkaya wacana tentang hukum dagang di Indoensia.

Kepada penulis saya ucapkan selamat atas terbinya buku yang saya yakin sangat bermanfaat dan memperkaya wacana tentang hukum dagang di Indoensia.

Ekonomi manajerial

Pada era kontemporer sekarang ini, “Ekonomi Manajerial” merupakan suatu ilmu yang sangat penting untuk dipelajari, tentunya untuk mendapatkan penyelesaian secara optimal dan menyelesaikan masalah-masalah terkait keputusan manajerial. Selain itu, uraian mengenai ekonomi managerial sangat diperlukan agar kita dapat menjelaskan dasar-dasar pengambilan keputusan manajerial. Secara terinci uraian tersebut tentu akan mencakup; definisi dan ruang lingkup ekonomi manajerial. Oleh karen itu diharapkan semua elemen dapat memahami, ekonomi positif dan ekonomi normative. Kondisi kepastian dan ketidakpastian serta model pengambilan keputusan. Disamping itu “Ekonomi Manajerial” sngat terkait dengan pembahasan ilmu ekonomi. Buku ini diharapkan dapat membantu para-mahasiswa maupun praktisi yang sedang mempelajari “Ekonomi Manajerial”, sebagai dasar untuk memahami dan mendapatkan penyelesaian secara optimal pada saat menghadapi persoalan keputusan manajerial dalam dunia usaha atau pekerjaan.

Selain itu, uraian mengenai ekonomi managerial sangat diperlukan agar kita dapat menjelaskan dasar-dasar pengambilan keputusan manajerial. Secara terinci uraian tersebut tentu akan mencakup; definisi dan ruang lingkup ekonomi manajerial.

POTRET PENDIDIKAN DAN GURU DI MASA PANDEMI COVID-19

Stay at Home dan Learn at Home merupakan sesuatu yang harus dilakukan semua orang, sesuai anjuran pemerintah yang seharusnya dipatuhi sebagai warga negara baik untuk memutus rantai “virus-corona”. Pandemi Covid-19 yang datang dengan cepat dan tiba-tiba, menyebar ke-seluruh dunia membuat semua negara terkejut. Semua kegiatan tak dapat berlangsung dengan tatap muka secara nyata. Melainkan menggunakan beberapa teknologi dalam menunjang pelaksanaan pembelajaran di masing-masing jenjang, seperti goegle classroom, zoom, webex dan lainnya. Sinyal dinyatakan Menteri Pendidikan Kebudayaan RI Nadiem Makarim; masa pandemi ini diharapkan bisa mereposisi kembali pegajaran agar kembali kepada jati diri bangsa, yaitu; mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan cara mendekatkan diri kepada kehidupan, dimana karakter dan spiritualitas menjadi kunci kesuksesan dalam setiap perubahan. Buku ini mengajarkan kepada pembaca untuk tidak mengeluh dengan adanya pandemi Covid-19 dan memberi pesan moral yang tersirat. Pendidikan sejatinya dimulai dari keluarga dan lingkungan sekitar. Mengingat pembentukan karakter manusia lebih dominan terletak pada orang tua (keluarga) dan lingkungan sekitar. Adapun Guru sebagai orangtua “kedua”. Selamat membaca!

Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 1(1), 15. https://doi.org/ Hasanah, M. (2018). Pendidikan Moral Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2). Ibrahim, R. (2013).

Pendidikan AGAMA ISLAM

Era digital dan kemajuan teknologi informasi, telah memberikan keterbukaan dan kemudahan informasi bagi mahasiswa dalam mengakses informasi materi perkuliahan, tetapi ketidakmampuan untuk memfilter sumber yang dapat dipercaya, menjadikan buku ini sebagai salah satu rujukan yang dapat dipertanggungjawabkan isinya, serta telah disesuaikan dengan kurikulum dan capaian pembelajaran (learning outcome) sebagaimana dipersyaratakan dalam penyusunan kurikulum berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Buku ini disusun untuk memenuhi referensi dalam mengkaji bahan kajian Pendidikan Agama Islam, yang meliputi : Ketuhanan, kemanusiaan, dan kehidupan, agama dan dinul Islam, serta tauhid dan keimanan.

Buku ini disusun untuk memenuhi referensi dalam mengkaji bahan kajian Pendidikan Agama Islam, yang meliputi : Ketuhanan, kemanusiaan, dan kehidupan, agama dan dinul Islam, serta tauhid dan keimanan.

MENULIS DAN STORYTELLING JATAKA BAHASA INGGRIS

Cerita Jataka sangat popular di kalangan agama Buddha. Hampir semua elemen masyarakat Buddhis memahami bahwa Jataka berkaitan dengan kehidupan masa lampau Sang Buddha. Jataka sendiri merupakan kumpulan kisah kehidupan masa lampau Sang Buddha ketika beliau terlahir sebagai binatang. Cerita-cerita Jataka mengandung nilai-nilai moral dan sosial yang sangat positif yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui aktivitas baik menulis maupun melakukan storytelling Jataka diharapkan auidens dapat meneladani nilai-nilai luhur yang dimiliki oleh Sang Buddha dan menjadikan nilai-nilai luhur tersebut pegangan dalam berkehidupan. Buku ini menjelaskan Jataka dalam konteks pendidikan dimana Jataka diajarkan dalam berbagai elemen pendidikan baik formal maupun non-formal. Lebih spesifik lagi dalam buku ini disajikan contoh-contoh bagi para guru, praktisi pendidikan, maupun peneliti yang ingin mengetahui dan mengkaji cerita Jataka dalam konteks keterampilan menulis dan storytelling. Dalam buku ini sudah disajikan contoh-contoh kajian dan penelitian tentang menulis dan storytelling cerita jataka terutama dalam pembelajaran bahasa Inggris. Kelebihan buku ini yaitu mampu mengaitkan paling tidak 2 bidang ilmu yaitu bidang ilmu Agama Buddha dan bidang ilmu Bahasa Inggris. Setelah membaca buku ini akan dipahami bahwa pada prinsipnya ada keterkaitan antara salah satu teks kitab suci agama dan bidang ilmu lainnya. Selain itu jika membaca buku ini lebih jauh maka pembaca tidak akan kesulitan untuk melakukan penelitian-penelitian yang berkaitan dengan Jataka. Buku ini menyediakan contoh lengkap mulai dari metode penelitian tentang jataka beserta hasil penelitiannya.

Dalam buku ini sudah disajikan contoh-contoh kajian dan penelitian tentang menulis dan storytelling cerita jataka terutama dalam pembelajaran bahasa Inggris.