Sebanyak 21 item atau buku ditemukan

Metode Penelitian Hukum: Normatif dan Empiris

Pada umumnya mahasiswa akhir ini kesulitan dalam menyelesaikan skripsi maupun tesis. Meskipun sebelumnya mereka telah menerima mata kuliah Metode Penulisan dan Penelitian Hukum. Pada matakuliah tersebut sebenarnya diajarkan secara terperinci tentang menyusun skripsi atau tesis. Akan tetapi, jeda materi kuliah dengan penyusunan skripsi dan tesis relatif jauh (biasanya ada yang sampai satu tahun), maka mahasiswa “lupa”terhadap cara penyusunan skripsi atau tesis.Untuk itu, buku ini hadir sebagai salah satu upaya mempermudah mahasiswa dalam menyusun skripsi atau tesis. Buku ini memang dibuat sesederhana mungkin dengan menghindari bahasa-bahasa penelitianyang dipersepsikan sulit. Sehingga buku ini bisa dianggap buku ilmiah populer. Harapan penulis, semoga kehadiran buku Metode Penelitian Hukum: Normatif dan Empiris ini menjadi bahan ajar yang dapat membantu mahasiswa menyelesaikan tugas akhirnya. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMedia

Sehingga buku ini bisa dianggap buku ilmiah populer. Harapan penulis, semoga kehadiran buku Metode Penelitian Hukum: Normatif dan Empiris ini menjadi bahan ajar yang dapat membantu mahasiswa menyelesaikan tugas akhirnya.

Manajemen Kelas Di Sekolah Dasar

Menurut Arikunto dalam Djamarah (2010:175) Pengelolaan merupakan terjemahan dari kata “Management”. Karena terbawa oleh derasnya arus penambahan kata pungut ke dalam bahasa Indonesia, maka istilah Inggris tersebut kemudian di Indonesiakan menjadi “Manajemen”. Arti dari manajemen adalah pengelolaan, penyelenggaraan, ketatalaksanaan penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai tujuan atau sasaran yang diinginkan. Pengertian kelas menurut Hadari Nawawi dalam Djamarah (2010:176) yaitu sekelompok siswa pada waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari guru yang sama pula. Sedangkan kelas menurut pengertian umum dapat dibedakan atas dua pandangan, yaitu pandangan dari segi fisik (tempat dan fasilitasnya) dan pandangan dari segi peserta didik yang mengikutinya yang merupakan bagian dari masyarakat sekolah.

Menurut Arikunto dalam Djamarah (2010:175) Pengelolaan merupakan terjemahan dari kata “Management”.

Media Pembelajaran Matematika

Media Pembelajaran Matematika merupakan segala sesuatu yang bisa menyalurkan pengetahuan dari pendidik (sumber informasi) kepada siswa (penerima informasi ) dalam pembelajaran matematika. Media pembelajaran sendiri terbagi menjadi 2 yaitu manipulatif dan ICT. Manipulatif adalah media yang dapat dimanipulasikan dengan tangan, diputar, dipegang, dipindah, dan dipotong-potong atau bisa dikatakan bahwa manipulatif adalah media yang dapat dimain-mainkan dengan tangan. Media pembelajaran manipulatif bisa dikatakan sebagai media tradisional.

Media Pembelajaran Matematika merupakan segala sesuatu yang bisa menyalurkan pengetahuan dari pendidik (sumber informasi) kepada siswa (penerima informasi ) dalam pembelajaran matematika.

Rekonstruksi Dasar Pertimbangan Hukum Hakim

Kajian dalam buku ini berangkat dari sebuah fenomena ketidakadilan yang semakin masif. Peradilan—mulai tingkat pertama hingga kasasi—sebagai institusi untuk mewujudkan keadilan, ‘mati suri’ dengan mengeluarkan putusan- putusan yang tidak adil. Adagium putusan hakim tidak adil, adalah sebuah stigma yang menggejala dalam proses respons masyarakat. Adil kian absurd di saat peradilan meniadakan eksistensinya menjadi lebih buram dan abu-abu. Studi tentang putusan, khususnya putusan kasasi melibatkan seluruh dari tiga lapisan ilmu hukum yakni filsafat hukum, teori hukum, dan dogmatik hukum. Setiap dari lapisan ini memberikan karakteristik analisisnya masing-masing. Hanya saja, nuansa filsafat hukumnya lebih kental dan mewarnai. Filsafat hukum sebagai metateori dari teori hukum dan mewarnai dogmatik hukum. Akhirnya, masih banyak yang kurang daripada lebihnya. Untuk itu, perlu autokritik dari semua pihak agar buku lebih sempurna. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMediaGroup

Pasal 45 ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik dalam Surat Dakwaan Jaksa Penuntut Umum NO. REG. PERKARA: PDM-432/TNG/05/2009. Berdasarkan putusan PN. NO. 1269/PID.B/2009/ PN.

PENGEMBANGAN DAN PENGELOLAAN PARIWISATA DI INDONESIA

Buku pengembangan dan pengelolaan pariwisata di Indonesia ini disusun oleh para akademisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat dijadikan referensi atau bacaan serta rujukan bagi akademisi ataupun para profesional mengenal ilmu pengembangan dan pengelolaan pariwisata di Indonesia. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam sebelas bab yang memuat tentang strategi pengembangan kawasan sanur menuju destinasi pariwisata berkelanjutan, pariwisata budaya komodifikasi warisan budaya kampung adat bena sebagai daya tarik wisata Bajawa Kabupaten Ngada Nusa Tenggara Timur, strategi pengembangan kuliner Bali berdasarkan persepsi wisatawan di Ubud Kabupaten Gianyar, peran dan partisipasi penta helix dalam pengembangan pariwisata, strategi penerapan nilai budaya lokal di hotel berbintang di Bali, medical tourism di Bali: potensi dan strategi pengembangan, pengembangan desa wisata budakeling sebagai daya tarik wisata spiritual di kabupaten Karangasem, kepuasan dan loyalitas wisatawan dalam menggunakan Garuda Indonesia cabang Makasar, model pengembangan wisata kota di kawasan Kota Lama Surabaya, pengelolaan daya tarik wisatawan jatihluwih sebagai bagian dari warisan budaya dunia di Kabupaten Tabanan Bali.

Buku pengembangan dan pengelolaan pariwisata di Indonesia ini disusun oleh para akademisi dalam bentuk buku kolaborasi.

Komputasi Statistika

Dalam buku ini para penulis memberikan bahasan tentang pengantar R, pengantar komputasi statistika, pendekatan analisis data, dan pembahasan teori secukupnya yang disertai dengan coding R dan contoh-contohnya. Isi buku ini meliputi manajemen data di R, fungsi-fungsi matematika dan statistika, sebaran diskret dan kontinu, hipotesis statistika, analisis varian, analisis regresi, pengujian hipotesis, regresi logistik, analisis time series, dan Looping kekonvergenan. Secara umum tidak ada syarat khusus untuk membaca buku ini, tetapi disarankan para pembaca telah memiliki pengetahuan matematika dan komputasi dasar serta bersemangat dalam mempelajari program open source R. Detail dari buku ini ditulis secara sistematis sehingga sangat membantu dan mempermudah para pengguna statistika untuk memahaminya, baik dari segi konsep, teori maupun aplikasi khususnya pada software R. Diharapkan buku ini dapat memberikan manfaat bagi para mahasiswa, dosen, peneliti dan siapa saja yang mempunyai perhatian terhadap perkembangan komputasi statistika dan analisis statistika.

Dalam buku ini para penulis memberikan bahasan tentang pengantar R, pengantar komputasi statistika, pendekatan analisis data, dan pembahasan teori secukupnya yang disertai dengan coding R dan contoh-contohnya.

Landasan Pendidikan

Buku yang kami tulis ini berjudul ‘Landasan Pendidikan’. Buku ini telah selesai kami buat semaksimal dan sebaik mungkin dengan harapan yang besar agar buku ini bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan informasi dan pengetahuan mengenai landasan pendidikan. Dalam buku ini, tertulis berbagai tema yang berkaitan dengan landasan pendidikan. Secara umum, buku ini diperuntukkan bagi siapa saja yang membutuhkan. Namun secara khusus buku ini diperuntukkan bagi mahasiswa, guru, dosen maupun praktisi pendidikan.

Pendidikan yang disebarkan oleh kedua agama ini adalah dalam rangka menyebarkan dan pembinaan kedua agama tersebut. Oleh karena itu, pendidikan pada masa ini masih berdasarkan agama yang dianut (Agung dan Suparman, 2012).

Penyelesaian Konflik Ketenagakerjaan dalam Pertambangan berlandaskan Pancasila

Buku ini disajikan sebagai bahan masukan dan evaluasi kepada bidang ketenagakerjaan yang ada di Indonesia saat ini. Khususnya masalah ketenagakerjaan di bidang pertambangan. Menarik melihat penyajian dalam buku ini mengkaji hukum ketenagakerjaan dalam pertambangan dikaji dalam perspektif hukum dan sosial. Penyelesaian yang ditawarkan melalui pendekatan pluralism hukum menjadi suatu solusi baru dalam penyelesaian konflik ketenagakerjaan. Di sisi lain monograf ini juga disajikan dengan teknik dan gaya penulisan agar dapat memperkuat pemahaman pembaca dengan gaya bahasa-bahasa yang lugas dan mudah dipahami. Buku ini disusun menjadi 5 bab, mulai dari (1) Pendahuluan, (2) Teori Pluralisme Hukum (Legal Pluralism), (3) Keadilan Subtantif, (4) Persiapan dan Tata Laksana Studi, serta (5) Hasil Studi. Buku ini disusun dengan harapan dapat bermanfaat untuk referensi dalam bidang-bidang ilmu yang berkaitan.

Buku ini disajikan sebagai bahan masukan dan evaluasi kepada bidang ketenagakerjaan yang ada di Indonesia saat ini.

Birgivi's Manual Interpreted

Complete Fiqh of Menstruation & Related Issues

Birgivi's Manual Interpreted is the explanative translation of a major Islamic legal work on menstruation, lochia, and related issues. Answering hundreds of questions needed by the Muslim woman practicing her din, this book provides accurate information and practical arrangement of charts and texts making it an important reference for every Muslim family. The primary text, Dhukhr al-Muta'ahhilin [Treasure for Those with Families] by Imam Muhammad al-Birgivi (d. 981/1573), is the most authoritative work on menstruation in the Hanafi school, which the majority of Muslims follow. The work has been commentated upon by a number of traditional scholars, the best known of whom is Imam Ibn 'Abidin, the central scholar of the late Hanafi school.

Answering hundreds of questions needed by the Muslim woman practicing her din, this book provides accurate information and practical arrangement of charts and texts making it an important reference for every Muslim family.

Pendidikan Islam Transformatif ala KH.Abdurrahman Wahid

Penulis : Efendi,S.Pd.I Hal :192 ISBN : 978-602-6364-96-8 Sinopsis : Berbicara tentang dinamika pendidikan Indonesia, berarti tidak bisa meninggalkan pembahasan tentang keadaan masyarakatnya yang pluralis, baik itu agamanya atau kebudayaannya. Realitas tersebut kemudian mengidealkan penyikapan yang toleran serta demokratis. Harapannya agar interaksi sosial dan dalam membangun peradaban bangsa sesuai dengan amanah Pancasila dan UUD 1945, sehingga komunikasi yang terjalin bisa positif dan sesuai dengan nilai-nilai kearifan lokal. Realita peradaban suatu masyarakat dewasa ini semakin hari terus berkembang dan tak terhentikan, mulai dari kontak antara satu budaya dengan budaya lainnya, pendidikan, sikap toleransi umat manusia, dan orientasi masa depan manusia. Hal tersebut merupakan hal-hal yang mau tidak mau selalu dilakukan. Padahal, manusia sebagai makhluk sosial berarti setiap individu tidak mungkin hidup layak tanpa terkait dengan kelompok masyarakat manusia lainnya. K.H. Abdurrahman Wahid, atau yang biasa disapa dengan Gus Dur memberi jalan tengah dari permasalahan tersebut. Pemikiran Gus Dur mengenai pendidikan Islam berusaha mengambil jalan tengah, tetap menjaga nilai-nilai tradisional dan menyerap modernisme barat. Pemikiran Gus Dur ini disebut neomodernisme, yaitu suatu gerakan progresif dalam pemikiran Islam yang tidak hanya timbul modernisme Islam, tetapi juga sangat tertarik pada pengetahuan tradisional. Neomodernis mengajukan argumen bagi diterimanya pendekatan yang bersifat hilistik terhadap ijtihad. Pendidikan Islam dalam perspektif Gus Dur tidak lepas dari peran pesantren sebagai salah satu instuisi pendidikan Islam yang menjadi wahana resistensi moral dan budaya atau pewaris tadisi intelektual Islam tradisional.

Ayah Gus Dur, K.H. Wahid Hasyim, merupakan aktivis Gerakan Nasionalis dan pernah menjadi Menteri Agama 3 kali periode (1949-1952) yaitu dalam kabinet Hatta (1949-1950), kabinet Natsir (1950-1951) dan kabinet Sukiman (1951-1952).55 Kakek ...