Sebanyak 177 item atau buku ditemukan

Psikologi Industri dan Organisasi (Konsep dan Implementasi)

Buku ini menyajikan pengetahuan mengenai psikologi industri dan organisasi dalam konsep dan penerapannya dalam organisasi. Kehadiran buku ini diharapkan dapat menjadi referensi serta tambahan ilmu dan pengetahuan kepada para pembaca. Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas empat belas bab, dan diberi judul Psikologi Industri dan Organisasi (Konsep dan Implementasi). Dalam penyusunan buku ini, tentunya masih terdapat banyak kekurangan, karena sejatinya kesempurnaan itu hanya milik Sang Pencipta. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan saran dan masukan dari para pembaca demi penyempurnaan karya selanjutnya.

Sistematika penyusunan buku dalam bentuk book chapter ini terdiri atas empat belas bab, dan diberi judul Psikologi Industri dan Organisasi (Konsep dan Implementasi).

BUKU AJAR PANCASILA

Buku ini menjadi pedoman ajar bagi mahasiswa dalam matakuliah Pancasila. Setelah mengikuti perkuliahan Pancasila diharapkan mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis konsep ideologis Pancasila sebagai ideologi negara serta secara kreatif dan inovatif mengaplikasikannya pada berbagai keputusan-keputusan etis.

Buku ini menjadi pedoman ajar bagi mahasiswa dalam matakuliah Pancasila.

Relasi Media dan Kampus (Rekam Jejak FISIP UMSU dalam Tata Kelola Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 dan Masa Pandemi Covid-19)

Buku ini memberikan gambaran bagaimana FISIP UMSU menjawab berbagai tantangan, sekaligus menjadikan berbagai kesulitan yang dihadapi menjadi peluang. Menariknya buku ini juga menjawab bagaimana FISIP UMSU tetap berjalan dan mampu mempertahankan kepercayaan publik melalui pemanfaatan media sosial serta mempertahankan hubungan baik dengan para pengelola media.

Annals of Tourism Research, 89, 103216. https://doi.org/10.1016/j.annals.2021.103216 Kusuma, S. (2016). Posisi media cetak di tengah perkembangan media online di Indonesia. Jurnal InterAct, 5(1), 56–71. Latief, H. (2013). Agama dan ...

Nubar - Tokoh Pendidikan Dunia (Jabar #58) Jilid 1

Dunia pendidikan sedang menjadi fokus perhatian. Segala aktivitas berbau pendidikan menjadi sorotan. Tokoh pendidikan wajib menjadi panutan. Perannya sangat besar dalam perkembangan kemajuan pendidikan. Dua puluh satu tokoh pendidikan dunia dalam dan luar negeri disajikan dalam buku ini. Sudahkah mengetahui hasil pemikiran para tokoh seperti; Lev Vygotsky, Ikhwan Al-Shafa, Friedrich Wilhelm August Froebel, Taufiqi Bravo Viec, Abdullah Gymnastiar? Siapa lagi enam belas tokoh lainnya? Jawabannya ada dalam buku ini. Dua puluh satu artikel mengupas tuntas buah pemikiran dua puluh satu tokoh penting dalam dunia pendidikan. Pemikiran dan karya-karya mereka menjadi referensi berharga untuk menciptakan pendidikan berkualitas.

Gerakan Thawalib adalah gerakan yang dibangun kaum reformis Islam di Sumatera Barat yang dipengaruhi oleh pemikiran ... Rasuna Said kemudian mendalami agama pada Haji Rasul atau Dr. H. Abdul Karim Amrullah yang mengajarkan pentingnya ...

DINAMIKA PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM

Buku ini merupakan bagian – ringkasan - dari beberapa disertasi bidang Psikologi Pendidikan Islam (PPI) yang ditulis di Program Doktor UMY. Hingga April 2020, Program Doktor PPI UMY sudah melahirkan 91 Doktor bidang PPI. Sudah banyak tema riset disertasi yang ditulis oleh mahasiswa PPI, baik yang menempuh studi dengan biaya sendiri, maupun melalui pro-gram beasiswa Kemenag 5000 Doktor. Sungguh baik jika semua hasil disertasi tersebut dipublikasikan dalam bentuk jurnal dalam dan luar negeri. Terlebih lagi bila dipublikasikan dalam bentuk ringkasan disertasi seperti dalam buku ini. Ke depan akan lebih baik lagi jika semua disertasi diterbitkan dalam bentuk penulisan utuh disertasi berwujud buku. Sejauh ini, sudah banyak tema riset yang ditulis yang jika diklasifikasikan diantarnya sebagai berikut: Pertama, terkait tema psikologi dalam bentuk prilaku, diantaranya tentang topik: Model pendidikan pranikah pengan-tin remaja; Hubungan sexual pranikah mahasiswi anak TKI; Prilaku kenakalan remaja; Kecurangan akademik (academic fraud) dan Motivasi belajar santri. Kedua, tema tentang metode pengajaran, diantaranya tentang topik: Psikologi dan metodologi pengajaran bahasa Arab; Fun card sebagai media pembelajaran; Model quantum learning. Ketiga, terkait tentang studi teks, seperti: Konseling spiritual Tunjuk Ajar Melayu; Nilai pendidikan karakter Serat Sasana Sunu. Keempat, tentang tema pendidikan, kecerdasan dan karakter, diantaranya tentang topik: Multiple intelligence; Pen-didikan karakter di pesantren Pabelan, Boarding school, SLB dan SDIT; Pendidikan Keluarga muslim minoritas; Pendidikan di kalangan masyarakat miskin; Pola asuh orangtua anak vi berprestasi; Pendidikan karakter dalam AIK; Haji berulangkali dan kematangan emosi; Parenting, dan lain-lain. Keempat, tema yang terkait kepemimpinan dan komunitas yakni tentang: Kepemimpinan kepala sekolah dan profesio-nalitas guru; Muslimah karir; Psikologi PKL; Kecemasan aparatur negara (bureaucratic anxiety); Kohesivitas muslim Pangestu; EQ dan SQ dosen; Pendidikan anak dalam keluarga muslim kontemporer; Pola asuh kiyai dan kemandirian santri; Model pendidikan entrepreneurship; Psikologi pensiun; Model kepemimpinan Unggah-ungguh Basa dan Basa Semu. Masih ada beberapa topik disertasi lainnya yang belum dituliskan di pengantar ini. Kelima, penulisan disertasi secara konseptual dalam Quran maupun Hadis, seperti: Pendidikan karakter dalam Islam; Konsep ‘ibadurrahman dalam Quran; Konsep syukur; Konsep akal sehat; Ruhiologi; Pengendalian emosi. Mengakhiri pengantar ini, ke depan menarik pula untuk dijadikan topik disertasi tentang warisan psikologi pendidikan ulama klasik serta kontekstualisasinya di zaman kini. Demikian pula kajian epistemologis ranah psikologi pendidikan Islam klasik dan kontemporer, serta integrasinya dengan wilayah Islamic studies kontemporer, selain juga riset lanjutan aplikatif psikologi pendidikan Islam seperti yang tertera diatas. Semoga buku kedua PPI UMY ini akan disusul dengan terbitan yang ketiga dan seterusnya.

Model Pendidikan Karakter pada Usia Anak-anak Data model pendidikan karakter pada usia anakanak diperoleh dari enam judul penelitian. Penelitian pengembangan model pendidikan karakter pernah dilakukan oleh Umi Faizah, Zidniyati, ...

Bunga Rampai Kajian Islam dan Psikologi Pendidikan

Buku ini membahas tulisan-tulisan penelitian yang mencakup banyak topik dalam Kajian Islam dan Psikologi khususnya Psikologi Pendidikan. Berbagai aspek dirangkai menjadi satu kesatuan yang padu mulai dari faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa pada anak-anak yang disajikan oleh Achmad Basari melalui penelitian yang dilakukan oleh Mona Elrabie Ahmed dan koleganya di Mesir, bahwa diantaranya adalah faktor biologis dan faktor lingkungan berpengaruh dalam perkembangan bahasa. Ai Nurhasanah menyajikan tulisan dari studi literatur yang dilakukan oleh Muhammad Barid dan koleganya mengenai komparasi pemikiran Ibn Qayim Al-Jauziyah dan Imam Al-Ghazali terkait pendidikan moral. Imam al-Ghazali mengungkapkan bahwa akhlak itu harus menetap dalam jiwa dan tercermin pada perbuatan yang muncul secara spontan. Sementara Ibn Qayyim menekankan bahwa akhlak merupakan semua perilaku yang baik yang ditimbang berdasarkan Al-Qur’an dan as-Sunnah. Anggun Wulandari menyajikan tulisan milik Mohammad Allibaih mengenai teori Horward Gardner yakni bingkai kecerdasan dengan hubungannya terhadap Al-Qur’an. Allibaih menggunakan metode pemetaan Al-Qur’an, peta konsep dan peta pikiran yang menyajikan teks Al-Qur’an dwibahasa untuk dapat mengkaji teori Gardner tersebut. Fila Fauzan menyajikan tulisan mengenai permasalahan seputar perbedaan gender dan usia dalam menentukan kepuasan hidup di masyarakat dengan segregasi jenis kelamin di Qatar yang dilakukan oleh Asma Al-Attiyah dan koleganya, bahwa meskipun tidak terdapat signifikansi antara usia dengan kebahagiaan namun masa remaja masih merupakan periode perkembangan bagi remaja yang mana perubahan mengenai kepuasan hidup terjadi. Hana Naufanita menyajikan tulisan dengan topik mengenai keberbakatan, kita akan melihat bagaimana keberbakatan dikontekstualisasikan dari kacamata Islam dalam sistem pendidikan anak berbakat di Arab Saudi oleh penelitian yang dilakukan Nasser M. Almutairi dan koleganya. Nazlatan Ukhra Kasuba menyajikan tulisan Jamil Abdul Aziz mengenai Self Regulated Learning pada Al-Qur’an. Self Regulated Learning merupakan salah satu topik penting di dalam Psikologi Pendidikan yang menjelaskan bagaimana proses belajar terjadi dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dalam tulisan mengenai topik ini dijelaskan bahwa di dalam Al-Qur’an, Self Regulated Learning dapat ditemukan berdasarkan kisah para Nabi dan Rasul, serta bagaimana Self Regulated Learning dapat dikembangkan di dalam diri individu melalui pemahaman di dalam Al-Qur’an. Ulfanie Wiyatama menyajikan tulisan mengenai proses memori di dalam penelitian yang dilakukan oleh Mariam Adawiah Dzulkifli dan koleganya. Proses memori yang lebih dalam dipelajari dari huffaz yakni para penghafal Al-Qur’an yang dapat dikatakan memiliki kemampuan mengingat yang sangat baik. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan Al huffaz dapat memiliki kemampuan menghafal dan mengingat yang baik adalah dengan latihan, motivasi, dan disiplin diri.

Buku ini membahas tulisan-tulisan penelitian yang mencakup banyak topik dalam Kajian Islam dan Psikologi khususnya Psikologi Pendidikan.

Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro

Buku yang berjudul Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro berisi teori dasar ekonomi mikro. Buku ini disusun agar mahasiswa lebih mudah dalam mempelajari mata kuliah Ekonomi Mikro. Mata kuliah ini adalah mata kuliah dasar yang diajarkan pada semester pertama sehingga tidak memiliki prasyarat khusus. Buku ini terdiri dari 15 bab yang membahas topik-topik dasar ekonomi mikro secara komprehensif. Selain itu, buku ini dimulai dari konsep dasar teori ekonomi, penjelasan ilmu ekonomi dari sisi konsumen, penjelasan ilmu ekonomi dari sisi produsen serta konsep ekonomi kesejahteraan.

Bidang studi ilmu ekonomi merupakan suatu bidang studi yang sudah cukup lama berkembang sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan. Perkembangan ilmu ekonomi mulai tumbuh pesat sejak Adam Smith menerbitkan bukunya yang berjudul An Enquiry ...

Pengantar Ilmu Ekonomi (Teori dan Konsep)

Buku ini disusun untuk menambah wawasan dan pengembangan keilmuan para pembaca dengan menyajikan book chapter yang berjudul “Pengantar Ilmu Ekonomi (Teori dan Konsep)” yang mengkaji konsep ilmu ekonomi. Perkembangan ilmu ekonomi melalui proses yang sangat panjang dan mengalami penyesuaian, sesuai dengan perkembangan ilmu. Ilmu ekonomi sangat penting dalam kehidupan ini sebab setiap kegiatan dalam masyarakat selalu berkaitan dengan ekonomi. Pembahasan mengenai konsep serta teori ekonomi disajikan melalui dua belas bab yang terdiri dari konsep dasar ekonomi, perkembangan ilmu ekonomi, masalah ekonomi dan pola kegiatan perekonomian, sistem perekonomian di Indonesia, mekanisme pasar: permintaan dan penawaran, pembentukan harga dan keseimbangan pasar, konsep elastisitas, teori perilaku konsumen, teori produksi, fungsi (konsumsi, tabungan, dan investasi), struktur pasar, dan pendapatan nasional dan inflasi.

Buku ini disusun untuk menambah wawasan dan pengembangan keilmuan para pembaca dengan menyajikan book chapter yang berjudul “Pengantar Ilmu Ekonomi (Teori dan Konsep)” yang mengkaji konsep ilmu ekonomi.

PENGANTAR ILMU EKONOMI Kajian Teoritis dan Praktis Mengatasi Masalah Pokok Perekonomian

Buku ini lahir dijadikan sebagai perwujudan terhadap pengembangan dasar ilmu ekonomi sebagaimana dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari terutama sebagai pelaku ekonomi yang berupaya keras dalam memenuhi kebutuhan hidupnya baik berupa pangan, sandang maupun papan. Kebutuhan tersebut senantiasa dapat terpenuhi tentunya dengan ilmu supaya dalam mendapatkan profit (keuntungan) didasari oleh penerapan ilmu ekonomi dalam memanajemenkan kehidupan ekonomi pula. Sumber daya yang ada berada dalam keadaan yang sangat terbatas namun kebutuhan manusia sangatlah tidak terbatas, sehingga diperlukan suatu upaya manusia atau masyarakat untuk mengatur atau menentukan pilihan-pilihan terhadap sumber daya yang terbatas itu untuk memenuhi kebutuhan manusia atau masyarakat yang tidak terbatas. Sebagaimana diketahui bahwa sumber daya yang ada ditengah manusia sebagai pelaku ekonomi itu berupa uang, modal, tanah, mesin, pendidikan, keahlian, dan sebagainya merupakan sesuatu yang terbatas dan harus dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan bukan digunakan dan dieksploitasi tanpa batas sehingga tidak ada kesinambungan bagi generasi yang akan datang. Dalam kasus tertentu misalnya seseorang yang ingin memiliki sepeda motor, kulkas, mesin cuci dan sebagainya sebagai barang yang sifatnya membutuhkan uang dalam jumlah relatif banyak, untuk bisa mendapatkan barang tersebut secara bersamaan sebagaimana disebabkan karena penghasilan pelaku ekonomi yang pas-pasan tentunya tidak mungkin bisa membeli semuanya dalam waktu yang bersamaan, maka sudah barang tentu pelaku ekonomi hendaknya berupaya untuk menentukan pilihan dengan membeli salah satu dari barang tersebut untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Pilihan itu ditentukan karena pada saat itu pelaku ekonomi memiliki keterbatasan sumber daya berupa uang. Berlandaskan terhadap kasus ekonomi tersebut, maka dapat dapat diketahui bahwa betapa pentingnya mempelajari ilmu ekonomi karena ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang upaya manusia baik secara individu atau masyarakat dalam menentukan sumber daya yang terbatas jumlahnya, untuk memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas. Sehubungan dengan hal tersebut, maka dilakukan penulisan buku yang berjudul Pengantar Ilmu Ekonomi. Buku ini merupakan hasil kajian kepustakaan yang menjadi teori utama (grounded theory) yang penulis temukan dalam berbagai literatur ilmiah berupa jurnal dan kutipan buku ajar yang lain. Penulis menyadari dengan berlandaskan kepada konsep bahwa ketika ilmu disebarluarkan kepada banyak orang maka ilmu tersebut akan memberikan manfaat kepada pemiliknya sehingga misi utama penulisan buku ini secara umum digunakan untuk menyebarkan ilmu pengetahuan tentang ilmu ekonomi kepada semua kalangan baik akademisi maupun praktisi singkatnya pembaca secara luas dan sekaligus semoga dapat tetap membuat penulis untuk tetap senantiasa rendah hati dan tunduk kepada ketaatan terhadap kemutlakan ilmu Tuhan Yang Maha Kuasa diatas segala ilmu sehinga satu harapa tersebut penulis yaitu dapat menyebabkan penulisnya belajar dan belajar lagi, karena sesungguhnya semakin banyak ilmu yang kita ketahui maka kita akan senantiasa merasa kecil dan tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan ilmu Tuhan yang sungguh besar dan luas.

pengertian ilmu ekonomi, inti masalah ekonomi, tindakan ekonomi, prinsip ekonomi, motif ekonomi, hukum ekonomi, kegiatan ekonomi, pelaku ekonomi, politik Ekonomi. Pengertian Ilmu Ekonomi Kata ekonomi petama kali digunakan oleh Xenophone ...

Pengantar Ilmu Ekonomi

Kehadiran Buku Pengantar Ilmu Ekonomi ini disusun oleh para akademisi dan praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun masih jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat menjadi referensi atau bahan bacaan dalam menambah khasanah keilmuan khususnya mengenai Pengantar Ilmu Ekonomi. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam empat belas bab yang memuat tentang Konsep Dasar Ekonomi Mikro, Konsep Dasar Ekonomi Makro, Pasar Faktor Produksi, Pasar Oligopoli, Teori Permintaan dan Penawaran, Inflasi, Utilitas, Memaksimumkan Laba, Kebijakan Pemerintah, Kebijakan Ekonomi, Kebijakan Fiskal, Kebijakan Moneter, Mengukur Pendapatan Nasional, dan bab terakhir yaitu Perdagangan Internasional.

Semua ini merupakan bagian kesatuan yang sering dibahas dalam materi umum ekonomi makro. Definisi dan Ruang Lingkup Ekonomi Makro Ilmu ekonomi merupakan ilmu pengetahuan yang dinamis, setiap waktu berubah sesuai dengan permasalahan ...