Sebanyak 366 item atau buku ditemukan

Hukum Ekonomi Syariah dan Fiqih Muamalah di Lembaga Keuangan dan Bisnis Kontemporer

Materi pada buku ini terdiri dari tiga bagian besar, yaitu materi teoretis, materi penerapan, dan materi terkait penyelesaian sengketa ekonomi syariah. Pada bagian teori buku ini memaparkan kajian teoretis terkait dengan Hukum Ekonomi Syariah dan Fiqh Muamalah; Subjek, Kepemilikan dan Harta; Hukum Akad dalam Syariah; Transaksi Pertukaran (Jual Beli); Akad Percampuran (Transaksi Kerja Sama Usaha syirkah, mudharabah, muzaraah, musaqah); Transaksi Sewa dan Upah; dan Transaksi Pemberian Kepercayaan (hawalah, rahn, wakalah, wadi’ah, ju’alah, dan sharf). Pada bagian kedua buku ini memaparkan kajian aplikasi dari Hukum Ekonomi Syariah dan Fiqh Muamalah pada Lembaga Keuangan dan Bisnis meliputi aplikasi di Perbankan, Pasar Uang, Instrumen Moneter, Surat Berharga, Pasar Modal, Asuransi, Dana Pensiun, Jaminan Sosial Kesehatan, Pegadaian, Lembaga Keuangan Mikro, Koperasi, dan Baitul Mal Wat Tamwil, Lembaga Pembiayaan, Modal Ventura, Multi Level Marketing, Bursa Komoditi, Bisnis Keperantaraan, Transaksi Voucer Multi Manfaat, Penyelenggaraan Rumah Sakit, dan Penyelenggaraan Parawisata. Pada bagian terakhir buku ini ditutup dengan pemaparan mengenai penyelesaian sengketa ekonomi syariah di Indonesia Buku persembahan penerbit PrenadaMedia

Materi pada buku ini terdiri dari tiga bagian besar, yaitu materi teoretis, materi penerapan, dan materi terkait penyelesaian sengketa ekonomi syariah.

MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 1

Dalam proses kegiatan belajar mengajar di Perguruan Tinggi, setiap mata kuliah pasti memerlukan literatur dan media sebagai acuan dan penunjang pembelajaran. Beragamnnya buku dan literatur yang digunakan dosen dalam mengajar, membuat tujuan dalam pembelajaran menjadi kurang terarah. Agar lebih terarah dan untuk mengefektifkan proses belajar-mengajar tersebut, maka dosen dituntut untuk menyusun buku ajar atau modul yang sesuai dengan Silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) maupun Satuan Materi Sajian (SMS), yang akan digunakan sebagai alternatif literatur kegiatan pembelajaran.

... dan aspek kedua yang ditujukan kepada pikiran yakni pengajaran agama Islam itu sendiri.2 Materi merupakan alat ... tujuan Pendidikan Agama Islam.4 Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) keseluruhannya mencakup al-Qur'an, al-Hadist, ...

Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah

Buku ini diberi judul: Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Digunakan kata pemberdayaan dengan maksud agar Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diajarkan di sekolah semakin efektif dan mencapai tujuan yang diharapakan. Dengan demikian, isi pokok buku ini adalah menyajikan apa saja upaya yang dilakukan agar Pendidikan Agama Islam di sekolah membuahkan hasil sesuai dengan yang diharapkan dipandang dari berbagai aspek. Tidak dapat dimungkiri bahwa Pendidikan Agama Islam (PAI) mengalami berbagai problema. Problema-problema itu ada yang berasal dari pendidik, peserta didik, kurikulum, sarana prasarana, manajemen, pendekatan yang dilakukan, dan lain sebagainya. Berdasarkan problema yang dihadapi itulah sebagai landasan untuk dicarikan solusinya. Diharapkan buku ini akan menjadi bacaan bagi para guru agama, yang kepada merekalah tujuan utama ditulis buku ini, begitu juga buku ini dapat digunakan oleh calon guru agama yang sedang berkuliah di Fakultas Tarbiyah atau Program Studi Tarbiyah pada tingkat strata 1 dan Program Studi Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam pada program strata 2 dan 3, juga buku ini dapat digunakan oleh pemerhati dan pencinta pendidikan Islam. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini diberi judul: Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Digunakan kata pemberdayaan dengan maksud agar Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diajarkan di sekolah semakin efektif dan mencapai tujuan yang diharapakan.

Pengantar Pendidikan Agama Kristen

Buku yang mengangkat tema Pengantar Pendidikan Agama Kristen hingga saat ini belum dipasarkan di toko buku di Indonesia. Untuk menanggulangi hal tersebut, penulis menyajikan buku Pengantar Pendidikan Agama Kristen untuk mengisi kemungkinan kealpaan tersebut. Buku ini berfungsi mempersatukan persepsi tentang perbedaan pemahaman keseluruhan bentuk dan lembaga pengelola Pendidikan Agama Kristen di Indonesia. Bentuk Pendidikan Agama Kristen terdiri dari ilmu pengetahuan, program studi, dan mata kuliah/mata pelajaran disinergisitaskan dengan mata kuliah yang sudah ada terdiri dari empat, yakni PAK Anak-Anak, PAK Remaja/Pemuda, PAK Dewasa Keluarga, dan PAK Majemuk; sesuai kebutuhan dikembangkan dalam bentuk kajian, yakni Pendidikan Konsepsional, Pendidikan Prasekolah, dan Peneguhan Manula sesuai jenis dan jalur pendidikan Kristiani.

Buku yang mengangkat tema Pengantar Pendidikan Agama Kristen hingga saat ini belum dipasarkan di toko buku di Indonesia.

NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIKULTURAL

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar bagi mahasiswa sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang akademisi sehingga menjadi buku yang signifikan. Untuk memudahkan pembaca dalam memahaminya, penulis menyusun buku ini dalam beberapa bagian bab. Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memperluas dan memperdalam pengetahuan mereka untuk melakukan pengkajian pada bidang ilmu yang diperlukan.

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar bagi mahasiswa sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran.

LKS Tuhan Penjagaku 1

Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 SD Kelas 1 (Semester 1)

KONSEPTUALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KEBUDAYAAN DAN GERAKAN SOSIAL

A. Latar Belakang Pendidikan Agama Islam, khususnya Pendidikan Agama Islam yang ada di masyarakat saat ini secara umum masih kehilangan konteks kemasyarakatan. Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan melalui ceramah-ceramah keagamaan, khutbah jumat, kuliah subuh, pengajian, dan lain sebagainya seharusnya berorientasi pada pengembangan masyarakat. Jika masyarakat diibaratkan sebagai pepohonan, maka yang dimaksud dengan “mengembangkan” di sini artinya Pendidikan Agama Islam seharusnya berfungsi sebagai “pupuk” yang meyuburkan pepohonan tersebut, agar pohon-pohon tersebut dapat tumbuh dengan baik dan bermanfaat. Jadi, tidak perlu mencabut akar pepohonan tersebut dan memindahkannya ke tempat lain. Atau mengganti tanah yang ada dengan tanah yang lain. Fungsi Pendidikan Agama Islam adalah sebagai “pupuk”, yang berfungsi “mengembangkan”, bukan “mengubah”. Berdasarkan pada analogi di atas, maka orientasi yang seharusnya diupayakan dalam Pendidikan Agama Islam adalah “mengembangkan” masyarakat agar tumbuh dengan baik dan Konseptualisasi Pendidikan Agama Islam......| 1 “bermanfaat”. Ada dua kata kunci di sini yang sekaligus problem utama yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu “mengembangkan” dan “bermanfaat”. Prolem pertama dalam pendidikan Agama Islam adalah belum berorientasi pada upaya “mengembangkan” masyarakat. Pendidikan Agama Islam saat ini justru terlihat berupaya “mengubah” masyarakat. “Mengubah” artinya mencabut masyarakat dari akar kebudayaannya dan menggantinya dengan kebudayaan yang lain. Hal ini bisa dilihat dari menguatnya simbolisme agama, seperti penekanan pada pakaian dan asesoris-asesoris keagamaan, seperti baju koko, kopiah, peci, jubah, ataupun tata cara pemanggilan yang mengubah “saudara” menjadi “akhi”, “ayah” menjadi “abi”, “anda” menjadi “anta atau antum” dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu bukan hal buruk. Akan tetapi, sudah tentu hal tersebut bukan merupakan substansi dari agama Islam yang sesungguhnya. Sehingga, penekanan pada hal-hal tersebut justru akan mengaburkan substansi agama Islam yang sesungguhnya sangat luas.

Akan tetapi, sudah tentu hal tersebut bukan merupakan substansi dari agama Islam yang sesungguhnya. Sehingga, penekanan pada hal-hal tersebut justru akan mengaburkan substansi agama Islam yang sesungguhnya sangat luas.

Prinsip dan Tahapan Pendidikan Islam

Penelitian dan karya prinsip dan tahapan pendidikan islam ini diilhami dengan adanya pengamatan dan pengkajian penulis tentang konsep pendidikan Islam yang berkembang. Konsep yang berkembang nampaknya belum sepenuhnya terambil dari al-Qur’an dan hadits. Yang berkembang di buku-buku pendidikan Islam cenderung konsep yang matang dan banyak peneliti yang tidak mengembangkannya lagi. Maka karya ini adalah upaya untuk mengembangkan konsep pendidikan Islam yang penulis uraikan dari penafsiran sebagian ayat-ayat al-Qur’an dan dikomparasikan dengan pengetahuan Hadits. Maka dalam hal ini penulis memakai tafsir maudhu’I yaitu mengkaji ayat-ayat yang berhubungan dengan prinsip dan tahapan pendidikan Islam, terutama ayat yang menunjukkan tahapan pendidikan anak dan bagaimana mendidik anak dalam al-Qur’an melalui penafsiran kisah-kisah yang tersurat dalam al-Qur’an.

Penelitian dan karya prinsip dan tahapan pendidikan islam ini diilhami dengan adanya pengamatan dan pengkajian penulis tentang konsep pendidikan Islam yang berkembang.

FIQIH RIBA: Studi Komprehensif Tentang Riba Sejak Zaman Klasik Hingga Modern

Yaasin Fadilah

Dilengkapi terjemah 2 bahasa Inggris-Indonesia

Penyusunan buku “Yaasin Fadilah” dengan maksud untuk memudahkan para pembaca dalam memperbanyak amal ibadah kepada Allah. Buku saku ini pastinya sangat berguna untuk muslim manapun, karena dalam buku ini dilengkapi dengan terjemahan Inggris-Indonesia. Diharapkan buku penerbit KUNCI IMAN bisa membantu anda dalam menjalani hidup bermasyarakat, berkeluarga, usaha dan berkepribadian yang dekat dengan Allah SWT. -Lembar Langit Indonesia Group-

Penyusunan buku _Yaasin Fadilah_ dengan maksud untuk memudahkan para pembaca dalam memperbanyak amal ibadah kepada Allah.